Makanan Penyebab Sakit Kepala

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Makanan Penyebab Sakit Kepala, Meskipun sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang ringan, sakit kepala jika terus didiamkan maka akan terasa semakin menyakitkan bagi kepala Anda. Apalagi jika Anda sedang sibuk melakukan berbagai rutinitas sehari-hari, tentu saja sakit kepala akan semakin mengganggu.

Penyebab sakit kepala pada seseorang bisa dipicu oleh berbagai faktor. Selain kurang istirahat dan juga beban pikiran, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh makanan-makanan tertentu. Sehingga beberapa jenis makanan ini sebaiknya dihindari saat Anda terserang sakit kepala ataupun migrain.

Makanan Pemicu Sakit Kepala

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Gambar Ilustrasi

Sakit kepala bisa karena pengaruh dari pola makan, diantaranya dikarenakan beberapa makanan bisa memicu munculnya sakit kepala. Selain itu kebiasaan waktu makan yang tidak teratur juga bisa memicu sakit kepala misalnya terlambat makan atau asupan cairan yang kurang hingga mengakibatkan dehidrasi bisa mengakibatkan sakit kepala.

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Beberapa jenis makanan tidak baik untuk dikonsumsi orang yang terkena sakit kepala karena ada beberapa kandungan zat yang akan berpengaruh pada tubuh sehingga mengakibatkan pusing. Simak beberapa makanan dibawah yang harus Anda hindari ketika menderita sakit kepala!

1.) Kecap Asin dan MSG, Berbagai makanan sintesis biasanya mengandung Monosodium Glutamat (MSG) termasuk produk kecap asin. MSG jika dikonsumsi terlalu berlebihan dapat memberikan efek tertentu seperti diare, kram bahkan sakit kepala yang bisa sangat menyakitkan. Dari persentase total yang mengkonsumsi MSG 10% menderita efek tersebut. 15% lainnya mengalami migrain. Terjadinya sakit kepala yang ditimbulkan dari mengkonsumsi MSG ini karena biasanya kecap memiliki rasa asin yang bisa membuat seseorang dehidrasi dan bisa menimbulkan sakit kepala.

2.) Es Krim, Hampir semua orang menyukai es krim. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi es krim sebaiknya konsumsi es krim secara perlahan dan jangan terburu-buru. Jika dikonsumsi secara terburu-buru es krim dapat memicu munculnya sakit kepala. Apalagi jika suhu tubuh sedang tinggi dan demam. Makanan yang dingin semisal es krim bisa membuat seseoranng yang sensitif terhdap migrain bisa terkena sakit kepala dengan mudah. Maka dari itu sebaiknya jika Anda mengkonsumsi makanan yang dingin, konsumsi secara perlahan saja dan jangan terburu-buru.

3.) Pisang, Reaksi migrain bisa dipicu karena kandungan tyramin. Maka dari itu bagi Anda yang sensitif terhdap tyramine ini sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi pisang karena bisa menambah sakit kepala Anda. Hal ini dikarenakan pisang mengandung tyramine yang jika langsung dilahap tyramine bisa 10 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan pisang yang telah dilumatkan.

Lainnya :

4.) Daging Olahan, Produk daging olahan semisal bacon, hot dog dan olahan cepat saji restoran lainnya bisa membuat pembuluh darah melebar dan memicu sakit kepala bagi sebagian orang. Namun, hal ini bisa diminimalisir seperti studi yang telah dilakukan oleh American Headache Society, caranya yaitu dengan menjaga menu harian yang Anda konsumsi, konsmsi makanan yang sehat dan jangan lupa untuk makan dengan teratur.

5.) Cokelat, Selama ini cokelat dipercaya dapat mengembalikan mood Anda. Namun, jika Anda sedang mengalami sakit kepala, mengkonsumsi cokelat tidak membantu menghilangkan sakit kepala yang Anda rasakan. Bahkan banyak yang percaya bahwa mengkonsumsi cokelat bisa menyebabkan sakit kepala. Bahkan dari hasil penelitian yang dilakukan, 22% pasien yang sakit kepala mereka percaya cokelat merupakan penyebabnya. Selain itu cokelat juga dapat memicu timbulnya migrain.

6.) Kopi, Kopi memiliki manfaat bisa meredakan migrain jika dikonsumsi sedikit saja, namun jika Anda mengkonsumsi kopi kemudian bangun tidur lalu Anda merasakan sakit kepala, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kafein. Jika kafein dikonsumsi secara berlebih, dapat mendorong munculnya sakit kepala. Maka dari itu konsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya dalam batas yang wajar saja dan jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan sakit kepala.

7.) Keju, Selain pada pisang ternyata tyramine juga terdapat pada keju. Namun, penelitian tentang keju yang menjelaskan bisa menyebabkan migrain masih belum banyak dilakukan. Jika keju disimpan dalam waktu yang lama, maka tyramine pada keju juga akan semakin banyak seiring bertambahnya waktu. Maka dari itu disarankan untuk tidak mengkosumsi bebereapa keju secara berlebihan. Beberapa keju tersebut misanya keju cheddar, gouda, swiss dan jenis keju lainnya.

Diatas merupakan beberapa kumpulan Makanan Penyebab Sakit Kepala, sebenarnya jika dikonsumsi tidak berlebihan tidak akan berpengaruh besar pasa sakit kepala Anda. Maka dari itu jika Anda sedang sakit kepala sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis makanan diatas secara berlebihan. Karena mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan akan berakibat kurang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Sakit kepala juga tidak hanya faktor dari makanan, namun untuk mengatasi sakit kepala ini bisa dilakukan dengan cara tertentu tanpa mengkonsumsi obat, misalnya saja dengan mengistirahatkan tubuh Anda dan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

Baca juga : Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Artikel seputar kesehatan lainnya juga bisa Anda baca di situs Harian Sehat sebagai situs yang menyediakan berbagai informasi kesehatan yang bisa Anda baca setiap harinya. Semoga artikel berjudul “Makanan Penyebab Sakit Kepala” bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jaga Kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :