Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan – Penggunaan bahan-bahan alami atau tradisional seperti bawang putih banyak dipilih karena selain alami dan belum tercampur dengan berbagai bahan kimia berbahaya, bawang putih juga memiliki banyak manfaat dam kegunaan termasuk diantarnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai penyakit dapat dicegah dan diobati dengan memanfaatkan bawang putih ini. Bawang putih diketahui dapat meningkatkan enzim antioksidan yang berada didalam tubuh seseorang sehingga dapat melindungi keadaan tubuh dari berbagai serangan radikal bebas. Seperti yang dilansir dari Times of India, bahwa didalam bawang putih terkandung lebih dari 100 bahan kimia biologis yang memiliki banyak manfaat. Selain anti-oksidan bawang putih juga mengandung anti-virus, anti-bakteri dan juga anti-jamur.

Khasiat Bawang Putih

Bawang Putih di kalangan masyarakat sudah banyak yang mengenalnya, bahkan untuk mendapatkan bawang putih sangatlah mudah karena banyak terdapat dipasar-pasar tradisional ataupun di pasar-pasar swalayan. Biasanya bawang putih ini digunakan sebagai  bumbu dalam memasak oleh masyarakat Indonesia. Ada beberapa orang diantarnya tidak menyukai aroma dari bawang putih mungkin karena aroma yang terendus oleh hidung terlalu kuat atau bahkan ada yang alergi, namun tentu saja sangat disayangkan karena bawang putih banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih

Gambar Ilustrasi Artikel : Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Putih bisa didapatkan tidak hanya dengan cara dimasak atau direbus saja, bahkan bawang putih dapat dibuat menjadi jus segar. Sleain itu agar mendapatkan manfaat maksimal dari bawang putih bisa dengan mengkonsumsinya setiap hari satu siung, namun selemu ini konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu dengan dokter jika akan mengkonaumsinya dalam jangka panjang, karena jika dikonsumsi berlebihanpun tidak lah baik bagi tubuh, sehingga manfaatnya tidak dapat dirasakan.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Dibawah ini hariansehat.com memberikan rangukuman dari berbagai sumber tentang beberapa manfaat bawang putih yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh :

1.) Dapat Mencegah Alzheimer
Bawang putih dapat mencegah seseorang dari penyakit Alzheimer dan juga demensia karena kandungan anti-oksidan dalam bawang putih yang berguna melindungi dari rusaknya sel-sel dalam tubuh dan juga penuaan pada seseorang. Dengan bawang putih resiko terkena alzheimer, demensia dan juga penyakit yang menyerang otak lainnya dapat diturunkan.

2.) Dapat Memperpanjang Usia
Meskipun terasa tidak mungkin namun dengan kenyataanya bahwa bawang putih memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh seperti dapat menurunkan tekanan darah memungkinkan dapat memperpanjang usia pada seseorang. Infeksi dan penyakit kronis lainnya juga dapat dicegah dengan memanfaatkan bawang putih, sehingga dapat memperpanjang usia seseorang.

Lainnya :

3.) Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Kekuatan dan kebugaran tubuh pada seseorang ternyata dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi bawang putih dalam beberapa waktu tertentu. Selain itu bisa menghilangkan rasa lelah sehingga tubuh dapat melakukan aktivitas dengan optimal.

4.) Mencegah dari Keracunan Logam Berat
Kadang-kadang logam berat terbawa masuk kedalam tubuh dan mengumpul sehingga dapat menimbulkan kerusakan dan menimbulkan racun logam berat dalam tubuh, ternyata bawang putih bisa melindungi dari hal tersebut.

5.) Mengandung Anti-Virus dan Anti-Jamur
Jamur jenis candida albicans biasanya ada didalam daerah-daerah tertentu didalam tubuh seperti pada bagian mulut, kerongkongan, bagian usus dan saluran genital, apabila tidak dicegah jamur ini akan mengakbiatkan beberapa infersi pada daerah-daerah tersebut seperi sakit pencernaa, sakit tenggorokan atau mual. Bawang Putih mengandung Allicin sehingga dapat mencegah pertumbuhan pada jamur tersebut dan tidak terjaid infeksi.

6.) Mengurangi Reiko Serangan Jantung dan Kanker
Resiko terkena serangan Jantung dapat dikurangi dengan bawang putih karena sebuah penelitian telah menunjukan bahwa sel-sel didalam darah yang membeku bisa menjadi lebih encer. Selain serangan jantung, pertumbuhan kanker atau tumor didalam tubuh juga dapat dicegah dengan bawang putih karena bawang putih mengandung belerang.

7.) Menurunkan Kolesterol
Meskipun hanya dalam jangka yang pendek, Khasiat Bawang Putih salahsatunya dapat menurunkan Kolesterol dengan mengkonsumsinya secara wajar. Selain daripada itu karena kandungan anti-oksidan yang terkandung didalamnya dan cukup kuat bawang putih dapat mencegah adanya kerusakan radikal pada lapisan arteri.

8.) Mengatur Kadar Gula Darah Tubuh
Insulin dalam tubuh dapat meningkat dengan bawang putih dan juga bermanfaat agar gula darah didalam tubuh tidak berlebihan dan juga dapat diatur.

9.) Mengobati dari Flu
Khasiat Bawang Putih selanjutnya yaitu dapat meredakan flu, Campuran bawang putih dalam makanan ternyata bisa mengobati flu. Misalnya saja dicampurkan kedalam sup hangat, uap dari sup ini dapat mencairkan lendiri yang berada didalam hindung, biasanya orang-orang mencampur bawang putih menjadi bumbu dalam sebuah makanan.

Manfaat Bawang Putih diatas tentu saja hanya sebagian kecil dari manfaat lainnya yang masih banyak dan tersembunyi. Penggunaan bawang putih juga haruslah bijak dan tidak berlebihan apalagi jika Anda dalam keadaan mengidap penyakit tertentu. Mengkonsumsi sesuatu haruslah dalam batas wajar dan bila perlu konsultasikan keadaan Anda kepada dokter. Untuk pencegahan penyakit agar tubuh tetap sehat konsumsi bawang putih dengan wajar bisa dengan mencampurnya kedalam masakan ataupun dengan direbus, namun disarankan agar tidak terlalu lama ketika dalam proses pemasakannya karena kandungan nutrisinya tentu saja akan berkurang.

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Untuk artikel lainnya selain Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan masih banyak artikel lain tentang berbagai khasiat berbagai tumbuhan dan sumber alami lainnya. Anda bisa membacanya di situs hariansehat.com yang memberikan informasi seputar kesehatan setiap harinya. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda, jangan lupa berolahraga.. salam sehat..

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :