Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung?

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Apakah Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung? Masih banyak orang yang meremehkan kesehatan gigi dan mulutnya padahal penyakit lainnya bisa dipicu oleh permasalahan gigi, gusi dan mulut ini. Salahsatu diantaranya adalah penyakit jantung.

Masalah kesehatan jantung atau kardiovaskuler adalah penyakit yang masih berhubungan dengan masalah kesehatan pada gusi. Hal ini disebabkan penyakit gusi pada umumnya dipicu oleh adanya kuman dan sitokin atau produk kuman yang terdistribusi dari lesi kronik bagian gusi kedalam aliran darah sehingga resiko terkena kardiovaskuler menjadi semakin meningkat. Sitokin ini tidak hanya menjadi pemicu terjadinya periodontitis, namun bisa menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang akan berpengaruh pada organ jantung sehingga beresiko menjadi penyebab penyakit jantung.

Apakah Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung?

Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung

Gambar Ilustrasi

Penelitian yang dilakukan di University of Florida juga menunjukan bahwa bakteri yang menjadi pemicu penyakit gusi adalah bakteri yang mirip dengan bekteri yang mendorong terjadinya penyakit jantung. Studi tersebut meneliti tentang bakteri mulut yang dimasukan pada bagian pembuluh darah tikus dan ternyata resiko terjadinya aterosklerosis menjadi semakin meningkat. Apa itu Aterosklerosis? Aterosklerosis adalah penyakit yang dipicu karena timbunan lemak pada daerah dinding arteri menjadi keras. Sehingga aliran darah menuju otot jantung dan organ tubuh lain menjadi tidak lancar dan terganggu sehingga bisa memicu serangan jantung.

Lainnya :

Pada penelitian tersebut, ada empat jenis bakteri yang biasanya menjadi pemicu penyakit pada gusi, diantaranya Fusobacterium nucleatum, Porphyromonas gingivalis, Tannerella forsythia, dan Treponema denticola. Dan sesudah bakteri pada pemculuh darah terdeteksi tingkat kolesterol dan inflamasi dalam darah mengalami peningkatan. Hal ini erat kaitannya dengan penyakit pada jantung dan stroke.

Selain itu penelitan lainnya juga menyebutkan bahwa gigi berlubang, penyakit jaringan pendukung gigi, penyakit gusi (baca: gusi berdarah) dan sisa akar gigi yang rusak dan belum dicabut bisa mengakibatkan resiko penyakit jantung semakin meningkat. Membersihkan karang gigi dengan rutin sangat penting bagi kesehatan gigi Anda, selain itu lubang pada gigi, sisa dari akar gigi sebaiknya diperiksakan ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Maka dari itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut Anda tetap bersih dan segar. Setiap harinya minimal Anda menyikat gigi dua hari sekali yaitu setelah sarapan dan juga sebelum Anda tidur. Sikatlah gigi dengan benar agar gigi bersih dengan optimal dan gunakan sikat yang masih dalam keadaan yang baik. Selain itu, Anda perlu memeriksakan gigi kepada dokter minimal 6 bulan sekali meskipun Anda tidak sakit gigi agar kesehatan gigi Anda tetap terkontrol dengan baik.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Gigi Agar Tetap Putih

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kesehatan Anda. Tak lupa untuk selalu mengingatkan kepada pembaca semua akan pentingnya kesehatan tubuh, biasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya seperti berolahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan kebiasaan lainnya yang mendukung kesehatan tubuh Anda. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :