10 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – 10 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya, Kebanyakan Orang pernah mempunyai masalah dengan kulitnya salahsatunya adalah masalah jerawat. Berbagai faktor bisa menjadi pemicu munculnya jerawat pada kulit ini, salahsatu faktor penyebab munculnya jerawat adalah karena terjadinya penyumbatan pada bagian kelenjar minyak yang terdapat pada pori-pori kulit yang dibarengi dengan munculnya peradangan pada kulit yang akhirnya menimbulkan bekas jerawat yang agak sulit untuk dihilangkan.

Biasanya jerawat akan muncul ketika kelenjar minyak dan juga sel kulit mata tersumbat dalam kulit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat ini, bahkan banyak orang yang menggunakan obat-obatan. Namun tak hanya obat-obatan saja yang bisa mencegah dan menghilangkan jerawat namun konsumsi makanan tertentu juga dapat membantu mengatasi permasalahan jerawat ini.

Makanan untuk Membuat Kulit Bebas Jerawat

Makanan untuk Membuat Kulit Bebas Jerawat

Gambar Ilustrasi

Seperti yang diketahui untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya cukup dari luar saja, namun juga harus melakukan perawatan dari dalam tubuh. Misalnya saja untuk membasmi jerawat pada wajah ini, agar jerawat dapat lekas hilang tentu saja Anda selain melakukan pengobatan dari luar, Anda juga harus memperhatikan makanan yang akan Anda konsumsi yang berarti Anda harus menjaga kesehatan dari dalam juga.

Makanan Penghilang Jerawat di Kulit

Dibawah ini merupakan beberapa makanan yang bisa membuat kulit Anda bebas dari jerawat sehingga kulit menjadi lebih putih, halus dan bebas dari jerawat. Simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1. Sayuran Hijau
Vitamin A yang terdapat pada beta karoten yang berada pada sayuran merupakan salahsatu yang bisa mengatasi permasalahan jerawat. Beta karoten ini bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu dalam mengatasi jerawat dan juga sekaligus bisa melembutkan wajah Anda. Anda bisa mulai untuk mengkonsumsi makanan hijau ini, selain itu mengkonsumsi makanan hijau sekarang ini sedang menjadi tren yang kemudian dikembangkan menjadi smoothies campuran dari bayam, pok choy dan juga kangung.

2. Ubi
Tentu semua orang sudah begitu familiar dengan makanan yang satu ini. Ya, Ubi merupakan makanan yang memiliki rasa yang manis dan juga harga yang cukup terjangkau. Ubi memiliki kandungan vitamin A dan juga vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu jika Anda sering mengkonsumsi ubi Anda bisa mendapatkan kulit Anda menjadi lebih cerah dan sehat alami.

3. Wortel
Wortel merupakan salahsatu sayuran yang cukup memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh salahsatunya kaya akan vitamin A, magnesium dan juga vitamin C. Selain itu sayuran yang memiliki warna orange ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk kulit tubuh Anda. Untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal Anda bisa menggunakan wortel ini sebagai bahan untuk jus, selain itu Anda bisa mencampurnya dengan perasan jeruk nipis agar mendapatkan rasa yang lebih segar. Mulailah untuk mengkonsumsi wortel rutin setiap harinya dan masalah jerawat kulit Anda akan hilang.

Lainnya :

4. Salmon
Salmon merupakan sumber makanan sehat yang memiliki kandungan omega-3 yang dapat mengatasi jerawat pada kulit Anda. Selain itu, salmon merupakan sumber makanan yang kaya dengan protein. Protein berguna untuk membantu tubuh menghasilkan kolagen pad kulit Anda sehingga dapat menjaga wajah Anda dari penuaan yang terjadi. Kandungan lainnya pada salmon juga seperti magnesium dan B12 dapat berguna untuk memenangkan syaraf pada tubuh dan dapat menakan timbulnya hormon penyebab munculnya jerawat.

5. Pepaya
Kandungan enzim dan berbagai nutrisi lainnya pada pepaya sudah dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu pepaya memiliki kandungan beta karoten yang bisa membersihkan kulit. Pepaya juga bermanfaat untuk mendorong tubuh melakukan regerasi sel yang dan perabikan pada kulit karena pepaya kaya akan antioksidan.

6. Telur
Telur merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin B12, Kolin, Protein, Vitamin E dan juga vitamin D yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat selain itu kandungan biotin dan juga vitamin B pada telur juga bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda. Namun, pastikan sebelum Anda mengkonsumsi telur, pastikan tidak ada perstisida, atau jenis racun lainnya yang jika terkonsumsi malah akan berbahaya bagi tubuh Anda.

7. Alpukat
Meskipun kandungan alpukat memiliki banyak lemak, namun Anda tak usah khawatir karena lemak dan vitamin E yang ada pada buah alpukat bisa membantu dalam mengatasi jerawat pada wajah Anda dan dapat membantu melembutkan kulit Anda. Selain daripada itu, buah alpukat juga memiliki serat yang cukup tinggi dan bisa menjaga gula darah agat tetap stabil dan juga bisa menengkan tubuh sehingga tidak mudah stress. Namun, jika Anda tidak menyukai dengan rasa dari buah alpukat ini, Anda bisa mencampurnya dengan jenis buah lainnya yang Anda suka dan kemudian bisa Anda jadikan smoothies.

8. Almond
Almond merupakan salahsatu makanaan yang kaya akan nutrisi, diantaranya mengandung vitamin E, Magnesium, Vitamin B dan kandungan lainnya. Selain itu, Almond bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sehat karena kandungan seratnya yang cukup tinggi dan kalorinya yang rendah jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

9. Kelapa
Kepala merupakan makanan yang dipercaya bisa mengatasi jamur dan juga jerawat. Kelapa juga bisa melawan bakteri yang berbahaya dan memelihara bakteri yang baik. Sementar itu minyak kelapa memiliki kandungan mikroba yang bisa bermanfaat untuk membunuh bakteri tanpa merusak kulit sehat yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan olesan minyak kelapa pada titik-titik kulit wajah yang terkena dengan jerawat. Anda bisa lakukan hal ini pada pagi dan malam hari.

10. Mentimun
Manfaat mentimun bisa mengatasi kulit yang berminyak dan juga bisa mengatasi jerawat. Mentimun memiliki kandungan siliki yang merupakan mineral yang berguna untuk kesehatan kulit dan dapat mencegah terjadinya jerawat, mengurangi peradangan yang terjadi akbiat jerawat, menjaga kulit Anda tetap terlihat muda dan juga menjaga kadar kolagaen yang ada pada kulit wajah sehingga kulit tetap sehat.

Diatas merupakan makanan yang dapat menghilangkan jerawat, dengan adanya informasi ini semoga Anda bisa menjaga kesehatan kulit wajah Anda dari berbagai masalah kesehatan seperti jerawat, komedo, bekas jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa saja berbahaya bagi tubuh karena kandungan kimianya, lebih baik Anda membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat seperti diatas. Karena makanan diatas selain merupakan makanan yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, sekaligus bisa menyehatkan kulit Anda juga.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Semoga artikel berjudul 10 Makanan penghilang jerawat dan bekasnya diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca semua dan dapat memberikan informasi pengetahuan tentang berbagai makanan sehat yang dapat menyehatkan kulit sekaligus bisa menyehatkan tubuh juga. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :