Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit dan Rambut, Banyak orang yang sudah sering mendengar kandungan vitamin C pada berbagai jenis buah-buahan dan makanan lainnya seperti jeruk. Namun tahukah Anda apa saja manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh? khususnya untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin C sudah diketahui sejak lama memiliki banyak manfaat diantaranya dapat sebagai antioksidan, zat pendukung pembentukan kolagen dan berbagai hormon, mencegah sariawan, mencegah flu, bermanfaat bagi kulit wajah,  dan dapat mengingkatkan sistem imun tubuh. Ternyata manfaat tersebut hanya sebagian saja, manfaat lainnya dari vitamin C masih banyak dan jarang diketahui oleh banyak orang.

Apa Saja Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan?

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

Gambar Ilustrasi

Vitamin C atau dikenal dengan Asam Askorbat merupakan anti-oksidan esential yang berperan penting bagi tubuh. Vitamin C berperan dalam pemeliharaan otot, tulang, dan juga pembuluh darah. Dalam dosis yang tinggi, Vitamin C dipercaya mampu menurunkan kemampuan berkembangnya virus dalam tubuh namun jika dikonsumsi dalam dosis tinggi beresiko menyebabkan terjadinya gangguan ginjal, demam dan diare. Sakit maupun tidak sakit seseorang tetap membutuhkan vitamin C. Untuk dewasa vitamin C dibutuhkan sekitar 75mg/hari.

Berbagai Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh, Kulit Hingga Rambut

Seperti yang diketahui bahwa vitamin C memiliki sifat yang mudah terlalut yang menyebabkan vitamin C mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui urine sehingga vitamin C biasanya tidak tersimpan dalam waktu lama didalam tubuh. Namun, Perlu diketahui juga bahwa vitamin C yang dikonsumsi dari buah-buahan akan lebih lama bertahan dalam tubuh jika dibandingkan dari suplemen.

Dibawah ini beberapa manfaat dari Vitamin C bagi kesehatan tubuh, simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Penyakit jantung dipercaya dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitamin C karena aterosklerosis didalam jantung dipercaya dapat dihilangkan oleh vitamin C. Apa itu Aterosklerosis? Aterosklerosis adalah suatu keadaan pada arteri jantung yang mengalami penebalan sehingga meningkatkan resiko seseorang terkena serangan jantung yang mengakibatkan distribusi darah dalam tubuh menjadi tidak lancar.

2.) Mengontrol Tekanan Darah
Darah tinggi adalah salahsatu penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Dengan mengkonsumsi vitamin sesuai dengan dosis yang wajar dan rutin dipercaya mampu mengurangi tekanan darah sehingga tekanan darah dapat terkontrol. Selain itu vitamin C dapat mencegah kerusakan pada organ jantung dan ginjal.

3.) Mengurangi Resiko Terkena Asma
Menurut study yang telah dilakukan seseorang yang mengalami asma cenderung memiliki kadar vitamin C yang cukup rendah pada tubuhnya. Nah, vitamin C memiliki fungsi salahsatunya mamou mengurangi terjadinya sesak ketika bernapas.

4.) Megurangi Efek Kemoterapi dan Dapat Melawan kanker
Beberapa penelitian menunjukan bahwa kanker dapat dilawan secara bertahap dengan menggunakan vitamin C. Selain itu, manfaat vitamin C lainnya yaitu dapat meminimalkan dari efek kemoterapi diantaranya mual/

5.) Mengurangi Resiko Diabetes
Kadar gula darah didalam tubuh juga dapat dicegah dengan menggunakan vitamin C sehingga mamu mencegah dari berbagai efek diabetes pada seseorang. Maka dari itu sebaiknya ganti kebiasaan mengkonsumsi camilan manis dengan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C.

6.) Mengurangi Kram Setelah Olahraga
Setelah Anda berolahraga mungkin Anda sering mengalami kram pada bagian tubuh tertentu. Nah, vitamin C bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh kram setelah melakukan aktivitas seperti olahrafa. Selain itu radikal bebas pada tubuh juga dapat diminimalisir menggunakan vitamin C.

Lainnya :

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

7.) Mengencangkan dan Mengenyalkan Kulit
Salahsatu manfaat besar yang terkadnung dalam vitamin C adalah kemampuannya membantu dalam membentuk kolagen. Vitamin C yang memiliki kandungan asam askorbat, merupakan salahsatu pembentuk utama produksi kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kulit agar senantiasa sehat dan tidak mudah kendur. Kandungan kolagen disertai elastin akan menjaga kulit agar tetap sehat dan menghasiklan kekenyalan dan kekuatan pada bagian kulit, sementara itu elastin membuat kulit menjadi lebih lentur.

8.) Memperbaiki Kesehatan Kulit
Vitamin C merupakan anti-oksidan yang cukup dibutuhkan oleh kulit, yang memiliki peran dalam menetralkan radikal bebas yang menumpuk pada bagian kulit akibat dari paparan sinar matahari dan usia yang terus bertambah. Penelitian menunjukan bahwa kandungan asam askorbat 2-fosfat yang dibawa oleh vitamin C tidak hanya bisa membantu menetralisasi radikal bebas, akan tetapi juga bisa membantu memperbaiki kerusakan DNA. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri dari dalam apabila terjadi luka.

9.) Mencegah Pucat Pada Wajah
Vitamin C memiliki peran yang cukup penting dalam melakukan penyerapan zat besi oleh tubuh. Zat besi sangat penting untuk membuat wajah agar selalu nampak segar dan mampu mencegah tubuh menjadi lemas. Pada saat kekurangan zat besi, tubuh bisa mengalami anemia, cepat menjadi lelah dan lemas.

10.) Menjaga Kesehatan Kuku
Vitamin C bisa membantu dalam menjaga kesehatan kuku dengan membauat ketahanan kulit menjadi lebih kuat, jaringan kulit dan tulang serta dinding bagian pembuluh darah. Hal ini disebabkan vitamin C bisa membantu dalam mengautkan kuk dan membantu dalam pertumbuhannya, nutrisi ini juga bisa membantu mencegah kuku cantengan. Maka dari itu, setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C secara cukup setiap harinya dengan mengkonsumsi jeruk, pir, berry atau jenis sayuran dan buah-buahan lain.

11.) Membuat Rambut Lebih Subur
Manfaat Vitamin C selanjutnya itu bisa membantu dalam menyuburkan rambut. Vitamin C adalah salahsatu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan memiliki peran penting dan sangat efektif dalam membantu pertumbuhan rambut sekaligus membantu menguatkannya. Maka dari itu, untuk membuat rambut agar senantiasa sehat dan indah, penggunaan masker rambut buatan sendiri dan alami tentunya akan lebih aman. Pembuatan masker juga bisa menjadi pilihan, yaitu dengan menggunakan potongan ubi kukus, 3 buah strawberry dan setengah potong paprika kemudian dilumatkan hingga teksturnya menjadi lebih seperti pasta atau krim. Kemudian oleskan pada bagian kepala dan rambut, lalu diamkan selama kurang lebih 15-25 menit, kemudian gunakan air hangat untuk membilas rambut hingga bersih. Perawatan ini bisa dilakukan beberapa minggu sekali.

12.) Memperlambat Penuaan
Hasil penelitian yang telah di publikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang berumus sekitar 35 tahun, dan memiliki asupan lebih banyak vitamin C yang bersumber dari makanana, memiliki kerutan yang lebih sedikit pada bagian kulitnya. Selain itu terhindari juga dari kekeringan kulit jika dibawndingakan orang yang kurang dalam mengkonsumsi vitamin C. Para ahli memiliki pendapat bahwa vitamin C bisa membantu menunda tanda-tanda penuaan yang biasanya disebabkan karena terjadinya kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Diatas merupakan Manfaat Vitamin C, dengan adanya informasi ini diharapkan Anda bisa mulai beralih dari yang tadinya sering mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat menjadi lebih membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Makanan yang mengandung vitamin C bisa dikonsumsi oleh pria, wanita, ibu hamil, anak-anak, dewasa sampai orang tua. Vitamin C banyak ditemukan diberbagai sumber makanan misalnya buah-buahan seperti jeruk, mangga, jambu biji dan buah-buahan lainnya. Tentu saja mengkonsumsi buah-buahan lebih baik, daripada mengkonsumsi makanan-makanan yang sekarang ini banyak mengandung campuran bahan kimia dan pengawet makanan.

Baca juga :  Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Sekian artikel tentang Manfaat Vitamin C untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca situs Harian Sehat. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, untuk menjaga Agar tubuh menjadi lebih sehat mulailah membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan menjaga kebersihan badan dan lingkungan. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :