Olahraga Sebaiknya dilakukan Waktu Pagi Hari, ini Alasannya

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Olahraga Sebaiknya dilakukan Waktu Pagi, ini Alasannya. Aktivitas padat yang dilakukan sepanjang hari membuat banyak orang sulit untuk mengatur waktu olahraga. Biasanya banyak orang yang melakukan olahraga pada waktu sore atau malam hari setelah mereka bekerja melakukan aktivitas. Namun, ternyata waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah pada waktu pagi hari. Salahsatu manfaat berolahraga di waktu pagi adalah membuat tubuh menjadi semakin sehat dan bisa juga meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Selain salahsatu alasan diatas, masih banyak lagi alasan lainnya mengapa sebaiknya olahraga dilakukan pada pagi hari. Ada beberapa keuntungan lain seperti yang dilansir dari Mag For Woman jika olahraga dilakukan di pagi hari.

Olahraga Sebaiknya dilakukan Waktu Pagi Hari, ini Alasannya

Gambar Ilustrasi

Olahraga Sebaiknya dilakukan Waktu Pagi Hari, ini Alasannya :

1.) Menyegarkan Pikiran
Beberapa penelitian memaparkan bahwa dengan melakukan olahraga pada waktu pagi hari menjadikan sistem metabolisme tubuh semakin aktif 4 – 10 jam setelah melakukan olahraga. Tubuh melakukan joging sekitar 15 menit saja bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dalam melakukan aktivitas dan juga membuat tubuh terasa lebih sehat. Selain itu, udara yang dihirup ketika olahraga dipagi hari bisa membuat otak menjadi lebih segar sehingga pikiran terasa lebih jernih, selain itu organ-organ lainnya juga terasa lebih sehat diantaranya jantung, limpa, paru-padru dan organ tubuh lainnya. Setelah melakukan olahraga dipagi hari biasanya orak akan terasa lebih fresh (segar).

2.) Menjadikan Seseorang Lebih bersemangat
Olahraga dipagi hari akan membuat semua organ yang ada didalam tubuh bisa bekerja dengan lebih baik, dengan berolahraga pagi tubuh bisa mendapatkan endorphin sehingga Anda bisa memiliki semangat melakukan aktivitas sepanjang hari. Selain itu ketika tubuh terkena sinar matahari pagi akan memberikan asupan vitamin D pada tubuh Anda.

3.) Menata Aktivitas Kerja
Desain tubuh manusia sangatlah canggih, tubuh dapat melakukan berabagai aktivitas yang diinginkan oleh otak. Apabila Anda membiasakan diiri melakukan bangun pagi kemudian berolahraga, maka tubuh Anda akan mulai terbiasa melakukan kebiasaan tersebut sesuai jadwal yang diinginkan. Sehingga Anda akan bekerja sesuai dengan jadwal yang Anda inginkan, mengerjakan aktivitas kerja lebih giat dan bisa tidur lebih awal dari biasanya.

4.) Meningkatkan Fokus
Waktu pagi hari adalah saat-saat dimana belum ramai, hening dan masih sangat tenang ditambah belum banyak polusi. Maka dari itu udara pada pagi hari menjadi waktu yang sangat tepat untuk menyegarkan fikiran kita dan biea membuat pikiran menjadi lebih fokus. Dengan melakukan olahraga pada pagi hari Anda akan lebih tenag dan tidak mudah stress. Sehingga jika Anda memiliki pekerjaan, Anda bisa fokus untuk mengerjakan kewajiban kerja Anda dengan lebih fokus.

5.) Memperbaiki Kualitas Tidur
Jika Anda terbiasa tidur lebih awal maka dipastikan Anda akan bangun lebih pagi dan bisa melakukan olahraga. Apabila Anda melakukan olahraga dengan teratur maka Anda akan mendaapatkan kualitas tidur yang lebih baik, tentu olahraga dipagi hari lebih baik karena ada penelitian yang menunjukan bahwa orang yang olahraga dipagi hari memiliki kualitas tidur yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang melakukan olahraga pada sore dan malam hari.

6.) Tak Menggangu Aktivitas
Waktu pagi juga menjadi waktu yang masih luang dan tentu saja dengan melakukan olahraga pada pagi hari aktivitas tidak akan terganggu. Waktu pagi Anda bisa mengisinya dengan melakukan olahraga sesuai dengan yang Anda inginkan, tentu olahraga pagi ini tidak menggangu aktivitas ruti harian Anda, berbeda apabila Anda melakukan olahraga pada sore atau malam hari, mungkin Anda masih membutuhkan waktu tersebut untuk melakukan pekerjaan Anda.

Nah, diatas merupakan beberapa alasan mengapa sebaiknya olahraga dilakukan pada pagi hari. Dengan melakukan olahraga pada pagi hari Anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang lebih jika dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan pada sore dan malam hari, dan juga jika Anda menggunakan waktu sore dan malam hari untuk berolahraga maka kemungkinan tubuh Anda akan mendapatkan lelah berlebih dan olahraga yang dilakukan mejadi kurang maksimal.

Baca juga : Jaga Kesehatan Anda dengan 3 Aturan Waktu Makan ini

Mari membiasakan diri melakukan kebiasaan sehat, salahsatunya olahraga pada pagi hari. Anda akan mendapatkan manfaat sehat dari olahraga yang dilakukan secara rutin ini. Tentu saja selain olahraga Anda juga harus tetap memperhatikan asupan gizi Anda setelah melakukan olahraga. Semoga artikel yang berjudul olahraga sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari ini bermanfaat.. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :