Makanan Sehat Penambah Berat Badan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Sebagian orang mungkin berpikir untuk apa menambah berat badan. Namun untuk sebagian orang lainnya, memiliki badan yang lebih besar adalah sebuah dambaan, terlebih jika sebelumnya berat badan Mereka terlalu kurus atau sistem metabolismenya yang terlalu tinggi tentu ingin cepat bertambah berat badannya. Ketika metabolisme tinggi, maka sangat sulit bagi orang tersebut menambah beberapa pound berat badan, meskipun banyak makanan yang dikonsumsi.

Makanan Efektif dan Sehat Penambah Berat Badan

Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Gambar Ilustrasi

Namun begitu, untuk meningkatkan berat badan, baik pada balita maupun dewasa, faktor makanan masih menjadi solusi yang utama dan tampak paling jelas. Tapi makanan seperti apa yang dapat membantu seseorang menambah berat badan dengan sehat dan cepat? Tentunya jaangan sampai terjebak pada makanan-makanan rendah gizi, sehingga bukan berat badan sehat yang didapatkan, tapi berbagai masalah kesehatan baru yang mungkin saja lebih mengganggu.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin memiliki berat yang lebih lagi haruslah pandai-pandai memilah dan memilih makanan. Usahakan makanan tersebut memiliki komposisi yang sehat dan bernutrisi. Selain itu, rasa lezat pun tidak boleh dilewatkan, karena hal tersebut dapat manambah nafsu makan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak beberapa daftar makanan sehat penambah berat badan di bawah ini.

1.) Beras (Nasi)
Beras adalah salah satu butir makanan yang paling populer di dunia, termasuk di indonesia. Dikemas dengan jumlah energi yang tinggi, sekitar 130 kalori per 100 gram membuat beras dapat Anda jadikan cara menambah berat badan yang mudah, efisien dan murah.

Anda hanya perlu menambah porsi nasi setiap kali makan agar kalori yang didapat menjadi bertambah berkali lipat. Selain mudah dikonsumsi bersama banyak lauk pauk, beras juga ternyata diteliti menjadi salah satu jenis biji-bijian yang sangat mudah dicerna. Selain itu, beras juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah vitamin esensial, seperti niacin dan thiamin.

2.) Granola
Selain beras, Anda juga dapat menggunakan bahan baku granola untuk meningkatkan berat badan. Dengan kandungan gizinya yang melimpah dan rasanya yang lezat, sereal sarapan ini sangat mudah untuk dikonsumsi dan baik untuk tubuh. Ada beberapa kandungan baik yang dipercaya dapat meningkatkan berat badan secara alami dan sehat yang terdapat pada granola. Diantaranya adalah energi, serat, protein dan lemak. Bahkan Anda bisa mendapatkan 450 kalori hanya dalam satu cangkir granola tanpa tambahan susu.

3.) Selai kacang
Makanan selanjutnya yang dapat Anda jadikan makanan sehat penambah berat badan adalah selai kacang. Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa selai kacang mengandung 90 kalori, 4 gram protein serta 3 gram karbohidrat per sendok makan. Meskipun begitu, selai kacang terkadang memiliki sedikit lemak jenuh. Oleh sebabnya, hindari konsumsi selai kacang secara berlebihan.

4.) Pisang
Pisang adalah makanan yang kaya akan manfaat dan memiliki rasa yang lezat. Selain itu, buah pisang juga ternyata termasuk salah satu makanan berat. Hal tersebut dibuktikan oleh kandungan kalorinya yang cukup besar, sekitar 100 kalori per buah. Anda yang mengkonsumsinya pun akan mendapatkan nutrisi penting lainnya yang baik bagi tubuh, termasuk vitamin dan kalium.

Anda dapat mengkonsumsi buah pisang selepas latihan atau olahraga. Kandungan gula alami yang terdapat pada buah pisang mampu menjadi asupan instan yang baik bagi tubuh yang sedang mengalami kelelahan.

5.) Tuna
Karena tuna termasuk dari ikan laut, maka kandungan proteinnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, kandungan minyak esensialnya pun sangat berguna bagi tubuh. Anda dapat mengkonsumsi ikan tuna yang dimasak dalam bentuk apapun, termasuk steak dan tuna kaleng.

6.) Susu
Makanan sehat penambah berat badan lainnya adalah semua produk dari bahan baku berupa susu. Setiap gelas susu diteliti memiliki kandungan 150 kalori dan 8 gram protein. Ada banyak jenis-jenis produk susu yang dapat Anda pilih, mulai dari susu kedelai, susu almond hingga yogurt.

7.) Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kalori serta lemak yang sangat baik bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 320 kalori dan 29 gram lemak. Namun begitu, beberapa diantaranya adalah lemak jenuh. Oleh sebab itu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi alpukat dalam sehari.

Jika seseorang mempunyai berat badan yang tinggi  atau kelebihan berat badan tentunya memiliki risiko tersendiri. Sama halnya dengan memiliki tubuh yang terlalu kurus. Oleh sebab itu, gunakan makanan sehat penambah berat badan di atas hanya jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan agar berat badan Anda naik, karena percuma saja jika berat badan Anda naik namun tubuh terkena penyakit lain. Minimalkan resiko tersebut dengan cara menambah berat badan menggunakan metode yang sehat dan efektif seperti mengkonsumsi banyak makanan sehat dan bergizi seimbang dan menjauhi makanan rendah gizi. Untuk mendapatkan informasi lengkap lainnya seputar kebutuhan gizi tubuh Anda, bisa melakukan konsultasi dengan dokter ahli gizi.

Baca juga : Cara Cepat Menambah Berat Badan secara Alami

Selain itu, faktor lainnya yang mempengaruhi seseorang agak susah menaikan berat badan salahsatunya adalah faktor genetik dan faktor stress. Apabila tetap konsisten dan memiliki keinginan untuk menaikan berat badan dan melakukan kebiasaan sehat mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, dan meminimalkan tingkat stres tubuh maka tidak mustahil seseorang yang tadinya kurus akan mendapatkan berat badan ideal. Selamat menaikan berat badan dengan sehat! Salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :