Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Perawatan untuk Mengatasi Jerawat di Punggung, Seperti yang diketahui bahwa jerawat tak hanya muncul pada bagian kulit wajah saja namun jerawat juga dapat muncul di berbagai permukaan kulit tubuh lainnya. Biasanya selain diwajah jerawat muncul di dada atau punggung, leher, tangan bagian atas dan kadang-kadang banyak orang yang tidak menyadari bahwa dada atau punggungnya ternyata terkena jerawat.

Meskipun bagian dada dan punggung bisa ditutupi dengan menggunakan pakaian sehingga menjadi lebih tertutup namun tentu saja apabila ada jerawat pada tubuh akan tetap menggangu Anda. Selain itu, apabila Anda mengenakan pakaian yang agak sedikit terbuka jerawat ataupun flek hitam bekas jerawat akan terlihat, sehingga akan mengurangi rasa percaya diri Anda.

Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Gambar Ilustrasi

1. Faktor yang hampir sama dengan penyebab munculnya jerawat di wajah
Jerawat pada bagian punggung bisa dikarenakan oleh faktor pemicu yang sanma dengan faktor pemicu munculnya jerawat pada wajah Anda, diantaranya produksi kelenjar minyak yang terlalu aktif, banyak sel kulit mati dan profilerasi muncuknya bakteri penyebab munculnya jerawat. Selain itu, sel-sel kulit yang mati da juga minyak yang kemudian terperangkap didal folikel kulit atau pori yang kemudian mengakibatkan terjadinya penyumbatan. Selanjutnya penyumbatan ini menjadikan wajah berkomedo dan seiring waktu bisa muncul jerawat apabila bakteri menyerang.

2. Jumlah kelenjar sebasea
Biasanya jerawat yang muncul pada daerah tubuh bagian belakang atau punggung memiliki kandungan kelenjar sebasea yang cukup banyak dibandingkan daerah lain yang mengakibatkan folikel akan lebih cenderung mengakibatkan kelebihan sebum dan juga kulit mati.

3. Pakaian
Faktor penyebab munculnya jerawat dipunggung juga bisa disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat yang Anda gunakan. Gesekan yang terjadi pada pakaian dan juga folikel yang terjadi peradangan akan membuat keadaan jerawat semakin memburuk. Selain itu penggunaan ransel yang terlalu lama juga bisa memperburuk keadaan jerawat pada punggung Anda.

4. Keringat
Faktor lainnya penyebab munculnya jerawat pada punggung yaitu keringat. Keringat yang keluar dari tubuh dapat mengiritasi jerawat yang ada pada tubuh sehingga cara untuk meminimalkan terjadinya iritasi maka Anda dianjurkan untuk mandi setelah Anda selesai melakukan olahraga. Selain itu hindari gesekan yang terjadi pada kulit Anda, dan jangan menggosok tubuh ketika Anda mandi, yang Anda perlu lakukan hanyalah memberisihkan tubuh Anda dengan menggunakan sabun.

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Untuk cara mengatasi jerawat yang muncul pada bagian punggung, Anda bisa mencoba tips dan cara dibawah ini!

1. Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Pertama
Anda sebaiknya mencuci dahulu daerah punggung yang terkena dengan jerawat dengan menggunakan pembersih anti-bakteri yang berfungsi khusus untuk jerawat pada bagian punggung. Sebaiknya Anda tidak menggunakan sabun biasa.

2. Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Kedua
Selanjutnya Anda bisa menggunakan gel atau bisa juga krim benzoyl peroksida dengan konsentrasi sekitar 10 persen, bahan ini tersedia di apotek atau bisa juga menggunakan resep dokter. Perhatian! Anda baca baik-baik langkah pemakaiannya.

3. Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Ketiga
Anda sebaiknya menghindari pakaian yang terlalu ketat karena akan membuat jerawat Anda menjadi semakin parah, Anda sebaiknnya menggunakan kaos yang lebih longgar dan bisa menyerap keringat.

Lainnya :

Cara mencegah munculnya Jerawat di Punggung

Selain mengenali penyebab munculnya jerawat pada bagian punggung dan cara mengatasi jerawat di punggung, Anda juga tentunya harus mengetahui cara mencegah timbulnya jerawat pada bagian punggung. Karena jerawat bisa muncul dimanapun pada bagian tubuh yang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut. Salahsatu tempat munculnya jerawat tersebut yaitu pada bagian punggung.

Tak berbeda jauh dengan wajah, bagian punggung juga mempunyai kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak atau sebum. Apabila minyak dan sel kulit mati bercampur maka bakteri akan menyumbat bagian pori-pori dan memicu munculnya jerawat pada bagian kulit tersebut.

Cara Mencegah munculnya jerawat dipunggung cukup mudah, pada umumnya agar jerawat tidak muncul maka seseorang harus selalu memperhatikan kebersihan seluruh tubuhnya. Dibawah ini merupakan beberapa cara mencegah dan mengurangi beberapa pemicu munculnya jerawat :

1. Segera mandi apabila telah melakukan berbagai aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan produk yang bisa menyegarkan bagian kulit dan membuang minyak berlebih pada bagian kulit misalnya produk yang memiliki kandungan asam salisilat.

2. Cuci bagian kulit punggung dengan menggunakan produk pembersih yang biasa digunakan untuk bagian kulit yang rentan terhadap munculnya jerawat. Apabila kulit telah bersih dan kering maka Anda bisa mengoleskan benzoil peroksida bagpa bagian punggung yang terkena jerawat.

3. Pada beberapa kasus penggunaan tas punggung bisa memicu munculnya jerawat. Maka dari itu, jika hal ini terjadi maka Anda bisa menggunakan tas pinggang atau tas selempang agar resiko munculnya jerawat pada bagian pungung dapat lebih diminimalkan.

4. Pakailah baju yang memliki serat alami atau jenis kain yang bisa menjaga kulit agar kulit punggung tidak lembab.

5. Gantilah seprai dengan rutin agar jerawat pada bagian punggung dan bagian kulit lainnya juga bisa dicegah. Semakin lama seprai digunakan maka akan semakin banyak sel-sel kulit mati, keringat, sebum dan kuman yang bersarang pada seprai. Selain itu, pilihlah seprai yang memiliki bahan yang membuat kulit kita tetap lembab saat tidur, seperti sepai yang berbahan dasar katun.

6. Sebisa mungkin hindari penggunaan obati-obat tertentu yang beresiko bisa memicu munculnya jerawat pada bagian punggung. Karena beberapa obat yang memiliki kandungan androgen dan lithium bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

7. Jika kulit kering, maka Anda bisa menggunakan pelembap non-comedogenic, karena kulit yang bertekstur terlalu kering bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Nah, dengan mengetahui Penyebab dan juga Cara Mengatasi Jerawat pada Punggung seperti yang telah diuraikan pada artikel dan point-point diatas, Anda tentu bisa menghindari berbagai faktor penyebab masalah jerawat yang muncul pada punggung Anda.

Apabila Anda telah menggunakan berbagai cara untuk merawat kulit yang berjerawat tetapi jerawat tak juga hilang, sebaiknya Anda mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter kulit sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik. Atau Anda juga bisa mengunjungi klinik yang bisa mengatasi permasalah jerawat pada bagian punggung Anda.

Selain melakukan perawatan di klinik atau dokter Anda juga bisa melakukan perawatan dan pencegahan munculnya jerawat dirumah dengan cara mandi minimal dua kali dalam sehari, mengganti pakaian yang sudah berkeringat, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang dan sebaiknya hindari makanan penyebab munculnya jerawat. Selain itu, tempat tidur Anda juga harus dijaga dengan mengganti sprei minimal dua kali setiap bulannya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Semoga artikel berjudul “Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung” diatas bisa bermanfaat dan bisa mendapatkan pengetahuan baru untuk para pembaca Harian Sehat. Agar kesehatan Anda dapat terjaga sebaiknya Anda mulai membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya, dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat tak hanya menghindarikan diri dari jerawat namun juga bisa menyehatkan seluruh tubuh Anda. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :