Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh, Sumber makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan mememiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan tubuh. Tak terkecuali dengan jambu biji yang juga terkenal dengan berbagai macam manfaatnya sebagai obat tradisional dan pencegahan berbagai penyakit, diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, membantu pasien demam berdarah hingga kandungan zat anti kanker dimiliki oleh jenis jambu ini.

Letak geografis negara Indonesia yang merupakan daerah tropis membuat banyak tanaman tropis tumbuh salahsatunya menghasilkan jambu biji. Jambu biji memiliki beberapa jenis yang cukup terkenal diantaranya jambu biji merah dan jambu biji putih. Meskipun banyak orang yang kurang tertarik dengan jambu biji ini tetapi jangan salah, jambu biji memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Jambu Biji bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gambar Ilustrasi

Jambu biji memiliki banyak kandungan gizi bermanfaat diantaranya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan memiliki zat anti kanker. Selain itu, kadar kolesterol dapat diturunkan dengan mengkonsumsi jambu biji.

Vitamin C pada jambu biji jika dibandingkan dengan jeruk hampir dua kali lipatnya dari jeruk. Dalam setiap 100gr jambu biji vitamin C terkandung sekitar 87 mg sedangkan pada jeruk hanya mengandung sekitar 49 mg saja. Kandungan vitamin C pada jambu biji juga berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan buah apel atau anggur.

Biasanya vitamin C pada jambu biji akan maksimal pada saat jembu menjelang matang. Vitamin C pada jambu biji biasanya paling banyak pada bagian kulit dan juga dagingnya yang cukup tebal. Maka dari itu ketika mengkonsumsi jambu biji sebaiknya kulitnya juga dikonsumsi tapi jangan lupa sebelumnya bersihkan dulu hingga benar-benar bersih sehingga tak ada bakteri yang terkonsumsi.

Apa Manfaat Jambu Biji?

Mengingat banyaknya manfaat jambu biji, dibawah ini merupakan beberapa manfaat nya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, simak selangkapnya dibawah ini :

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Sistem kekebalan tubuh mampu ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah jambu. Karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi mampu mencegah dari berbagai ancaman penyakit yang dapat menyerang tubuh.

2. Anti-Tumor dan Anti-Inflamasi
jambu biji memiliki sifat anti tumor dan anti-inflamasi karena memiliki kandungan lycopene didalamnya sehingga pertumbuhan tumor bisa dicegah.

3. Mencegah Kanker
Selain mengandung lycopene jambu biji juga mengandung zat antioksidan diantranya flavonoid dan fitonutrien yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Selain itu vitamin C yang tinggi pada jambu biji juga mampu menetralkan radikal bebas yang beresiko menyebabkan kanker.

4. Menjaga Tekanan Darah
Manfaat jambu biji lainnya yaitu dapat menjaga tekanan darah. Kandungan kalium yang ada pada jambu bisa berguna bagi tubuh agar terlindung dari faktor eksternal yang bisa menyerang kesehatan tekanan darah pada seseorang. Apabila tekanan darah dapat terkendali dalam batas normal berarti resiko serangan penyakit jantung bisa menurun juga.

5. Mencegah Penuaan Dini
Radikal bebas mampu dinetralkan oleh jambu biji, hal ini dikarenakan kandungan anti oksidan yang cukupt tinggi. Selain itu penuaan dini yang disebabkan oleh stres oksidatif bisa dicegah dengan mengkonsumsi jambu biji.

6. Baik untuk Pasien Diabetes
Bagi pasien penyakit diabetes kandungan serat yang ada pada jambu biji memiliki manfaat sebagai obat alami bagi diabetes. Buah ini juga dipercaya mampu mencegah terjadinya lonjakan pada gula.

7. Menyehatkan Kulit
Manfaat jambu biji selanjutnya yaitu dapat menyehatkan kulit. Vitamin A yang terkandung dalam jambu biji bisa berguna agar kulit menjadi lebih sehat. Dengan mengkonsumsi jambu biji kulit bisa terlihat menjadi lebih segar dan untuk wanita bisa terlihat lebih cantik karena kandungan berbagai gizi yang ada didalamnya bermanfaat bagi kesehatan kulit.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata
Jambu biji juga berkonstribusi bagi kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A. Buah ini mampu mencegah dari terjadinya infeksi mata dan penyakit pada mata.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Lycopene yang terkadnung dalam jambu biji memiliki manfaat juga untuk meningkatkan kesehatan bagian pencernaan tubuh.

10. Meningkatkan Jumlah Darah
Selain vitamin A dan C, jambu biji juga memiliki kandungan beberapa vitamin dan mineral lainnya diantaranya vitamin E, K, folat, magnesium, tembaga, niasin, dan juga asam panthotenic yang berguna dalam meningkatkan kadar produksi sel darah merah.

Diatas merupakan Manfaat Jambu Biji untuk kesehatan. Buah ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Cara mengkonsumsinya bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus, tergantung selera Anda namun yang pasti jambu biji baik jambu biji merah atau jambu biji putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagi ibu hamil konsumsi jambu biji jangan berlebihan karena dapet meningkatkan resiko terkena diare. Diare pada ibu hamil tentu tidak baik karena kondisi fisik bisa mengalami penurunan dan bisa menyebabkan kegelisahan.

Baca juga : Manfaat Daun Sirsak

Makanan apapun itu, konsumsilah dalam batas yang wajar dan jangan berlebihan karena berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel tentang manfaat jambu biji in bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Mari mulai membiasakan diri menjaga gaya hidup sehat agat terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :