10 Makanan Penyebab Bau Mulut ini Jarang Diketahui

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – 10 Makanan Penyabab Bau Mulut ini Jarang Diketahui, Aroma mulut yang berbau tidak sedap tentu akan sangat mengganggu ketika bercakap-cakap dengan orang lain. Bahkan bau mulut mungkin saja membuat orang lain menjadi menjauhi Anda karena perasaan tidak nyaman ketika orang tersebut didekat Anda. Banyak yang menganggap bahwa penyebab bau mulut tersebut akibat adanya infeksi pada gigi, gigi berlubang atau bahkan plak yang menempel. Namun, masih banyak penyebab lainnya mengapa seseorang memiliki aroma bau mulut yang kurang sedap.

10 Makanan Penyebab Bau Mulut yang Jarang Diketahui

Makanan Penyabab Bau Mulut

Gambar ilustrasi

Selain harus menjaga kebersihan mulut, Anda wajib mengetahui faktor penyabab lainnya yang mengakibatkan munculnya aroma bau mulut, salahsatu faktor terbut adalah makanan yang dikonsumsi bisa saja merupakan faktor yang membuat mulut menjadi beraroma kurang sedap. Beberapa makanan penyebab bau mulut tentu sudah Anda ketahui, misalnya seperti bawang merah, bawang putih, jengkol, petai, durian.

Selain makanan tersebut, ternyata masih banyak makanan lainnya yang menyebabkan bau mulut. Bahkan beberapa makanan jarang diketahui oleh seseorang dimana makanan tersebut merupakan pemicu muculnya aroma tak sedap yakni bau mulut.

10 Makanan Penyebab Bau Mulut ini Jarang Diketahui

Dibawah ini situs Harian Sehat merangkum makanan yang dapat menyebabkan bau mulut dan mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut uraiannya!

1.) Daging Merah
Daging merah merupakan salahsatu makanan yang menimbulkan aroma yang kurang sedap pada mulut, tak hanya mulut bahkan aroma badan Anda juga bisa terpengaruh. Ini disebabkan karena daging adalah makanan yang agak sulit dicerna oleh tubuh dan kemungkinan besar mengeluarkan gas yang kurang sedap pada tubuh. Apabila keluar keringat juga biasanya aroma yang dikeluarkan agar berbau.

2.) Bawang Putih
Bawang putih, bawang bombai, bawang merah memiliki aroma yang kuat dan jika dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut bahkan bau badan menjadi kurang sedap. Bau yang dihasilkan pun kadang bisa bertahan beberapa jam hingga berhari-hari.

3.) Makanan Berserat
Makanan baik yang tinggi serat maupun rendah serat bisa memicu timbulnya aroma kurang sedap pada mulut, yang menjadi penyebabnya yaitu serat yang mengandung metana, karbon dioksida dan juga hidrogen yang memiliki sifat mengeluarkan gas ketika dicerna oleh tubuh.

4.) Junk Food
Junk Food merupakan salahsatu yang menyebabkan bau mulut dan juga bau pada badan. Ini disebabkan junk food mengandung lemak yang memaksa pencernaan bekerja untuk mengolahnya. Namun, banyak orang yang kurang menyadari penyebab bau mulut yang satu ini.

5.) Produk Susu
Susu merupakan minuman yang sehat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan susu akan berdampak kurang baik bagi aroma mulut dan aroma badan Anda. Sehingga mungkin saja aroma kurang sedap tersebut akan mengganggu orang-orang yang berada disekitar Anda. Namun, Anda bisa mencegah atau meredakan bau mulut tersebut dengan mengkonsumsi air putih apabila selesai mengkonsumsi susu atau olehan susu lainnya seperti keju.

6.) Permen
Permen selain dapat merusak gigi Anda, ternyata bisa menjadi pemicu bau mulut yang tak sedap. Ini disebabkan kandungan gula pada permen. Pada saat berinteraksi dengan gula, bakteri yang ada dalam mulut dipercaya mengeluarkan zat yang membuat mulut menjadi berbau kurang sedap.

7.) Telur

Telur juga bisa memicu mnculnya bau mulut karena telur mengandung banyak protein. Ketika bereaksi dengan cairan asam yang ada pada saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau kurang sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernapasan dan keluar melalui rongga mulut.

8.) Kopi
Kopi juga merupakan salahsatu peyebab munculya bau mulut. Keasaman dan enzim alami yang ada pada kopi menyatu dengan air liur yang ada pada mulut sehingga menyebabkan mulut beraroma tak sedap.

9.) Rempah-rempah
Rempah-rempah biasanya akan tercium aroma yang kuat ketika akan dikonsumsi dan biasanya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah yang kemudian dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Biasanya hal ini bisa menjadi faktor bau mulut dan juga bau badan. Contoh beberapa makanan berjenis rempah-rempah tersebut yakni bawang putih, bawang merah dan kari.

10.) Permen Mint
Permen mint merupakan salahsatu makanan yang dipercaya bisa membuat napas menjadi lebih segar. Namun ternyata permen mint bisa semakin memperparah terjadinya bau mulut. Ketika dikonsumsi, memang permen mint membuat aroma dan napas menjadi lebih segar. Namun hal tersebut akan hilang seiring dengan habisnya permen dan bisa membuat napas bau, apalagi bila sebelumnya mulut sudah halitosis.

Diatas merupakan 10 makanan penyebab bau mulut yang jarang diketahui. Jika Anda tak ingin mengalami bau mulut sebaiknya perhatikan apa yang Anda makan. Namun, tak perlu terlalu khawatir karena ada beberapa bahan makanan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut (baca: cara alami menghilangkan bau mulut). Sehingga meskipun Anda mengkonsumsi makanan yang memicu timbulnya bau mulut, namun Anda bisa lekas mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menghilangkan aroma yang tak sedap pada mulut Anda.

10 Makanan Penyebab Bau Mulut yang Jarang Diketahui

Perlu diketahui juga penyabab munculnya bau mulut biasanya karena kurangnya kebersihan mulur, makanan yang dikonsumsi dan faktor mulut yang kering. Apabila faktor-faktor penyebab bau mulut ini bersatu mungkin bau mulut akan semakin menjadi dan orang-orang disekitar Anda mungkin akan kurang nyaman berada dekat dengan Anda. Jadi jaga kebersihan mulut dan usahakan untuk mengkonsumsi makanan alami yang dapat menghilangkan bau mulut serta berkumur sehabis menyantap makanan dan banyak minum air putih juga merupakan beberapa cara untuk meminimalisir bau mulut.

Baca juga : 8 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Pada Kulit

Semoga artikel berjudul 8 makanan penyebab bau mulut yang jarang diketahui ini memberikan manfaat untuk Anda. Artikel seputar kesehatan lainnya bisa Anda baca di situs HarianSehat.Com yang memberikan informasi kesehatan terupdate yang dirangkum dari berbagai sumber. Jaga kesehatan Anda, dan salam sehat!

Info :

    makanan yg menyebabkan bau mulut

Lihat Juga :
Updated :