Berbagai Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Mengkudu atau biasa disebut dengan nama noni. Buah ini sudah terkenal sejak ribuan tahun sebagai obat berbagai macam masalah penyakit, juga untuk bantuan dalam masalah kecantikan, terkhusus kulit. Mengkudu adalah buah dari tanaman yang berbentuk seperti cemara kecil. Biasanya tanaman ini ditemukan di daerah tropis dan subtropis global.

Manfaat Mengkudu untuk kesehatan rambut, menghilangkan ketombe

Gambar/Ilustrasi

Dari sisi manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, penelitian mengenai hal ini terus dikembangkan dan menuai banyak hasil. Hal tersebut dikarenakan buah mengkudu hadir dengan berbagai macam kandungan nutrisi. Mengkudu diteliti memiliki kandungan vitamin yang beragam, semisal vitamin B-kompleks, mulai dari niacin, tiamin, riboflovin, dan asam pantotenat. Ada juga vitamin B6, B12, folat, vitamin C, hingga vitamin E atau alpha tokoferol.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Mengkudu juga memiliki kandungan mineral yang tinggi, mulai dari magnesium, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Hal tersebut membuat mngkudu atau noni menjadi salah satu buah dengan tingkat antioksidan yang tinggi dan membuatnya baik untuk kesehatan. Agar lebih membuat Anda tertarik dengan buah ini, Anda bisa mempelajari apa saja sekiranya manfaat buah mengkudu untuk kesehatan pada pembahasan di bawah ini.

1. Meringankan asam urat
Mengkudu memiliki sifat yang efeknya adalah terapeutik. Efek inilah yang dipercaya dapat menyembuhkan asam urat. Mengkudu mengobati asam urat dengan menghambat enzim oksidase xanthine yang terkait dengan asam urat.

2. Baik untuk jantung
Buah Mengkudu juga dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan jantung. Senyawa pada mengkudu disinyalir dapat membantu melebarkan pembuluh darah, dengan cara menenangkan sel-sel otot polos pada dinding-dinding sel. Hal tersebut membuat arus darah pada arteri dapat berjalan lebih baik.

Mengkudu juga memberikan efek vasodilatasi, yang membuat tekanan darah dapat bekerja lebih teratur, termasuk juga membantu menjaga kesehatan organ jantung. Dalam penelitian lainnya disebutkan bila kandungan lipid pada mengkudu memiliki manfaat penting dalam pemeliharaan kesehatan jantung. Senyawa tersebut kemungkinan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), juga mengatasi homocysteine dan kadar kolesterol total. Buah ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Sebagai agen anti-kanker
Baik secara tradisional maupun modern mengkudu dipercaya dapat membantu mengatasi kanker. Berbagai penelitian laboratorium serta klinis menyebutkan bahwa sifat kemopreventif pada buah mengkudu membuatnya dapat mencegah berbagai macam jenis kanker, seperti kanker hati, paru-paru, dan ginjal. Hal ini kemungkinan karena kemampuan senyawa antioksidan pada mengkudu yang dapat membantu memblokir karsinogen. Selain itu, mengkudu juga dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan tumor pada kelenjar susu.

4. Melawan radikal bebas
Sifat anti-oksidatif yang luar biasa pada mengkudu membuat buah ini menjadi senjata yang baik dalam melawan radikal bebas dan menetralisir efek negatif dari radikal bebas itu sendiri. Bahkan menurut penelitian, efek antioksidan pada mengkudu ini cocok untuk mengatasi masalah-masalah radikal bebas pada tubuh akibat kecanduan merokok.

5. Baik untuk otot
Konsumsi buah mengkudu atau noni juga dapat memberikan efek relaksasi pada otot tubuh. Menurut penelitian disebutkan bila buah mengkudu memiliki sifat antispasmodic, yang memungkinkan buah ini untuk membantu menekan otot kejang, sekaligus menenangkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

6. Manajemen energi
Secara tradisional, orang Polinedia banyak menggunakan buah mengkudu untuk mengatasi masalah kelemahan atau kelelahan yang umum terjadi. Berbagai penelitian klinis juga menunjukan bahwa mengkudu mengandung ergogenic berkualitas yang dapat meningkatkan toleransi, elastisitas, serta kinerja fisik pada tubuh secara keseluruhan.

7. Melindungi hati
Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan selanjutnya berhubungan dengan organ hati. Mengkudu hadir dengan efek pelindung hepato, yang dipercaya dapat membantu melindungi organ hati dari eksposur bahan kimia eksogen kronis. Ini membuat mengkudu cocok untuk membantu mengatasi masalah-masalah utama, semisal kerusakan hati.

8. Mengobati masalah sistem saraf pusat
Percaya atau tidak, mengkudu memiliki sifat anti-psikotik yang membuatnya dapat menjadi obat berbagai macam masalah atau gangguan terkait dengan sistem saraf pusat. Anti-psikotik membuat buah ini berpotensi besar menjadi obat yang efektif untuk gangguan kejiwaan.

Selain itu, mengkudu juga bisa menjadi bahan makanan yang memiliki efek terapi bagi pasien penderita kerusakan otak, dengan kemampuan penyembuhan dari komponen kimia yang alami. Mengkudu juga dipercaya dapat mencegah stres iskemik pada otak tanpa mempengaruhi kemanjuran dari enzim dan antioksidan pada tubuh.

9. Menyembuhkan masalah arthritis
Sifat penyembuh pada buah dengan rasa yang unik ini juga memberikan khasiat yang baik bagi berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh peradangan, termasuk juga arthritis. Menurut penelitian ilmiah, buah mengkudu memiliki sifat analgesik, yang membuatnya dapat mengurangi rasa nyeri, juga sensitivitas.

Mengkudu juga dipercaya dapat mengurangi kerusakan pada sendi akibat arthritis. Penelitian lainnya membuktikan bila buah mengkudu memiliki khasiat memperbaiki setara dengan beberapa obat analgesik yang terkenal dan tersedia secara komersial.

10. Mencegah diabetes
Bagi Anda atau anggota keluarga yang terserang diabetes, maka cobalah jadikan mengkudu sebagai salah satu buah untuk dikonsumsi. Menurut penelitian disebutkan bila buah ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Penelitian ilmiah lainnya menyebutkan bila buah mengkudu dapat membantu dalam mengurangi tingkat hemoglobin glikosilasi, trigliserida, dan mengurangi kolesterol lipoprotein dalam tubuh. Mengkudu juga bahkan dapat meningkatkan sensitivitas insulis, sekaligus merangsang penyerapan glukosa.

11. Menyehatkan organ kulit
Sedang bingung mencari buah apa yang baik untuk menyehatkan, memperindah, dan merawat kulit? Jika iya, maka mengkudu adalah salah satu pilihan yang bisa Anda coba. Buah mengkudu memiliki kandungan kimia pelindung bernama antrakuinon yang dipercaya dapat merangsang kolagen, sekaligus mencegah pembentukan kerutan pada permukaan kulit.

Mengkudu juga hadir dengan berbagai sifat baik, seperti anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat mengatasi berbagai macam gangguan kulit, mulai dari jerawat, luka bakar, gatal-gatal holistik, hingga reaksi alergi.

Mengkudu juga menghadirkan asam lemak esensial dan konsentrasi tinggi proxeronine, komponen biokimia yang merupakan prekusor xeronine alkolid. Fungsinya adalah meningkatkan efisiensi membran sel dalam membuat sel-sel abnormal menjadi normal dan mengembalikan kulit menjadi lebih sehat serta muda.

12. Meningkatkan fungsi memori
Buah mengkudu juga dipercaya baik untuk meningkatkan fungsi memori yang lemah dan masalah-masalah yang berkaitan dengan gangguan memori. Buah mengkudu dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke otak, hal tersebut yang membuat buah ini dapat meningkatkan fungsi dari otak secara keseluruhan.

13. Sebagai sedatif
Manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan dari buah mengkudu adalah sifat sedatif atau anti depresan. Kandungan seratonin dan melatonin pada mengkudu membuatnya memiliki sifat tersebut. Seratonin dipercaya dapat mempengaruhi suasana hati, emosi, dan siklus tidur manusia. Bahkan, tidak seimbangnya kadar seratonin dapat membuat depresi. Sedangkan melatonin dipercaya dapat mengatur ritme srikandi, sehingga tidur dapat lebih berkualitas.

14. Menghitamkan rambut secara alami
Manfaat mengkudu selanjutnya yaitu dapat menghitamkan rambut. Dengan memanfaatkan mengkudu maka rambut bisa menjadi lebih hitam, caranya juga cukup mudah yakni dengan memanfaatkan air perasan buah mengkudu yang sudah matang kemudian usapkan pada bagian rambut, diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

15. Menghilangkan ketombe
Masalah sel kulit mati pada kulit kepala atau biasa disebut dengan ketembo bisa menjadi masalah yang cukup menggangu. Namun ada cara tradisional untuk mengatasi masalah ketombe yaitu dengan menggunakan mengkudu yang sudah matang. Caranya yaitu dengan memarut mengkudu dan tambahkan air lalu aduk rata, setelah itu oleskan pada kulit kepala dan pijat dengan perlahan. Lakukan sekitar tiga kali seminggu hingga gatal dan ketombe menghilang.

Baca juga : Manfaat Madu

Dapat disimpulkan bahwa buah mengkudu memiliki khasiat yang sudah dipercaya sejak turun temurun dan terus beralanjut hingga kini dengan bukti-bukti penelitian atau studi ilmiah. Oleh sebab itu, tidak salah bagi Anda yang ingin merasakan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan mengonsumsinya secara teratur.


Lihat Juga :
Updated :