Manfaat Baik Terapi Bekam untuk Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Baik Terapi Bekam untuk Kesehatan Tubuh, Bekam merupakan pengobatan tradisional yang sudah hadir sejak zaman dahulu kala. Sebelum masuk ke Indonesia, bekam sudah hadir di jaman Nabi Muhammad dan diberi nama al-hijamah dengan metodenya yang menggunakan tanduk sapi, tanduk kerbau, tulang unta ataupun gading gajah. Semakin berkembang, terapi bekam hadir dan terkenal di China kuno dengan nama yang sama pada abad ke-18. Meskipun tidak ada catatan resmi kapan bekam masuk ke Indonesia, namun para ahli sejarah menduga kuat bahwa pengobatan alternatif ini hadir dan dibawa oleh para pedagang arab dan gujarat bersamaan dengan penyebaran agama Islam.

Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan Tubuh

Teknik bekam sendiri hadir dalam bentuk yang variatif. Namun yang umum di Indonesia, bekam menggunakan setidaknya 8 hingga 12 gelas sepanjang daerah punggung dengan pembagian dua baris. Nantinya gelas-gelas tersebut diletakkan di titik-titik akupuntur dan didiamkan selama kurang lebih 20 menit. Secara teori, gelas tersebut nantinya akan menarik stagnan yang ada di dalam tubuh. Selain itu, dalam berbagai variasinya, ada ahli bekam yang memijat terlebih dahulu area yang akan diobati menggunakan minyak pijat.

Manfaat Terapi Bekam untuk Kesehatan Tubuh

Gambar Ilustrasi

Terapi Bekam biasanya dilakukan melalui proses yang tidak singkat. Butuh waktu-waktu tertentu agar teknik ini bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Diantaranya yang sebagian orang lakukan adalah menggunakan siklus waktu terbaik. Misalnya saja Siklus 3 jam sesudah makan, siklus harian antara jam 8 hingga jam 10 atau jam 1 hingga jam 3, siklus mingguan, yaitu hari senin, selasa dan kamis, siklus bulanan, yaitu tanggal 17, 19 dan 21 serta siklus tahunan, yaitu pada bulan sya’ban. Namun begitu, siklus-siklus tersebut tidak memiliki sumber yang jelas. Oleh sebabnya, kebanyakan ahli bekam tidak terlalu memikirkan hal tersebut.

Kelebihan Dan Manfaat Terapi Bekam

Terapi bekam bermanfaat untuk mengatasi stagnasi darah. Selain itu, bekam juga baik untuk Mereka yang mengalami penyakit batuk, kongetis, sesak pada dada serta nyeri muskuloskeletal. Selain itu, bekam juga berguna untuk penyegaran dan relaksasi.

The British Cupping Society menyebutkan bahwa terapi bekam berguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Meskipun belum dilakukan penelitian secara intensif, namun organisasi tersebut sudah melakukan terapi ini untuk banyak jenis penyakit, diantaranya adalah:

Lainnya :

1.) Kelainan darah, misalnya hemofilia dan penyakit anemia
2.) Rematik, misalnya fibromyalgia dan arthritis
3.) Gangguan ginekologi dan kesuburan
4.) Migrain
5.) Depresi serta kecemasan
6.) Masalah pada kulit, misalnya jerawat dan eksim
7.) Hipertensi atau tekanan darah tinggi
8.) Pembuluh mekar
9.) Masalah pada bronkial, misalnya asma dan alergi

Selain itu, orang-orang yang mendukung pernyataan tersebut juga percaya bahwa terapi bekam dapat mengurangi rasa sakit serta terjadinya peradangan pada seluruh bagian tubuh. Bahkan, terapi bekam juga mampu memberikan relaksasi pada mental, fisik serta kesejahteraan.

Kekurangan Terapi Bekam

Meskipun memiliki banyak dampak yang baik, bekam juga tidak lepas dari kekurangan. Tentu kekurangan yang paling utama dan jelas adalah munculnya memar melingkar pada daerah yang dibekam. Memar tersebut terkadang menyengat dan rasanya seperti terkena terpaan sinar matahari.

Selain itu, ahli kesehatan juga mengatakan bahwa ada beberapa potensi ketidaknyamanan yang muncul selepas melakukan terapi bekam. Diantaranya yang paling umum adalah munculnya luka bakar, ketidaknyamanan ringan, infeksi pada kulit dan memar. Namun semua itu bisa dihindari jika orang yang melakukan terapi tradisional ini merupakan seorang profesional.

Terapi bekam juga memiliki kekurangan lainnya. Dimana menurut British Cupping Society disebutkan bahwa ada beberapa kelompok yang sebaiknya tidak melakukan bekam. Diantaranya adalah wanita yang sedang menstruasi, sedang hamil, Mereka yang terkena kanker metastatik dan Mereka yang sedang mengalami patah tulang ataupun spasme pada otot.

Kesimpulan
Setelah melihat manfaat terapi bekam bagi kesehatan diatas. Tentunya Pembaca bisa menyimpulkan bahwa terapi tradisional ini lebih banyak kebaikannya dibandingkan kekurangan yang dihasilkan. Namun begitu, penggunaan secara berlebihan tidak dianjurkan. Terlebih jika tubuh tidak kuat menerima ruam-ruam yang muncul setelah terapi dilakukan.

Baca juga : Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, menurut American Cancer Society disebutkan bahwa penggunaan terapi bekam tidak mengapa, namun jika dipakai dan membuat orang-orang mengabaikan pengobatan konvensional, tentunya akan muncul konsekuensi yang memprihatinkan. Oleh sebab itu, gunakanlah terapi ini secara bijak.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :