Makanan yang Membuat Tubuh Tetap Awet Muda

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Makanan yang Membuat Tubuh Tetap Awet Muda, Banyak orang yang tentunya menginginkan wajah dan tubuhnya tampak awet muda, baik pria maupun wanita dan ahli nutrisi mengemukakan pendapat bahwa makanan yang dikonsumsi oleh seseorang menjadi faktor penting yang membuat seseorang terlihat awet muda.

Hal ini dikemukakan oleh Michele Promaulayko yang merupakan penulis dari buku yang berjudul 20 Pounds Younger. Menurut dia, seseorang yang ingin menjaga kesehatannya harus dilakukan secara rutin. Termasuk diantaranya mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh.

Makanan yang Membantu Tubuh Tetap Awet Muda

Gambar Ilustrasi

Makanan Sehat yang Membuat Tubuh Tetap Awet Muda

Dibawah ini merupakan makanan yang bisa membantu tubuh Anda agar tetap terlihat awet muda, yang kami rangkum dari berbagai sumber, simak selengkapnya dibawah ini :

1.) Sirup Maple
Sirup maple merupakan sirup yang memiliki warna cokelat keemasan dan memiliki rasa yang manis alami. Sirup maple memiliki kandungan antioksidan, zinc, vitamin dan juga mineral yang mampu menambah sistem imun tubuh sehingga menjadi lebih baik. Sirup ini akan lebih enak dikonsumsi dengan yoghurt, pancake atau bisa juga dengan roti panggang.

2.) Mentimun
Mata yang lelah bisa disejukan dengan menggunakan irisan mentimun. Selain itu, menurut study dari Salk Institute for Biological Studies, mentimun memiliki kandungan fisetin, flavonols yang dapat mencegah terjadinya kasus menyusutnya memori dan juga bisa mencegah dari resiko penyakit Alzheimer. kandungan silica yang terdapat pada kulit mentimun bisa menjaga kelenturan kulit dan juga bisa memperbaiko sel-sel pada kulit dan tulang. Anda bisa mengkonsumi mentimun yang digunakan sebagai salad, jus atau lalapan. Tergantung selera Anda.

3.) Minyak Kelapa
International Journal of Dermatology menyebutkan bahwa menggunakan minyak kelapa yang murni dan digunakan selama tujuh minggu bisa mampu menjaga kelembapan pada kulit sampai 32%. Selain daripada itu, minyak kelapa juga memiliki aroma yang cukup wangi dan memiliki rasa yang gurih dan cukup enak.

4.) Bunga yang bisa di konsumsi
Sekarang ini sudah banyak chef yang berasal dari berbagai belahan dunia memanfaatkan beragam jenis bunga yang dapat dikonsumsi dan digunakan sebagai campuran salad dan hiasan dalam sajian makanan. Studi terbaru yang dikemukakan oleh Journal of Food Science beberapa jenis bunga yang dapat dikonsumsi memiliki kandungan phenolic dan juga antioksidan antipenuaan misalnya gallic acid, chlorogecic dan juga rutin. Selain itu, kelopak makanan pada jenis bunga tertentu juga memiliki kandungan zat anti inflamasi yang cukup tinggi dan bisa mencegah dari penyakit jantung dan kanker. Apabila tak ada bunga yang sesuai dengan kriteria tersebut, Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan pitokimia yang hampir sama dan juga kandungan kalsium dan serat.

5.) Jamur Shiitake
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Biological Trace Elemental Research mengemukakan bahwa bagian-bagian organ tubuh memerlukan kadar tembaga yang harus dicukup setiap harinya. Salahsatu makanan yang mengandung cukup banyak tembaga yang diperlukan tubuh ternyata terdapat pada jamur shiitake. Dan bisa mengontrol pertumbuhan ubah sehingga tidak cepat memutih.

6.) Buah dan Sayur Berwarna merah dan Orange
Menurut hasil studi yang dilakukan oleh journal of evolution & human behaviour buah dan sayuran yang memiliki warna merah dan orang bisa membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan kenyal.

7.) Minyak Zaitun
Penelitan yang telah dilakukan pada 32 tahun yang lalu oleh seven countries study, mengemukakan bahwa kandungan lemak tak jenuh tungga pada minyak zaitun mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol, dimana polifenol ini adalah salahsatu senyawa anti-oksidan.

8.) Yoghurt
Yoghurt merupakan salahsatu dari produk olahan susu yang diolah dengan cara difermentasi dan memiliki cukup banyak kandungan kalsium. Yaohurt juga dipercaya bisa mencegah resiko osteoporosis dan kandungan bekateri yang ada pada yoghurt ini yakni bakteri lactobacillus bisa menjaga pencernaan agar tetap sehat. Selain itu, peradangan yang terjadi dalam usus juga dipercaya mampu dikurangi dengan mengkonsumsi yoghurt.

9.) Ikan
Semenjak tiga puluh tahun yang lalu, banyak ahli yang melakukan penelitian terhadap berbagai varian produk ikan di Alaska yang masih berkaitan dengan penyakit jantung. Dan hasilnya telah ditemukan bahwa ikan memiliki kandungan omega-3 yang dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan pada kolesterol yang berada didalam arteri dan juga bisa menjaga irama detak jantung tubuh agar tetap normal.

10.) Kokoa
Banyak orang yang telah tinggal dilepas pantai Panama, memiliki riwayat resiko penyakit jantung. Namun, resiko tersebut bisa berkurang hingga mencapai sembilan kali lipat, setelah mengkonsumsi kokoa. Hal ini karena kokoa memiliki flavanols yang cukup tinggi dan bisa menjaga kesehatan pembuluh darah. Hal ini berguna mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit ginjal dan juga demensia.

11.) Blueberry
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1999 di Tufts University’s jean Mayer Human Nutrition Research Center on Aging mendapati bahwa , apabila mengkonsumsi ekstrak blueberry diyakini mampu memperpanjang umur seseorang hingga 10 tahun. Selain itu peradangan yang terjadi dapat dikurangi dan kerusakan oksidatif yang masih ada hubungannya dengan fungsi motorik dan ingatan pada fungsi otak.

Diatas merupakan beberapa makanan pembuat awet muda yang bersumber dari bahan-bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan. Meskipun usia Anda bertambah tetapi jangan membiarkan rambut Anda semakin memutih dan lingkar hitam pada kelopak anda semakin melebar. Selain bisa membuat wajah terlihat kusam namun hal tersebut menandakan bahwa tubuh kekurangan asupan gizi.

Baca juga : Cara Alami Agar Wajah Terlihat Awet Muda

Namun, meskipun begitu Anda jangan teburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan, karena masih banyak makanan-makanan alami yang bisa membuat tubuh terdorong melakukan regenerasi pada bagian sel-sel tubuh sehingga proses penuaan pada tubuh bisa tertunda dan tubuh bisa menjadi lebih bugar.

Info :

    cara menjaga kesehatan wajah agar terhindar dari jerawat

Lihat Juga :
Updated :