Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan Otot Hingga Jantung

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan Tulang, Otot hingga Jantung, Banyak orang yang takut terhadap paparan sinar matahari. Meskipun benar adanya bahwa paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari bisa menjadi penyebab meningkatnya resiko terkena kanker kulit dan terjadinya penuaan dini. Hal tersebutlah mengapa harus menggunakan tabir surya apabila terkena paparan sinar matahari pada siang hari yang memang pada siang hari sinar matahari akan terasa semakin menyengat.

Manfaat SInar Matahari untuk kesehatan kulit, tulang, otot, hingga jantung

Gambar Ilustrasi SInar Matahari Pagi

Namun, agak berbeda dengan sinar matahari ketika masih pagi. Sinar matahari pagi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Dan setiap harinya Anda bisa berjemur selama 15 – 20 menit. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh, seperti yang dilansir dari situs boldsky :

1. Memperbaiki Suasana Hati
Ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa sinar matahari bisa membantu melepaskan serotonin pada bagian otak. Ketika musim dingin, banyak orang yang mengalami depresi atau mengalami gangguan afektif musiman. Dan menurut hasil penelitian itu, hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya mendapat sinar matahari. Sehingga dengan keluar rumah dan mendapatkan paparan sinar matahari maka suasana hati bisa menjadi lebih baik dan menurunkan stres.

2. Produksi Vitamin D
Adanya sinar matahari bisa membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D secara alami, selain dibantu dengan mengkonsumsi suplemen dan makanan-makanan yang mengandung vitamin D. Peran vitamin D sangat penting terutama untuk kesehatan tulang dan otak. Dan untuk mendapatkan manfaat ini, maka dianjurkan untuk secara rutin berjalan kaki atau berolahraga pada pagi hari di luar ruangan agar tubuh terkena paparan sinar matahari.

3. Jantung Sehat
Menjaga jantung agar tetap sehat juga bisa dengan memanfaatkan sinar matahari yang dapat membantu dalam memproduksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D merupakan salahsatu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, karena kekurangan vitamin D ada kaitannya dengan penyakit kardiovaskular. Dengan adanya sinar matari yang terkena pada tubuh terutama pada pagi hari maka sel-sel yang berada dalam tubuh akan menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat dan sirkulasi darah juga akan berjalan lebih baik.

4. Tulang dan Otot Kuat
Dengan adanya produksi vitamin D dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari maka kekuatan tulang dan otot akan semakin bertambah. Vitamin D bisa membantu tubuh dalam menyerap berbagai jenis kalsium yang baik untuk kesehatan bagian tulang. Selain daripada it, vitamin D juga bisa menurunkan resiko terjadinya kram dan nyeri sendi.

5. Mengurangi Resiko Sklerosis Multiple
Penelitian menyebutkan bahwa sinar matahari bisa juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya sklerosis multiple. Apa itu sklerosis multiple? Sklerosis multiple adalah penyakit yang menyerang sisterm syaraf pusat tepatnya pada bagian otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini dapat menyebabkan otot menjadi lemah, terjadinya penurunkan daya indra hingga terjadinya kelumpuhan.

Baca juga : Manfaat Vitamin C

Diatas merupakan beberapa manfaat terkena sinar matahari pagi dan menjadikan alasan yang cukup kuat bagi bagi banyak orang untuk berjemur dan melakukan olahraga pagi hari diluar ruangan. Dengan adanya informasi diatas semoga semkin menyadarkan kita bahwa sinar matahari juga merupakan salahsatu faktor yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya bermanfaat bagi tulang, sinar matahari ternyata masih memiliki banyak manfaat lainnya seperti yang telah diuraikan dalam beberapa point diatas.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca semua. Jaga selalu Kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :