Manfaat Mandi Pagi Hari Menggunakan Air Dingin

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Mandi Pagi Hari Menggunakan Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh, Ada sebagian orang yang mungkin kurang menyukai mandi pagi dengan menggunakan air dingin, dan lebih terbiasa mandi menggunakan air hangat. Padahal mandi air dingin pada pagi hari memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan. Namun, mandi air hangat bukan berarti tidak boleh, sesekali mandi air hangat boleh saja dilakukan apabila tubuh benar-benar membutuhkan mandi air hangat karena kelelahan, dan relaksasi untuk meredakan stres pada tubuh.

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Meskipun demikian, mandi air hangat ternyata memiliki dampak yang kurang baik apabila terlalu sering dilakukan diantaranya yaitu membesarnya pori-pori bagian kulit, menyebabkan sakit kepala yang disebabkan karena terjadinya perubahan suhu dari dinginnya pagi hari dengan air yang bersuhu hangat sehingga tekanan darah tubuh bisa berubah, termasuk pada daerah kepala sehingga beresiko terkena sakit kepala ketika mandi selain itu terlalu sering mandi air hangat juga bisa menurunkan kualitas kesuburan.

Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Gambar Ilustrasi

Maka dari itu agar lebih sehat, pada pagi hari sebelum shubuh dianjurkan untuk mandi menggunakan air dingin. Seperti yang dilansir dari Health Detik, Apa saja manfaat mandi air dingin di pagi hari? dibawah ini merupakan beberapa manfaat yang didapatkan jika tubuh terbiasa mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin.

1.) Mandi pagi menjadikan sirkulasi darah berjalan lebih baik
Penggunaan air hangat menjadikan aliran darah bergerak menuju kulit, maka berbeda halnya dengan air dingin yang menjadikan aliran darah terdistribusi menuju organ-organ yang ada didalam tubuh. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan air dingin untuk mandi maka sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih baik dan meningkat. Dengan memiliki sirkulasi darah yang baik, tubuh dapat terhindari dari resiko berbagai penyakit serius yang bisa saja menyerang, misalnya hipertensi, terjadinya pengerasan arteri bahkan resiko varises. Mandi air dingin ini bisa didahuli dengan menggunakan air hangat yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan air dingin.

Lainnya :

2.) Mandi pagi menjadikan kulit lebih sehat dan awet muda
Dengan menggunakan air dingin untuk mandi pada pagi hari membuat pori-pori mengecil sehingga bisa mencegah dari masuknya berbagai macam kotoran dan minyak yang bisa saja menyumbat pori-pori kulit dan biasanya menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu manfaat mandi air dingin di pagi hari lainnya yaitu dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian pembuluh darah yang bisa menyebabkan likar hitam pada bagian bawah mata. Oleh karena itulah, mandi air dingin menjadi sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit sehingga kulit lebih terlihat awet muda.

3.) Mandi pagi menjadikan rambut lebih sehat
Kutikula pada rambut bisa tertutup ketika terbiasa mandi menggunakan air dingin, menutupnya kutikula ini akan membuat rambut menjadi lebih kuat bahkan kotoran yang beresiko masuk pada kulit kepala dapat dicegah. Sehingga hal ini akan membuat rambut menjadi lebih sehat, bersih dan bercahaya.

4.) Mandi pagi membuat lebih bersemangat di pagi hari
Pada zaman dahulu saat masih ada samurai kuno, prajurit pada zaman tersebut terbiasa menyiram air dingin pada bagian kepala di pagi hari. Menurut prajurit, mandi dengan menggunakan air dingin dapat memberikan semangat pada tubuh dan membantu memulai hari dengan sensasi berpetualang yang segar. Dan tentu banyak orang yang sudah merasakan pula bahwa dengan mandi air dingin pada pagi hari akan membuat rasa kantuk hilang dan badan menjadi lebih segar.

Nah, diatas merupakan beberapa Manfaat Mandi Pagi menggunakan air dingin. Tentunya setelah membaca berbagai manfaat diatas dapat disimpulkan bahwa kebiasaan mandi di pagi hari merupakan kebiasaan yang baik dan menyehatkan, jadi tak ada salahnya menjadikan kebiasaan mandi pagi ini sebagai aktivitas rutin Anda setiap harinya.

Selain itu, setelah mandi Anda bisa berolahraga misalnya lari pagi dan bisa menghirup udara yang segar. Jika berkeringat setelah olahraga, mandi kembali juga tak masalah namun usahakan keringatnya untuk dikeringkan dulu sebelum mandi. Dengan begitu badan Anda akan tetap tejaga kesehatannya dan selalu bugar.

Baca juga : Manfaat Tidur Malam Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan lupa untuk membaca berbagai artikel kesehatan menarik lainnya di situs HarianSehat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :