Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan – Banyak tanaman yang ada di Alam memiliki manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan. Biasanya orang menyebutnya dengan tanaman herbal atau obat herbal yang diolah secara tradisional dan berbeda dengan obat berbahan kimia. Sejak dahulu sebelum ada obat yang menggunakan bahan kimia, berbagai jenis tanaman dibuat menjadi jamu dengan resep tertentu yang berfungsi sebagai obat berbagai penyakit dan juga sebagai pencegahan terhadap serangan penyakit yang artinya jamu tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh pada waktu itu.

Jenis tanaman tersebut termasuk juga Temulawak yang merupakan bahan yang paling sering ditemukan didalam jamu, karena memiliki banyak manfaat seperti dapat menambah nafsu makan, mengatasi penyakit hati, selain itu menurut dr Arijanto Jonosowojo SpPD, temulawak tidak hanya dapat mengobati hepatitis namun dapat menurunkan LDL dan juga menaikan kadar HDL dalam tubuh.

Manfaat Temulawak

Temulawak, Tanaman ini merupakan salahsatu tanaman obat yang berasal dari Indonesia, khususnya di pulau Jawa, dan menyebar keberbagai daerah lainnya. Sampai saat ini temulwak telah dibudidayakan diberbagai negara, sebagian besar berada di Indonesia, malaysia, Thailand, dan juga Filipina. Selain itu, tanaman ini juga dapat ditemui diberbagai negara lain seperti china, India, Jepang, Korea, Amerika hingga di beberapa negara di Eropa.

Manfaat Temulawak

Gambar Ilustrasi artikel : Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

Nama yang digunakan pada temulawak di daerah-daerah di Indonesia berbeda, misalnya saja suku Sunda menyabutnya dengan koneng gede, sementara di Madura temulawak disebut juga dengan temu labak. Nama ilmiah dari temulawak ini adalah Curcuma xanthorrhiza. Tanaman temulawak dapat tumbuh dengan baik pada keadaan tanah yang gembur, dan tumbuh di daerah dataran rendah hingga 1500 meter diatas permukaan laut yang habitatnya berada di hutan tropis. Namun, Anda tentu saja dapat dengan mudah menemukan temulawak diberbagai tempat, bahkan di pasar tradisional.

Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak mengandung kurkuminoid yang biasanya dimanfaatkan sebagai pengobatan Liver dan juga perawatan pasien osteoatritis. Selain itu dalam temulawak juga terdapat kandungan minyak atsiri yang berguna untuk penyakit rematik. Dari kedua zat yang ada didalam temulawak ini juga memiliki zat anti-oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Disamping itu kurkumin juga memiliki beberapa manfaat lain seperti sebagai analgesik, antioksidan dan juga anti-inflamasi.

Menurut dr Pangestu Adi, yang merupakan staf senior penyakit dalam FK UNAIR RSU Dr Soetomo, Surabaya menuturkan bahwa Temulawak dapat mengatasi penyakit hati yang memiliki tingkat SPGT dan SGOT lebih dari normal selama 6 bulan lebih, disamping itu juga penyakit hati yang masih ada hubungannya dengan virus B, C atau B dan C. Selain berguna untuk pengobatan penyakit hepatitis temulawak juga dapat menurunkan LDL dan menaikan HDL.

Selain itu Manfaat Temulawak lainnya biasanya dijadikan sebagai hepatoprotektor untuk melindungi liver akibat adanya efek samping dari penggunaan obat Kolesterol yang biasanya dikonsumsi dalam jangka panjang. Manfaat Temulawak bagi kesehatan lainnya mungkin masih banyak, namun jika Anda ingin mengolah temulawak dan menjadikannya sebagai jamu, Anda bisa menggunakan panci dari tanah liat, tidak disarankan menggunakan panci alumunium sebagai tempat merebusnya karena zat aktif dalam alumunium dapat bereaksi dengan zat-zat yang ada pada temulawak yang bisa mengakibatkan keracunan.

Manfaat dan Khasiat Temulawak

Menurut Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr. Soetomo, Surabaya, dr Arjianto Jonowewojo, SpPD Menyarankan lebih baik menggunakan cara yang tradisional menggunakan panci dari tanah liat yang biasanya memang khusus digunakan untuk merebus jamu. Selain itu temulawak bisa direbus beberapa kali untuk diambil air rebusannya tersebut namun tidak dianjurkan melakukannya berkali-kali karena tentu saja kandungan minyak atsiri dan kurkuma yang terdapat dalam temulawak akan berkurang sehingga manfaat yang didapatkan kurang optimal.

Semoga artikel tentang manfaat dan khasiat temulawak untuk kesehatan ini bisa menambah wawasan Anda tentang salahsatu tanaman obat yang memiliki berbagai khasiat ini. Selain itu seperti yang dilansir dari situs lifeshack.com, temulawak bisa mencegah dan juga mengobati dari berbagai macam penyakit lainnya seperti, pencernaan, ,lambung, sembelit, masuk angin bahkan memiliki manfaat menghilangkan jerawat di wajah. Jadi tak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi jamu temulawak ini.

Anda juga dapat membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan berbagai manfaat tanaman dan juga buah di blog HarianSehat.Com yang merupakan situs penyedia berbagai informasi kesehatan dan gaya hidup sehat. Jaga Kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :