10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Delima akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan banyak orang Indonesia. Selain lezat, buah ini juga dipercaya sangat menyehatkan. Delima diteliti memiliki berbagai macam sifat baik, seperti antioksidan, antitumor, hingga antivirus.

Manfaat buah delima

Gambar Ilustrasi Buah Delima

Buah Delima juga diteliti kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan juga asam folat. Kadar antioksidan pada delima bahkan dipercaya tiga kali lebih besar daripada teh hijau dan anggur.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Untuk lebih membuat Anda menyukai buah berwarna merah ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan pada pembahasan berikut.

1. Melawan kanker
Buah delima mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan dengan kadar yang tinggi. Menurut penelitian, flavonoid dipercaya dapat menangkal berbagai macam radikal bebas penyebab kanker. Oleh sebab itu, direkomendasikan bagi orang-orang yang memiliki risiko kanker prostat dan payudara yang tinggi untuk mengonsumsi jus dari buah delima ini. Dengan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mengurangi kadar PSA di dalam tubuh, sekaligus membantu memerangi sel kanker.

2. Menurunkan tingkat stres
Selain dapat mengatasi stres oksidatif internal tubuh, buah delima juga dapat mengatasi stres dalam ranah psikologis. Menurut studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University, orang yang mengonsumsi jus delima memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah. Kortisol sendiri merupakan hormon yang lepas ketika stres.

3. Baik Mencegah Diabetes
Bila Anda atau saudara memiliki masalah dengan diabetes, maka jus buah delima adalah sarapan lezat yang bisa Anda pilih. Mengonsumsi buah delima dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Bahkan, dengannya ada pengurangan dalam pengerasan pembuluh darah, sehingga juga bisa dijadikan solusi dalam mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit jantung. Delima dapat dijadikan pengganti gula, karena rasa dan aromanya yang lebih alami.

4. Mengatasi masalah perut
Manfaat buah delima untuk kesehatan selanjutnya berhubungan dengan organ pencernaan. Delima dipercaya dapat membantu menenangkan gangguan lambung dan diare. Selain itu, mengonsumsi bagian buah dan daunnya dipercaya bisa menyembuhkan masalah-masalah pencernaan, termasuk kolera dan disentri.

5. Baik untuk jantung
Nutrisi pada buah delima dipercaya bisa menjaga aliran darah tetap berfungsi dengan baik. Hal tersebut secara tidak langsung membuat buah ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Seperti disebutkan sebelumnya, buah delima kaya akan antioksidan. Hal tersebutlah yang membuat buah ini juga dapat dijadikan camilan yang baik untuk mencegah peningkatan kolesterol jahat. Dengannya berarti membuat buah ini juga bisa membantu menjaga kesehatan arteri dari penggumpalan darah.

6. Mengatasi anemia
Anda yang sedang mengalami anemia bisa mengolah dan mengonsumsi buah delima dalam bentuk apapun. Kandungan zat besi yang tinggi pada buah ini membuatnya dapat membantu penderita anemia dari gejala-gejala yang mungkin muncul, seperti pusing, kelelahan, lemah, dan selainnya.

7. Membantu mengatasi osteoarthritis
Manfaat buah delima untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi osteoarthritis, juga aterosklerosis. Masalah kerusakan yang disebabkan karena pengerasan dan penebalan dinding arteri, tulang rawan, serta sendi juga dapat disembuhkan dengan mengonsumsi buah lezat ini. Bakan, delima dipercaya dapat mencegah terjadinya pembentukan enzim yang bertanggung jawab dalam peniadaan, pemogokan, atau pengurangan jaringan ikat dalam tubuh

8. Meningkatkan libido
Secara tradisional buah delima dipercaya merupakan simbol dari kesuburan. Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Queen Margaret University, disebutkan bila jus buah delima dapat meningkatkan kadar testosteron, baik pada pria maupun wanita. Studi juga menunjukkan bila buah delima mengandung senyawa yang mirip dengan steroid sistem reproduksi. Itu mengapa, konsumsi buah delima dapat meningkatkan stamina dan kenginginan untuk berhubungan.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh
Sifat anti-inflamasi yang tinggi pada buah delima membuatnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mengusir masalah yang berhubungan dengan imunitas, semisal theumatoid arthritis. Delima juga seperti disebutkan sebelumnya kaya akan vitamin C, yang kita ketahui bersama memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan produksi antibodi, sekaligus perkembangan kekebalan tubuh. Dengan mempertahankan imunitas tubuh, itu berarti penyakit-penyakit umum dan infeksi dapat dicegah.

10. Baik untuk merawat gigi
Seperti disebutkan di awal, buah delima kaya akan sifat-sifat yang baik. Di antaranya yang sangat diperlukan oleh manusia adalah sifat antibakteri dan antivirus. Kedua sifat dari buah delima ini cocok untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan berkenaan dengan gigi. Buah delima bahkan dapat membantu mengurangi plak pada gigi, sekaligus melindungi gigi dari serangan berbagai macam penyakit mulut. (Baca juga : Cara Menghilangkan Plak Gigi)

Manfaat Buah Delima Lainnya

Setelah menyimak manfaat buah delima untuk kesehatan di atas, tentunya kita akan lebih mengerti bahwa buah ini benar-benar cocok untuk dikonsumsi. Namun begitu, khasiat-khasiat di atas sebenarnya merupakan sebagian kecil dari manfaat yang Anda bisa dapatkan setelah mengonsumsi buah ini. Masih ada banyak lagi manfaat kesehatan dari buah delima yang bisa Anda rasakan.

Contohnya saja konsumsi buah delima dapat membantu calon ibu untuk terhindari dari memiliki bayi prematur. Selain itu, buah delima juga dipercaya dapat mengurangi risiko bayi terlahir dengan berat badan yang rendah.

Delima juga baik bagi mereka yang sudah dewasa dan berusia lanjut. Karena dengan mengonsumsi buah delima dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit Alzheimer. Bahkan, buah delima juga dapat mengurangi dampak penuaan dini, semisal keriput. Itu berarti, buah ini juga baik untuk kulit, misalnya saja dapat membuat kulit lebih bersinar dan tampak lebih muda.

Manfaat buah delima untuk kesehatan selanjutnya adalah kemampuan untuk membantu para wanita dalam mengatasi gejala depresi saat menstruasi, juga pasca-menopause. Jadi, jangan segan untuk mengajak ibu atau nenek Anda mengonsumsi buah ini.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh The Journal of Urology, disebutkan bila jus buah delima juga bisa sangat membantu dalam proses penyembuhan penyakit berkenaan dengan disfungsi ereksi. Itu berarti, baik laki-laki maupun wanita bisa mendapatkan manfaat buah delima untuk kesehatan organ intim.

Delima juga dikenal dapat menyembuhkan berbagai macam masalah yang berhubungan dengan sirkulasi darah. Anda juga dapat menggunakan buah delima untuk mengatasi ganguan terhadap lambung.

Secara tradisional buah delima digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan. Juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition, disebutkan bila buah delima kaya akan antioksidan, yang dengannya dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Jadi, jangan ragu bagi Anda penderita kolesterol tinggi untuk menjadikan buah delima sebagai pencuci mulut sehari-hari.

Sirup buah delima juga dipercaya bisa membantu mengobati kerusakan tulang rawan, juga melindungi bayi dari kerusakan otak selama proses melahirkan. Itu mengapa, buah ini sudah diguanakan sebagai obat sejak zaman kuno.

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun & Manfaat Wortel

Anda bisa mendapatkan manfaat buah delima untuk kesehatan dengan sempurna bila dikonsumsi secara rutin. Bisa juga dengan melakukan mix dengan buah lainnya. Jadi Anda bisa mengonsumsi buah ini pada hari tertentu dan mengonsumsi buah lain pada hari selanjutnya. Anda bisa mengolah buah delima menjadi jus, menambahkan biji-bijian, pasta, dan lain sebagainya.


Lihat Juga :
Updated :