Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan – Siapa yang tidak kenal dengan salahsatu bahan rempah berbagai masakan Indonesia ini? Ya, Jahe merupakan salahsatu rempah yang biasa digunakan oleh banyak orang di berbagai daerah negara kita sebagai campuran dalam masakan. Aroma yang khas dan begitu kuat melahirkan citarasa tersendiri didalam masakan, ini dikarenakan didalam jahe terdapat minyak esential alami sehingga memberikan aroma yang khas dalam masakan yang diberikan jahe ini.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe sangat mudah sekali untuk ditemukan di negara kita, bahkan jahe dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional di negara kita. Selain digunakan untuk rempah dalam campuran masakan, Jahe juga sering digunakan oleh banyak orang sebagai minuman penghangat badan karena jahe memiliki aroma dan juga hangat yang khas yang terkandung didalamnya. Minuman dari jahe ini lebih banyak dikenal orang dengan wedang jahe, dan memiliki rasa yang nikmat dan juga bisa menurunkan berat badan Anda. Ketika Anda kedinginan atau kurang enak badan, Anda bisa mencoba jenis rempah ini dan merasakan manfaat dari aroma dan hangatnya jahe ini.

Manfaat Jahe

Gambar Ilustrasi : Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Bahkan di salahsatu surat kabar di Australia mengelompokan jahe dalam 10 besar makanan penghancur lemak bersama ubi jalar, berry, alpukat, jeruk, dan juga kacang-kacangan. Jahe memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 20 persen. Sehingga dengan meningkatnya kinerja sistem metabolisme dalam tubuh maka proses pencernaan makanan dapat berlangsung dengan cepat sehingga lemak didalam tubuh tidak menumpuk. Kalori yang terdapat dalam jahe juga rendah, yaitu sekitar 1 kalori dari setiap gramnya sehingga tidak akan menaikan berat badan Anda. Selain itu dilansir dari Livestrong, Jahe juga memiliki manfaat bisa melebarkan pembuluh darah dan juga lebih cepat dalam membakar kalori dan menjadikannya panas tubuh dengan cara yang memiliki kemiripan dengan cabai, bawang putih, kayu manis, lada dan kari.

Khasiat dan Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Selain itu jahe memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya seperti yang dikumpulkan dari beberapa sumber dan sudah dirangkum oleh situs Harian Sehat. Dibawah ini beberapa manfaat dan khasiat jahe bagi kesehatan :

1.) Mengobati Sakit Perut
Apabila jahe dibuat sebagai minuman dan dicampurkan bersama teh maka bisa bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Sakit perut dapat diredakan oleh jahe ini, dikarenakan efek anelgesik yang terdapat didalam jahe, dan peran Teh yang akan menenangkan perut Anda. Selain bisa mengobati sakit perut, teh juga dapat membantu menyerap nutrisi.

2.) Menyehatkan Pencernaan
Penggunaan jahe pada berbagai masakan sebagai rempah-rempah selain memiliki tujuan untuk memberikan aroma dan rasa khas pada masakan tersebut juga memiliki manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Ternyata Jahe dapat menyehatkan pencernaan dengan membersihkan perut dari gas, membersihkan usus besar serta meningkatkan produksi cairan pada pencernaan.

Lainnya :

3.) Mengatasi Masalah Pernapasan
Campuran Teh dan Jahe atau teh jahe juga dipercaya dapat membantu dalam mengatasi masalah yang terjadi pada pernapasan misalnya pilek atau juga sesak napas. Kandungan rasa hangat dan juga khas yang ada didalam jahe dapat mengurangi terjadinya kontraksi yang terjadi pada saluran udara sehingga membuat Anda bisa bernapas dengan lebih mudah.

4.) Menghalau Dingin dan juga Batuk
Manfaat Jahe lainnya adalah dapat mencegah dari rasa dingin dan juga batuk. Jahe memiliki kandungan antitoksin yang dapat mencegah bahkan mengobati batuk dan hidung tersumbat, selain itu jahe juga dapat menghangatkan tubuh ketika dalam keadaan dingin.

5.) Mencegah Berbagai Kanker
Jahe atau ekstrak jahe juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan macam-macam sel kanker, diantarnya dapat mencegah dari sel kanker paru-paru, sel kanker usus besar, sel kanker payu**dara.

6.) Meredakan Migrain
Selain itu khasiat jahe lainnya yaitu dapat meredakan migrain, sebuah penelitian menyebutkan bahwa jahe dapat menghentikan zat yang bernama prostagladin, zat inilah yang menjadi faktor timbulnya migrain.

7.) Mengurangi Sakit Gigi
Manfaat Jahe selanjutnya yaitu dapat mengurangi nyeri yang diakibatkan karena sakit gigi, kandungan anti jamur dan juga anti bakteri yang terdapat didalam jahe dapat membantu dan juga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena sakit gigi.

8.) Menurunkan Kadar Kolesterol
Khasiat yang terdapat dalam jahe lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh Anda. Ini artinya bahwa jahe bisa menurunkan dari resiko terjadinya Penyakit Jantung dan juga pembekuan darah internal.

Diatas adalah beberapa Manfaat Jahe yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Selain manfaat dan khasiat jahe diatas sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya dari jahe ini, dengan banyaknya manfaat jahe ini Anda bisa mulai mengkonsumsi jahe ini dalam keseharian Anda baik itu dicampur dalam masakan ataupun dapat juga dijadikan minuman bernama wedang jahe, selain itu Anda juga bisa mencampurnya dengan teh. Dibandingkan dengan mengkonsumsi obat dengan campuran bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh lebih baik memanfaatkan berbagai obat tradisional dan alami seperti halnya jahe dan obat-obat dari herbal alami lainnya.

Manfaat Jahe

Bahan-bahan Herbal ini tentu saja masih tersedia dan mudah untuk didapatkan disekitar lingkungan kita, penggunaan bahan-bahan herbal ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat dan juga memiliki kegunaan bagi kesehatan tubuh. Seperti halnya manfaat dan khasiat jahe yang dapat memberikan berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh. Tentu saja dengan khasiat jahe yang berguna mengobati macam-macam penyakit ringan ini, Anda bisa menyiapkan jahe dirumah Anda sebagai salahsatu bahan yang digunakan ketika gangguan kesehatan menyerang Anda. Semoga artikel manfaat jahe ini bermanfaat, terimakash salam sehat.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :