Pengaruh Dot Pada Kesehatan Gigi Anak

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Pengaruh Dot Susu Pada Kesehatan Gigi Anak, Pada umumnya seringkali kita menjumpai bayi/anak yang meminum susu menggunakan botol ber-dot sebelum anak tersebut terlelap tidur. Namun ternyata ada dampak negatif dari kebiasaan yang dilakukan tersebut pada gigi bayi atau anak. Resiko terkena gigi berlubang pada anak menjadi semakin besar apabila sering melakukan kebiasaan tersebut.

Dampak Dot Pada Kesehatan Gigi Bayi

Selain susu, makanan dan juga minuman yang lainnya yang memiliki kandungan gula dan dikonsumsi oleh anak, seperti makanan manis, minuman manis, jus buah manis adalah yang menjadi penyebab terjadinya gigi berlubang atau terjadinya karies pada gigi Anak. Apalagi jika dikonsumsi ketika bayi atau anak Anda ketika akan tidur.

Pengaruh Susu Dot Pada Kesehatan Gigi Bayi danAnak

Gambr Ilustrasi

Kenapa gigi akan mengalami kerusakan jika melakukan kebiasaan ini? Hal ini dikarenakan ketika anak dalam posisi tidur maka kandungan gula yang berasal dari minuman manis tersebut akan diam lebih lama dalam mulut dan mengakibatkan terjadinya pertumbuhan bakteri yang bisa menjadi penyebab munculnya lubang pada gigi anak. Selain itu, pada saat tidur biasanya air liur lebih sedikit dan air yang mengandung gula yang dikonsumsi oleh anak akan menggenang, menempel pada gigi bagian atas, langit-langit mulut, lidah dan juga pada daerah sekitaran bibir.

Lainnya :

Dan pada akhirnya bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang. Dan didalam istilah bahasa inggris disebut juga dengan Baby Bottle Tooth Decay. Pada kasus ini, biasanya gigi yang akan rusak adalah gigi pada bagian depan atas dan juga pada geraham atas pada mulut. Sedangkan pada gigi bagian depan bawah biasanya tidak terjadi kerusakan, ini disebabkan karena gigi-gigi pada bagian bawah terlindungi oleh adanya air liur dan lidah.

Bagaimana dengan ASI? Meskipun kasusnya jarang ditemukan namun resikonya hampir sama, apabila gigi bayi yang sedang tumbuh kemudian diberikan ASI pada posisi tidur atau hingga bayi tertidur. Pada bayi yang berada pada posisi tertidur cairan akan lebih cenderung menyebar pada bagian gigi. Lalu bagaimana posisi yang benar? Posisi yang lebih baik ketika memberikan ASI adalah dengan posisi dipangku, digending atau dengan posisi setengah duduk, tidak dianjurkan dalam posisi bayi sedang tidur apalagi sampai tertidur. Dan apabila bayi terlelap tidur ketika sedang diberi konsumsi botol dot ataupun ASI maka harus cepat-cepat dilepaskan dari mulut anak.

Menjaga kebersihan mulut dan juga gigi anak menjadi hal yang penting yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Dari mulai bayi tumbuh gigi, orangtua harus bisa menjaga gigi buah hatinya dengan cara membersihkannya, setelah anak sudah 1,5 tahun lebih ajarkan anak untuk bisa memegang sikat gigi dan apabila sudah terbiasa lalu ajarkan anak untuk menggosok gigi dengan baik dan benar agar gigi buah hati Anda bisa terjaga kebersihannya, sehat dan juga kuat.

Baca juga : Penyabab Gigi Berlubang Selain Makanan Manis

Terimakasih telah membaca artikel tentang “pengaruh susu dot pada kesehatan gigi Anak” semoga bisa memberikan informasi bermanfaat kepada para pembaca situs harian sehat. Tak lupa untuk mengingatkan bahwa menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :