Penyebab Gigi Berlubang Selain Makanan Manis

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyabab Gigi Berlubang Selain Makanan Manis, Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi makanan manis dimana didalamnya mengandung gula dapat menimbulkan sakit gigi dan memicu munculnya lubang pada bagian gigi. Apakah benar makanan manis ini yang menjadi penyebab gigi berlubang? Sebenarnya jawabannya bisa iya atau tidak. Hal ini karena makanan yang mengandung gula atau makanan manis bukan menjadi satu-satunya faktor yang membuat gigi berlubang. Biasanya yang menjadikan gigi berlubang adalah bakteri yang berada didalam mulut. Meskipun tak semua bakteri yang ada didalam mulut bersifat buruk namun ada beberapa bakteri yang bisa membuat gigi menjadi rusak.

Apabila bukan gula atau makanan manis, faktor apalagi yang menjadi penyebab gigi berlubang? Faktor lainnya yang membuat gigi berlubang yaitu adanya plak yang berada didalam mulut dan menempel pada bagian gigi. Pada saat mulut jarang dibersihkan dengan baik maka akan terjadi plak yang menempel pada bagian gigi. Apabila plak ini sudah terbentuk Anda sebaiknya rajin-rajinlah untuk membersihkannya agar plak tersebut tidak mengeras, apabila dibiarkan saja dan plak menjadi keras maka akan semakin banyak bakteri yang berada pada bagian plak tersebut.

Penyabab Lubang Pada Gigi

Penyabab Gigi Berlubang

Gambar Ilustrasi

Ketika plak tersebut terbentuk maka akan ada banyak bakteri dan bisa menyebabkan gigi menjadi rusak bahkan berlubang. Plak yang terbentuk pada gigi ini disebabkan oleh jarangnya menggosok gigi dan melakukan flossing (baca: manfaat flossing untuk kesehatan gigi). Apabila gigi jarang dibersihkan atau menggosok gigi secara tidak teratur maka bakteri dan kuman akan banyak tumbuh pada bagian gigi tersebut.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gigi berlubang dan mereka biasanya menyadarinya jika gigi mulai terasa sakit. Padahal lubang pada bagian gigi biasanya muncul sangat kecil atau tak kasat mata dan apabila dibiarkan maka gigi akan mengalami kerusakan karena bakteri yang masuk menginfeksi syaraf gigi bagian dalamnya, dan pada saat tersebutlah gigi akan terasa sakit dan biasanya seseorang akan menyadari bahwa giginya berlubang.

Setelah diuraikan diatas, Anda tentu mengetahui bahwa lubang yang terbentuk pada gigi tak hanya dikarenakan makanan yang manis tetapi disebabkan juga oleh berbagai faktor lainnya salsahatunya plak pada gigi akibat kebiasaan tidak sehat tak menjaga kebersihan mulut dan juga gigi Anda.

Untuk menjaga gigi Anda agar tetap sehat dan kuat dibawah ini ada beberapa tips untuk mencegah dari gigi berlubang :

1.) Minimal menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.
2.) Membiasakan diri melakukan flossing pada bagian gigi setelah mengkonsumsi makanan. Hal ini berguna untuk membersihkan makanan yang terselip pada bagian gigi sekaligus menghindari dari terbentuknya plak pada gigi.

Selain tips diatas, tips sehat menjaga gigi lainnya yaitu dengan membiasakan diri untuk berkumur dengan menggunakan air putih setelah mengkonsumsi makanan. Buah-buahan seperti apel dan juga buah pir bisa membantu menjaga gigi tetap dalam keadaan bersih. Selain mengandung banyak vitamin mengkonsumsi buah-buhan tertentu bisa membuat kesehatan gigi lebih terjaga. Maka dari itu tak ada salahnya untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan yang mampu menjaga kesehatan gigi ini.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Sekian artikel berjudul “Penyabab Gigi Berlubang Selain Makanan Manis” Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca situs Harian Sehat. Jangan lupa untuk membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan Anda tetap terjaga. Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :