Manfaat dan Khasiat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

Manfaat dan Khasiat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan – Banyak yang berfikir bahwa kulit buah tidak bermanfaat sehingga banyak orang yang membuang kulit buah dan hanya mengkonsumsi buahnya saja, namun ternyata jika dioleh secara baik dan bernar kulit buah juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk juga kulit buah manggis. Selain buah manggis telah dipercaya memiliki banyak kandungan khasiat yang untuk kesehatan, kulit buahnya pun dapat diolah sehingga dapat dikonsumsi dan manfaat kulit manggis bisa dirasakan oleh tubuh.

Manfaat Kulit Manggis

Gambar ilustrasi artikel : Manfaat Kulit Manggis

Buah manggis memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamnin B kompleks dengan kadar yang tinggi, kulitnya dikenal dengan kerendahan kalorinya yang cocok dikonsumsi oleh pasien diabetes. Selain itu manggis juga memiliki sifat anti-profilerasi yang dapat membantu dalam mengobati penyakit kanker, dan juga dapat meredakan jerawat, mencegah penuaan dini dan juga bermanfaat dalam regenerasi kulit.

Manfaat Kulit Manggis

Akhir-akhir ini bahkan banyak beredar ekstrak kulit manggis yang dijual dalam bentuk teblet atau kemasan kapsul yang banyak diminati oleh banyak orang, ini dikarenakan banyak pakar yang telah mengatakan bahwa banyak khasiat atau manfaat dari kulit manggis ini karena ada kandungan xanthone sebagai anti-oksidan yang dipercaya bahwa 5 kali lebih baik daripada vit C

Meskipun ada ekstrak kulit manggis yang sudah dalam bentuk kapsul atau tablet, namun masih banyak cara jika Anda ingin merasakan mengkonsumsi kulit manggis ini, misalnya dengan cara di jus atau diolah dengan cara dikeringkan lalu diseduh. Berbagai dalamĀ  manfaat atau khasiat kulit manggis yang didalamnya mengandung xanthone antara lain bisa memperlambat penuaan pada sel-sel tubuh termasuk sel jantung. Selain daripada itu dapat membantu dalam menangkal virus dan juga jamur.

Kandungan Xanthone yang dapat menangkal radikal bebas sangat bermanfaat karena radikal bebas dapat masuk dari lingkungang sekitar ataupun melalui makanan yang Anda konsumsi selain itu radikal bebas merupakan penyabab utama dari beberapa penyakit seperti Penyakit Jantung, penyakit stroke, penyakit kanker, gangguan pada ginjal dan penyakit-penyakit lainnya.

Manfaat Jus Kulit Manggis

Menurut penerlitian bahwa zat xanthone tidak ditemukan pada buah lainnya selain pada buah manggis. Ada juga yang menyebutkan bahwa dari penelitian yang dilakukan di Singapura menjelaskan bahwa manffat antioksidan pada buah manggis lebih baik daripada yang ada pada buah rambutan Selain itu juga menurut dari sumber tersebut kandungan xanthone dan juga derivatnya memiliki manfaat yan dapat melawan dan menghambat kanker dan juga pada penyakit jantung.

Manfaat Kulit Manggis memanglah banyak, selain dari manfaat yang telah dirincikan diatas masih banyak lagi khasiat kulit manggis lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki manffat yang sangat banyak, namun tetap saja ketika mengkonsumsi kulit manggis harus dibatasi agar tidak berlebihan dan bila Anda mengkonsumsi kulit manggis baik itu dalam bentuk jus ataupun dijadikan minuman lain kemudian Anda merasakan gejala mual, pusing dan lainnnya mungkin saja kulit manggis kurang cocok untuk tubuh Anda.

Manfaat dan Khasiat Kulit Manggis

Masih banyak buah-buahan dan juga sayuran lainnya yang kaya akan kandungan berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, selain itu untuk tetap menjaga tubuh agar selalu sehat bisa dengan melakukan gaya hidup sehat tidak hanya mengkonsumsi makanan sehat saja namun berolahraga juga merupakan salahsatu yang wajib dilakukan untuk menjaga tubuh agar dalam keadaan yang bugar sehingga tubuh fit dalam melakukan aktivitas keseharian Anda. Semoga artikel Manfaat dan Khasiat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih


Lihat Juga :
Updated :