Manfaat Vitamin untuk Kesehatan Kulit Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Vitamin untuk Kesehatan Kulit Tubuh dan Wajah, Kebiasaan hidup sehat yang kurang diterapkan seringkali membuat tubuh terabaikan termasuk kesehatan kulit, baik kesehatan kulit wajah atau bagian kulit tubuh lainnya. Sekarang ini banyak pria maupun wanita yang masih muda namun memiliki masalah penuaan dini. Diantaranya munculnya garis halus pada daerah sekitar mata, dahi, kulit kusam, kulit kering, berparut, bersisik dan masalah kulit lain. Meskipun penuaan dini tak dapat dihindari namun tentu saja ada cara untuk memperlambat kehadiran penuaan dini ini, diantaranya dengan menggunakan vitamin.

Vitamin merupakan salahsatu sumber nutrisi bagi tubuh termasuk untuk kesehatan kulit. Vitamin dapat ditemukan dari berbagai sumber makanan bahkan sekarang banyak vitamin hasil dari ekstraksi dari berbagai jenis buah-buahan dan sumber vitamin lain yang digunakan sebagai lotion.

Seluruh organ tubuh membutuhkan vitamin-vitamin tertentu agar dapat berfungsi dengan optimal, termasuk kulit. Kulit juga memerlukan asupan vitamin agar lebih sehat. Biasanya vitamin untuk kulit berbentuk obat-obatan yang dioleskan diluar kulit. Namun, vitamin dari asupan makanan pun masih sangat dibutuhkan oleh kulit.

Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Kulit

Manfaat Vitamin untuk Kulit Tubuh Agar Sehat

Gambar Ilustrasi

Diantara vitamin yang dibutuhkan oleh kulit adalah sebagai berikut, simak uraian tentang beberapa vitamin yang berguna bagi kesehatan kulit dibawah ini :

1.) Vitamin A untuk Kulit
Vitamin A merupakan vitamin yang berfungsi melawan penuaan pada kulit. Bahkan banyak penelitian yang telah dilakukan tetang manfaat vitamin A ini. Vitamin A memiliki sifat retinoid yang mampu memperlambat dari timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Anda bisa menggunakan vitamin A pada malam hari agar lebih maksimal. Retinoid biasanya bisa bekerja antara 4 sampai dengan 8 minggu. Penggunaan retinoid biasanya memunculkan beberapa efek samping seperti muncul kemerahan, iritasi, pengelupasan bahkan menjadikan kulit kering. Untuk lebih jelas tentang penggunaannya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli.

2.) Vitamin B3 untuk Kulit
Vitamin B3 merupakan vitamin yang berfungsi untuk menambah kelembaban kulit dan mengurangi kemerahan. Ada banyak produk dari vitamin B3 ini diantaranya lotion, krim dan juga serum yang lebih dikenal dengan sebutan niacinamide yang berfungsi memberikan efek perlindungan pad kulit. Apabila klit memiliki pelindung yang kuat maka kelembaban kulit menjadi lebih terjaga dan terhindari dari iritasi, sehingga cukup cocok apabila digunakan pada kulit kering dan sensiti. Anda bisa menggunakan B3 ini pada malam hari untuk meminimalkan iritasi yang diakibatkan oleh retinoid. Anda bisa menggunakannya bersamaan antara retinoid dengan B3. Jika keduanya digunakan bersamaan dipercaya bisa memberikan efek yang lebih maksimal untuk melawan penuaan.

3.) Vitamin C untuk Kulit
Vitamin C berfungsi dalam mengambat tanda-tanda terjadi penuaan. Radikal bebas dalam tubuh bisa dilawan menggunakan vitamin C, misalnya kerutan pada kulit, kulit yang bergelambir dan juga masalah penuaan lainnya hal tersebut dikemukakan dalam beberapa penelitian yang telah banyak dilakukan oleh para peneliti ahli. Selain itu, vitamin C berguna membuat kulit menjadi lebih halus sekaligus dapat mengenyalkan kulit dan juga dapat menghilangkan flek-flek hitam pada kulit. Mungkin terlihat hampir sama fungsinya dengan fungsi retinoid namun jika dikombinasikan antara keduanya bisa membuat kulit menjadi lebih sehat. Ada banyak bentuk yang timbul dari tanda-tanda munculnya penuaan kulit ini, sehingga pelindungan sangat perlu dilakukan agar kulit tidak mengalami kerusakan dan bisa diperbaiki sedini mungkin. Anda bisa menggunakan vitamin C ini pada pagi hari sebelum menggunakan tabir surya.

4.) Vitamin E untuk Kulit
Vitamin E berfungsi untuk melawan terjadinya kekeringan pada kulit. Selain itu vitamin E juga mampu menjadi pelembap alami bagi kulit dan radikal bebas pada kulit juga mampu dinetralkan menggunakan vitamin E ini. Hasil penelitian menyebutkan bawa penggunan vitamin E bisa mencegah terjadinya kemerahan pada kulit, kering dan pembengkakan apabila digunakan sebelum terkena sinar matahari. Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari dapat merusak produksi vitamin E alami kulit hampir setengahnya. Maka dari itu, Agar kulit terlindung dari kerusakan ini maka penggunaan tabir surya yang mengandung vitamin E dan juga vitamin C sangat diperlukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar matahari.

5.) Vitamin K untuk Kulit
Vitamin K memiliki fungsi yang dipercaya dapat membantu dalam menghilangkan lingkar hitam pada kelopak mata. Penyebab menghitamnya daerah sekitar mata dipercaya karena pembuluh kapiler yang berada disekitar daerah mata sering bocor. Dengan adanya vitamin K atau zat bernama phytonadione dapat membantu dalam mengendalikan aliran darah dalam tubuh. Penggunaan vitamin K pun dipercaya dapat membantu agar lingkar mata yang mengalami penghitaman bisa menjadi lebih terlihat cerah kembali. Anda bisa menggunakan 2-3 hari setiap minggunya ketika Anda hendak tidur agar tidak terjadi iritasi.

Diatas merupakan Manfaat Vitamin bagi Kulit, semoga dengan adanya informasi ini kulit Anda bisa terawat dengan baik dan menjadi lebih sehat.

Vitamin dari buah-buahan dan makanan lainnya merupakan vitamin untuk dalam tubuh, sedangkan untuk kulit Anda bisa menggunakan lotion-lotion tertentu baik yang dibuat sendiri dirumah menggunakan bahan-bahan alami atau produk yang sudah dipercaya menyehatkan kulit.

Namun Anda harus hati-hati dan teliti dalam memilih produk untuk kulit Anda agar terhindar dari produk asal-asalan yang mungkin akan berpengaruh kurang baik bagi kesehatan kulit Anda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Sekian artikel tentang Manfaat Vitamin untuk Kesehatan Kulit semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda dan kulit Anda selalu sehat. Mari peduli kesehatan. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :