Manfaat dan Khasiat Susu Kacang Kedelai untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

Manfaat dan Khasiat Susu Kacang Kedelai untuk Kesehatan – Tubuh manusia memerlukan berbagai macam asupan nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya sehingga tubuh bisa bekerja dengan baik. Asupan nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan berbagai cara misalnya didapat dari olahraga, sinar matahari bahkan sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh didapatkan dari berbagai macam makanan termasuk salahsatunya Susu Kacang Kedelai.

Manfaat Susu Kacang Kedelai

Seperti yang banyak orang ketahui tentang Susu, bahwa susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan berbagai macam nutrisi. Namun tidak semua orang menyukai susu yang berasal dari hewan seperti sapi ataupun kambing, maka dari itu selain susu hewani ada juga susu non hewani namun masih memiliki cukup banyak nutrisi sehingga berguna bagi kesehatan. Salahsatu jenis susu tersebut yaitu Susu Kacang Kedelai.

manfaat susu kacang kedelai - gambar susu kedelai

Gambar Ilustrasi : Manfaat dan Khasiat Susu Kacang Kedelai

Sesuai namanya Susu Kacang Kedelai terbuat dari sari kacang kedelai yang terbuat dari redaman kedelai didal air dan diambil sarinya yang memiliki warna seperti susu. Susu Kacang Kedelai tidak kalah baiknya dengan susu lainnya, Susu Kacang Kedelai memiliki kandungan berbagai macam mineral dan zat penting seperti protein, serat, magnesium, fosfor, dan juga potasium. Kandungan berbagai mineral dan zat bermanfaat lainnya dalam Susu Kacang Kedelai juga menjadikanya salahsatu konsumsi sehat bagi setiap orang khususnya yang kurang menyukai susu yang berasal dari hewan.

Manfaat Susu Kacang Kedelai bagi Kesehatan

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat minum Susu Kacang Kedelai bagi kesehatan tubuh, dirangkum dari berbagai sumber :

1.) Rendah Kalori – Untuk Diet
Kandungan kalori dalam Susu Kacang Kedelai terhitung cukup rendah yaitu hanya 45 kalori dari setiap 100ml Susu Kacang Kedelai. Bagi Anda yang sedang berdiet tentu menjadi pilihan yang cocok untuk minum Susu Kacang Kedelai ini dikarenakan memiliki kalori yang rendah dan selain itu Susu Kacang Kedelai juga bebas dari lemak.

2.) Mengandung Protein Baik
Susu Kacang Kedelai dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan kandungan protein baik ini mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat mencegah dari resiko Penyakit Jantung dan juga stroke. Selain itu kandungan protein yang ada didalam Susu Kacang Kedelai ini bagus untuk pertumbuhan otot tubuh Anda.

3.) Kaya Nutrisi
Selain rendah kalori dan juga mengandung protein baik, Susu Kacang Kedelai juga memiliki banyak vitamin dan juga mineral. Didalam setiap cangkirnya Susu Kacang Kedelai terdapat 8 gr karbohidrat, 1 gr serat dan juga 7 gram protein. Meskipun kandungan protein dalam Susu Kacang Kedelai masih lebih rendah dibandingkan dengans susu sapi namun jika dikonsumsi dengan rutin Susu Kacang Kedelai dapat menurunkan resiko osteoporosis.

4.) Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat Susu Kacang Kedelai lainnya yaitu dapat mencegah dari kanker prostat, penelitian menunjukan bahwa pria yang rutin minum Susu Kacang Kedelai dapat terhindari dari jenis kanker ini, selain itu bagi wanita manfaat Susu Kacang Kedelai yaitu mencegah monoppause dini.

5.) Mencegah Serangan Jantung
Salahsatu penyebab kematian terbesar adalah serangan jantung, dengan meminum Susu Kacang Kedelai dengan dosis yang benar maka bisa membantu dalam mencegah penggumpalan darah atau kolesterol dalam pembuluh darah sehingga serangan jantung dapat dicegah.

Diatas merupakan kumpulan beberapa Manfaat Susu Kacang Kedelai, namun bagaimanapun juga mengkonsumsi Susu Kacang Kedelai juga harus berhati-hati, jika Anda menderita penyakit yang berhubungan dengan kurangnya produksi hormon tiroid pada kelenjar tiroid maka sebaiknya konsumsi Susu Kacang Kedelai jangan terlalu banyak. Karena dipercaya bahwa fungsi kelenjar tiroid dapat menurun akibat kandungan isoflavon didalam Susu Kacang Kedelai. Selain itu, bagi Anda yang memiliki alergi dengan kedelai ataupun Susu Kacang Kedelai tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Susu Kacang Kedelai ini.

Manfaat dan Khasiat Susu Kacang Kedelai

Meskipun banyak manfaat dari Susu Kacang Kedelai, tetap saja Anda wajib hati-hati dalam mengkonsumsi susu kacang kedelai ini. Patikan Anda tidak memiliki keterkaitan dengan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan tiroid ataupun alergi terhadap Susu Kacang Kedelai. Konsumsi Susu Kacang Kedelai sewajarnya saja dan batasi konsumsi Susu Kacang Kedelai tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut untuk konsumsi kedelai ini, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter atau petugas medis atau puskesmas terdekat. Semoga artikel Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan ini memberikan pengetahuan baru bagi Anda. Baca juga artikel lainnya seputar kesehatan harian, hanya di hariansehat.com


Lihat Juga :
Updated :