Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComManfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan – Buah-buahan dapat dengan mudah ditemukan dari mulai alam sekitar lingkungan, pasar tradisional bahkan sekarang banyak buah-buahan yang di bungkus dengan rapi dan dijual di supermarket. Selain buah-buahan mudah didapatkan di banyak pasar tradisional, toko buah-buahan dan tempat lainnya, tentu saja buah-buahan ini memiliki khasiat atau manfaat tersendiri yang baik untuk kesehatan bahkan dapat meredakan beberapa penyakit pada tubuh Anda. Kandungan nutrisi dalam buah-buahan memiliki nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan. Salahsatu buah yang dapat dengan mudah ditemukan diberbagai tempat adalah buah pisang.

Manfaat Buah Pisang

Banyak Orang yang percaya bahwa buah pisang dapat menjadikan tubuh selalu dalam keadaan bugar, selain itu Pisang juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Buah pisang yang biasanya memiliki kulit berwarna kuning ketika matang ini merupakan salahsatu buah yang hidup di daerah tropis, mudah didapat, harga murah dan telah banyak dikenal sebagai salahsatu jenis buah yang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan pisang juga bisa dijadikan salahsatu menu sarapan pagi, agar dapat berenergi dalam menjalankan aktivitas seharian.

Manfaat Buah Pisang - Khasiat Buah Pisang

Gambar Ilustrasi Artikel : Manfaat dan Khasiat Buah Pisang bagi Kesehatan

Buah Pisang merupakan salahsatu buah yang banyak memiliki kandungan serat, zat besi, zink dan juga potasium. Selain itu pisang juga mengandung vitamin A, B, C dan vitamin E. Buah Pisang memiliki berbagai macam jenis, namun meskipun banyak jenisnya kandungan nutrisi pada setiap pisang hampir sama baiknya bagi kesehatan. Dalam sebuah pisang memiliki vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat dan Khasiat Buah Pisang bagi Kesehatan

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan yang kami kutip dari berbagai sumber :

1.) Sumber Energi
Buah pisang mengandung beberapa jenis gula alami, diantaranya fruktosa, glukosa dan juga sukrosa. Kandungan gula alami yang terdapat dalam buah pisang ini mampu dengan cepat diubah menjadi energi dalam tubuh. Tak heran banyak diantara atlet ketika istirahat dalam sebuah pertandingan mengkonsumsi pisang karena pisang dapat dengan cepat menambah energi dalam tubuh.

2.) Mood Booster
Dalam waktu-waktu tertentu mungkin suasana hati dan juga pikiran Anda sedang kacau, depresi atau insomnia, Pisang juga bisa menjadi mood booster. Kandungan vitamin B6 didalam buah pisang atau triftopan sangat memiliki peran penting dalam pembentukan hormon serotonin yang mampu mangatur suasana hati dan juga dapat menenangkan Otan Anda.

3.) Luka Lambung
Manfaat Pisang Lainnya yaitu dapat menenangkan perut dan juga meredakan rasa perih pada bagian perut ini dikarenakan pisang memiliki kandungan efek anti-asam. Selain itu luka yang memiliki bentuk oval atau bulat yang terjadi pada lambung atau ada yang menyebutnya dengan ulkus juga dapat dilawan dengan pisang sehingga keasamaan pada lambung dan juga iritasi yang terjadi pada bagian lambung dapat dikurangi.

4.) Sistem Saraf Sehat
Selain khasiat untuk pencernaan, karena kandungan potasium dan juga kalium pada pisang dipercaya dapat mencegah stroke. Ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menunjukan bahwa mengkonsumsi pisang dengan teratur dapat mengurangi setidaknya 40% dari resiko kematian yang diakibatkan oleh stroke.

5.) Baik untuk Darah
Kandungan vitamin B6 dalam buah pisang juga baik untuk darah, pisang kaya vitamin B6 yang memiliki peran yang cukup penting dalam hal produksi antibodi dan juga hemoglobin didalam darah sehingga dengan mengkonsumsi pisang dapat menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap dalam keadaan stabil.

6.) Menjaga Kesehatan Usus
Buah Pisang memiliki serat dengan rata-rata sekitar 2,5 gr yang sebagian besar merupakan serat larut, ketika mengkonsumsi pisang kemudian serat ini dapat membantu menghilangkan sesuatu yang mungkin buruk yang ada dalam pencernaan kemudian mengeluarkannya. Sehingga sistem pencernaan termasuk usus Anda tetap dalam keadaan yang sehat.

7.) Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat Buah Pisang selanjutnya yaitu dapat menyehatkan mata, tak hanya wortel yang mengandung vitamin A, Buah pisang juga memiliki vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata Anda. Setidaknya didalam pisang mengandung 10 mikrogram vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata dan penglihatan Anda.

8.) Mengontrol Fungsi Jantung
Pisang memiliki kandungan potasium yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan juga elektrisitas yang terjadi pada aliran darah didalam tubuh manusia. Potasium yang terdapat dalam pisang dapat terserap pada aliran darah kemudaian mengalir pada bagian-bagian tubuh lain sehingga dengan keseimbangan cairan dan elektrisitas pada aliran darah ini dapat menjaga jantung Anda tetap sehat. Bila seseorang kekurangan potasium bisa mengakibatkan detak jantung yang tidak beraturan dan tentu saja membahayakan bagi kesehatan tubuh.

9.) Pisang Mudah Dicerna
Buah Pisang sangat mudah untuk dicerna. Saat Anda mengalami gangguan pencernaan atau menderita penyakit tertentu, pisang sangat pas menjadi sumber nutrisi yang membuat pencernaan tidak bekerja terlalu keras untuk mencerna. Bahkan bayi pun sudah diperkenalkan dengan pisang karena alasan mudah dicerna dan memiliki banyak nutrisi.

Diatas merupakan beberapa Manfaat Pisang yang berguna untuk memenuhi nutrisi pada tubuh Anda. Manfaat atau Khasiat Pisang diatas mungkin hanya sebagain kecil dari banyak manfaat buah pisang ini. Mengingat banyak nutrisi yang terdapat dalam pisang, Anda bisa menjadikan buah pisang sebagai salahsatu makanan wajib Anda setiap harinya.

Manfaat dan Khasiat Buah Pisang

Selain itu pisang mudah untuk dinikmati dan dijadikan berbagai macam aneka olahan makanan. Selain bisa dimakan secara langsung, pisang juga bisa dibuat menjadi jus, puding, smoothie dan juga dijadikan berbagai makanan penutup lain. Ternyata selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, pisang juga bisa dijadikan aneka makanan yang lezat. Pisang hanya salahsatu dari banyak buah-buahan lainnya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, Anda bisa membaca informasi lainnya seputar manfaat dan khasiat buah-buahan seperti : Manfaat Kulit Buah Manggis,  Manfaat Buah Naga dan berbagai buah dan tanaman lainnya yang memiliki banyak manfaat lainnya di situs hariansehat.com


Lihat Juga :
Updated :