Manfaat Donor Darah Rutin untuk Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Donor Darah Rutin untuk Kesehatan Tubuh, Donor darah merupakan salahsatu hal yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh, bahkan donor darah merupakan salahsatu aktivitas yang sangat mulia karena bisa menolong orang banyak. Walaupun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti berat badan sesuai yang telah ditentukan dan juga tubuh harus dalam keadaan sehat.

Apabila seseorang telah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk melakukan donor darah, sebaiknya tak perlu ragu untuk mendonorkan darah. Karena donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sang pendonor sekaligus bisa menolong banyak orang.

Manfaat Donor Darah Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Gambar Ilustrasi

Manfaat Donor Darah Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat melakukan donor darah, apabila dilakukan secara rutin. Dilansir dari situs Boldsky :

1.) Membantu Menyeimbangkan Kadar Zat Besi
Salahsatu manfaat dari donor darah yaitu dapat menyeimbangkan kadar zat besi yang berada dalam tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa, banyak orang mengkonsumsi makanan dan akhirnya memiliki tingkat zat besi yang terlalu tinggi. Maka dari itu, agar kadarnya seimbang maka donor darah bisa menjadi solusi, karena zat besi yang telalu banyak yang berada dalam tubuh kurang baik dan membahayakan bagi kesehatan jantung.

2.) Pemeriksaan Kesehatan
Sebelum melakukan donor darah, biasanya para pendonor darah diharuskan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini untuk meyakinkan bahwa darah yang disumbangkan layak. Dokter biasanya akan melakukan tes dasar untuk melihat kesehatan darah dan pendonor. Ini berarti pendonor harus diperiksa kesehatannya.

Dan tes ini memberikan ‘signal’ apakah pendonor sehat atau tidak. Dengan dilakukannya pemeriksaan maka pendonor akan sadar bahwa masalah kesehatan bisa mempengaruhi tubuh.

3.) Mengurangi Resiko Terkena Kanker
Resiko terkena kanker juga bisa diturunkan seiring rutinnya melakukan donor darah. Khusunya penyakit kanker usus besar, paru-paru, hati dan tenggorokan. Hal ini karena zat besinya menjadi lebih seimbang.

4.) Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat donor darah selanjutnya yaitu dapat mengontrol dari tekanan darah. Ketika donor darah maka volume darah yang berada dalam tubuh menjadi lebih seimbang dan hal ini bisa mencegah dari terjadinya peningkatan tekanan darah yang bisa saja terjadi dalam tubuh. Selain itu jantung akan menjadi lebih sehat dan penyakit kardiovaskular bisa dicegah.

5.) Mengurangi Kolesterol
Darah yang ada didalam tubuh memiliki kandungan kolesterol. Kolesterol ini dapat ditemukan pada sel-sel darah merah. Dengan melakukan donor darah maka seseorang dapat mengurangi kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya. (Kolesterol Tinggi)

6.) Membantu Tubuh Ketika Kekurangan Darah
Jika seseorang terbiasa melakukan donor darah maka tubuhnya akan lebih sehat. Hal ini karena ketika darah di donorkan maka tubuh akan berusaha menormalkan kembali kekosongan yang terjadi, dan memberikan keuntungan pada tubuh jika suatu saat tubuhnya luka atau terjadi cedera serius.

Baca juga : Manfaat dan Khasiat Minum Air Putih

Jika Anda memenuhi syarat untuk melakukan donor darah dan memiliki kesehatan yang cukup baik, donor darah bisa dilakukan. Donor darah biasanya dilakukan 3 bulan sekali. Selain memiliki manfaat bagi pendonor itu sendiri, donor darah juga bisa menolong orang banyak.

Ketika Anda memiliki keinginan untuk mendonorkan darah, jangan terlalu takut tubuh kekurangan darah, karena sebelumnya Anda diperiksa terlebih dahulu oleh tenaga medis. Bagi orang yang membutuhkannya, sumbangan darah dari setiap orang sangat berharga. Mari membantu sesama dengan donor darah.


Lihat Juga :
Updated :