Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Mata dan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComManfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Mata dan Tubuh – Mungkin Anda sudah familiar dengan berbagai makanan yang berbahan dasar tomat, seperti saus tomat atau mungkin jus tomat. Ternyata banyak manfaat dari tomat ini jika di konsumsi secara mentah dan segar. Manfaat tersebut tentu saja sangat berguna bagi tubuh sehingga tubuh tetap dalam keadaan sehat karena asupan nutrisi dari tomat ini.

Tomat merupakan salahsatu buah atau ada juga yang mengkategorikan tomat ini sebagai sayuran. Tomat sudah dikenal banyak orang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Tanaman tomat juga mudah untuk ditanam sehingga membuat tomat dapat dengan mudah ditemukan diberbagai tempat seperti halnya di pasar tradisional atau lingkungan sekitar Anda. Karena mudah untuk ditanam menjadikan tomat bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Jus Tomat

Manfaat Jus Tomat

Gambar Ilustrasi Artikel : Manfaat dan Khasiat Jus Tomat untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan khasiat dari tomat ini Anda bisa mengolahnya dengan cara di olah menjadi jus tomat segar, dengan mengolah nya menjadi jus tomat maka manfaat yang ada didalam tomat dapat lebih optimal karena nutrisi dalam tomat tidak hilang ketika dalam pengolahan, namun ada juga peneliatan yang menyebutkan bahwa tomat juga masih sangat baik untuk dikonsumsi ketika dimasak terlebih dahulu seperti dikukus, ataupun ditumis. Selain itu, tomat juga bisa dikonsumsi mentah segar atau bisa juga di buat menjadi jus tomat.

Manfaat dan Khasiat Jus Tomat bagi Kesehatan

Dibawah ini berberapa alasan kesehatan mengapa Anda harus mengkonsumsi jus tomat, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber dibawah ini merupakan beberapa khasiatnya untuk kesehatan tubuh Anda :

1.)  Kaya Nutrisi
Berbagai kandungan vitamin dan mineral terdapat dalam jus tomat, diantaranya kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin K, folat, potasium, serat dan juga kandungan air. Kalori yang terdapat dalam jus tomat juga rendah sehingga baik jika Anda sedang dalam program penurunan berat bandan Anda.

2.) Meningkatkan Imunitas Tubuh
Manusia memiliki sistem imun untuk melawan dari berbagai serangan baktri dan virus yang ada didalam tubuh. Jika seseorang memiliki sistem imun yang kuat tentu saja akan membuat tubuh lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Kandungan vitamin A , vitamin C dan nutrisi lain yang ada pada tomat mampu membantu dalam meningkatkan sistem imun tubuh Anda sehingga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

3.) Menurunkan LDL (Kolesterol Jahat)
Kolesterol jahat yang ada dalam tubuh tentu saja akan berakibat buruk bagi kesehatan dan dapat memicu datangnya berbagai penyakit. Dengan memanfaatkan tomat sebagai jus bisa membantu dalam mengatasi permasalahan kolesterol jahat ini. Kandungan niacin yang ada pada tomat mampu mengontrol Kolesterol Jahat yang ada pada tubuh selain itu serat yang berada pada jus tomat juga dapat menghilangkan kolesterol jahat ini.

4.) Kesehatan Jantung
Selain mampu mengontrol kolesterol jahat, jus tomat juga memiliki manfaat yang baik bagi Kesehatan Jantung Anda. Didalam tomat mengandung vitamin B6 yang mempu melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan pada pembuluh darah. Selain itu potasium yang ada pada jus tomat juga mampu menurunkan tekanan darah Anda.

5.) Menurunkan Berat Badan
Jus tomat memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Dengan kandungan kalori yang rendah tentu saja Ada bisa menjadikan jus tomat sebagai menu diet Anda karena jus tomat tidak akan menaikan berat badan tubuh Anda. Disamping itu jus tomat juga membuat perut terasa lebih kenyang dan mampu mengeluarkan racun yang bersarang dalam tubuh.

6.) Kesehatan Mata dan Kulit
Jus tomat mengandung betakaroten yang bermanfaat bagi kesehatan mata selai itu  betakaroten juga bermanfaat untuk kulit Anda. Betakaroten ini dipercaya dapat memperlambat proses penuaan dini pada kulit, disamping itu jus tomat juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat.

7.) Memperkuat Tulang
Selain dengan menggunakan susu kedelai dan juga suplemen lain penguat tulang, Anda juga bisa memperkuat tulang Anda dengan mengkonsumsi tomat. Vitamin K dan juga kalsium yang ada dalam tomat inilah yang bisa membuat kekuatan tulang Anda terjaga.

8.) Melawan Kanker
Dengan mengkonsumsi tomat Anda bisa menurunkan resiko terjadinya kanker lambung dan juga usus besar. Lycopene yang terdapat tomat dipercaya mampu menghambat dari pertumbuhan sel kanker.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tentu saja dengan mengkonsumsi jus tomat Anda akan mendapatkan berbagai Manfaat Jus Tomat ini bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menjadikan tomat sebagai makanan sehat yang menemani Anda setiap harinya. Anda bisa mengolahnya menjadi jus tomat segar atau juga dapat dikonsumsi secara mentah namun jangan lupa untuk memebersihkan tomatnya terlebih dahulu hingga bersih agar tomat bisa dikonsumsi dengan tetap menjaga higenitasnya.

Manfaat dan Khasiat Jus Tomat

Usahakan untuk mengkonsuminya dalam keadaan segar supaya Anda dapat mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. Namun tentu saja Anda tetap boleh menggunakan tomat dalam berbagai olahan masakan Anda, karena ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa tomat bisa memiliki manfaat lebih bagi kesehatan apabila dimasak terlebih dahulu. Beberapa khasiat yang telah disebutkan diatas tentu saja bisa menjadikan asalan Anda kenapa harus mengkonsumsi jus tomat.

Selain jus tomat, sayuran dan buah-buah lainnya juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi ksehatan tubuh, Anda dapat membacanya di situs kami HarianSehat.Com  yang memberikan informasi seputar kesehatan dan gaya hidup sehat.


Lihat Juga :
Updated :