Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENT

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh – Tentu saja setiap orang sudah banyak mengenal sirsak, terutama buah sirsak. Selain bagian buahnya yang terasa lembut dan berair ini ternyata bagian lain dari pohon sirsak seperti daun nya banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sirsak merupakan tumbuhan yang hidup di daerah tropis seperti wilayah Asia Tenggara, bentuk buahnya berwarna hijau dan memiliki duri, selain buahnya ternyata sirsak juga terkenal dengan khasiat daunnya yang dapat mengobati kanker. Bahkan menurut penelitian sirsak lebih efektif daripada kemoterapi. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Natural Product menemukan bahwa didalam sirsak terdapat salahsatu senyawa yang bisa membunuh sel kanker usus besar, dan lebih kuat daripada kemoterapi Adriamycin.

Khasiat Daun Sirsak

Gambar Ilustrasi Artikel : Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

Bagian-bagian dari pohon sirsak seperti kulit, biji, daun dan bagian lainnya telah digunakan sejak dahulu sebagai bagian dari pengobatan tradisional selain bermanfaat untuk kesehatan, sirsak juga memiliki khasiat untuk rambut dan juga kecantikan kulit.  Selain itu kemampuan hebat yang dimiliki sirsak untuk melawan kanker juga aman untuk tubuh dan efektif, salsahsatu senyawa yang ada didalam sirsak mempu melindungi sistem imunitas tubuh dan dapat mencegah dari infeksi yang mematikan pada tubuh. Berbeda dengan kemoterapi jika seseorang menggunakan sirsak sebagai terapi maka pasien dapat merasa semakin kuat dan sehat, sirsak juga dapat meningkatkan energi pada tubuh.

Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Dilansir dari Detik Health, Menurut salahsatu dokter yaitu dr Hardi Pranata, SPS selaku ketua umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI)menuturkan bahwa sirsak telah diteliti dan bisa mengobati kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, dan juga kanker buah dada.

Bagian yang digunakan dan bermanfaat untuk pengobatan kanker yaitu bagian daun, batang dan buah. Untuk buah sirsak cara pengolahannya bisa dibuat jus atau jika memanfaatkan daunnya bisa diolah dengan cara direbus kemudian daun hasil rebusan tersebut diminum. Bisanya dengan merebus daun sirsak 9 lembar atau dengan meminum jus buah sirsak ini akan meningkatkan nafsu makan dan juga dapat menghambat pertumbuhan selak-sel kanker yang ada didalam tubuh.

Beberapa khasiat sirsak untuk kesehatan tubuh, bahwa sirsak memiliki khasiat sebagai antioksidan karena didalam sirsak terdapat senyawa saponin, polifenol dan bioflavonoid. Sirsak pun memiliki perbedaan dibandingkan dengan bahan herbal lainnya dalam membunuh sel-sel kanker yakni sirsak tidak akan merusak sel-sel yang sehat dan hanya membunuh sel-sel yang lebih spesifik misalnya radikal bebas yang didalamnya ada sel-sel kankernya.

Khasiat Daun Sirsak dan Buahnya

Sirsak tidak hanya memiliki rasa yang enak namun juga bisa membantu dalam memelihara kesehatan tubuh, mencegah dan juga mengobati berbagai penyakit. Diantaranya bisa sebagai anti parasit, menurunkan tekanan darah, dapat mengatasi depresi, dapat meningkatakan kekebalan tubuh bisa juga bisa untuk asam urat dan radang sendi. Menurut vine-uk.com pada april 2013 memberikan beberapa manfaat ekstrak dari pohon sirsak diantaranya sebagai berikut :

1.) Melindungi sistem imun atau kekebalan dalam tubuh setiap orang yang mengkonsumsinya dan menghindari dari infeksi yang mematikan.
2.) Dapat meningkatkan energi yang ada dalam tubuh orang yang mengkonsumsinya.
3.) Dapat menyerang sel-sel kanker dengan efektif tanpa menggangu sel-sel yang sehat dan tidak menyebabkan mual yang begitu terasa, tidak menyebabkan kehilangan berat badan bahkan kerontokan pada rambut.
4.) Dapat membunuh berbagai sel-sel kanker termasuk 12 jenis kanker diantaranya kanker usus besar, prostat, pankreas dan kanker lainnya.
5.) Ketika menjalani pengobatan akan merasa lebih kuat dan sehat.

Khasiat Daun Sirsak dan juga bagian-bagian dari sirsak-sirsak lainnya telah digunakan sejak lama oleh suku Indian asli dari Amerika Selatan untuk mengobati berbagai penyakit termasuk diantaranya Penyakit Jantung, Sakit Asma, arthritis dan juga gangguan hati. Meskkipun belum digunakannya buah sirsak untuk terapi dalam mengatasi kanker namun tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi sirsak yang memiliki berbagai manfaat ini.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

Penggunaan sirsak ini telah terbukti dapat mencegah dan mengobati dari penyakit kanker utamanya yang masih terdeteksi dini, namun jika kondisinya lebih membahayakan lebih baik terapi medis dikombinasikan sehingga sel kanker dapat tuntas terbasmi. Namun Anda bisa mulai untuk konsumsi daun sirsak atau buah sirsak sejak sekarang untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker berbahaya dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sekian artikel tentang Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh semoga memberikan informasi dan pengetahuan bermanfaat tentang sirsak dan daunnya.


Lihat Juga :
Updated :