Sumber Makanan Sehat Pembentuk Otot Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Makanan Sehat Pembentuk Otot. Sekarang, kebanyakan pria memahami bahwa otot penting bagi aktivitas kerja Mereka. Ketika serat otot mengalami kerusakan akibat mengangkat benda-benda berat, hal tersebut secara tidak langsung mengaktifkan perbaikan secara khusus yang akhirnya memaksa sel-sel pada individu otot untuk tumbuh. Kita terkadang tidak menyadari hal tersebut, sehingga Kita menganggap bahwa diri tidak pernah berolahraga. Padahal, hampir setiap aktivitas yang memaksa otot bekerja adalah sebuah olahraga.

Namun begitu, jika Anda ingin menumbuhkan otot secara intensif, maka bekerja saja tidak cukup. Anda harus melakukan berbagai macam latihan angkat beban secara konsisten. Lebih dari itu, angkat berat akan membakar banyak lemak dan energi dalam bentuk glikogen otot. Oleh ebab itu, olahraga yang Anda jalani membutuhkan asupan makanan sehat pembentuk otot agar proses pertumbuhannya terimbangi dan otot terbentuk dalam waktu yang lebih cepat.

Daftar Makanan Pembentuk Otot Tubuh

Kita tahu bahwa semua orang ingin memiliki otot, meskipun hanya dalam bentuk yang kecil, agar bagian perut dada dan tangan terlihat lebih bidang dan lebih atletis. Namun, menumbuhkan otot membutuhkan waktu serta kerja keras yang tidak sebentar. Ada berbagai latihan yang harus Anda lakukan. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat pembentuk otot yang di dalamnya terkandung karbohidrat, protein tinggi, vitamin, kalsium dan nutrisi penting lainnya.

Sumber Makanan Sehat Pembentuk Otot Tubuh

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan beberapa contoh daftar makanan pembentuk massa otot tubuh Anda agar menjadi lebih kekar dan sehat. Simak uraian lengkapnya dibawah ini :

1.) Kacang hitam
Ini adalah kacang khusus yang sangat kaya akan vitamin. Mulai dari vitamin B, K, C hingga A ada di dalamnya. Selain itu, lemak jenuh yang terkandung di dalam kacang hitam juga relatif sedikit. Kacang hitam ini sendiri diteliti memiliki kandungan serat dan protein sebanyak 15 gram per cangkirnya. Selain itu, kacang hitam juga dapat dijadikan asupan karbohidrat yang padat kalori sempurna. Karbohidrat ini diteliti dapat dijadikan senyawa pembangun otot.

2.) Yogurt
Kita tahu bahwa yogurt adalah produk olahan dari susu. Oleh sebab itu, kandungan di dalamnya tidak akan jauh dari cairan putih hewani tersebut. Diantara kandungan yogurt yang dapat membantu Anda membentuk otot adalah kalsium, vitamin D, protein pembentuk otot dan probiotik yang diteliti dapat membantu proses pencernaan.

3.) Susu
Di Amerika, Anda mungkin akan mendengar pepatah “satu galon susu sehari”. Hal tersebut sebenarnya adalah pepatah untuk menyemangati orang-orang yang ingin memiliki otot besar. Bahkan, susu sendiri memang direkomendasikan untuk para atlet dan binaragawan. Bukan hanya protein dan kalsium yang akan Anda dapatkan dari susu, Anda juga akan mendapatkan kandungan asam amino esensial dan nutrisi lainnya yang sangat menguntungkan otot.

4.) Daging sapi
Makanan sehat pembentuk otot selanjutnya adalah daging sapi. Beef tidak boleh Anda keluarkan pada daftar makanan pembentuk otot ini. Ada banyak sekali kandungan pembentuk otot yang terdapat pada daging sapi. Sebut saja zinc, zat besi dan creatine. Zinc berfungsi untuk meningkatkan hormon testosteron, zat besi adalah senyawa logam yang penting untuk tubuh sedangkan creatine berfungsi untuk memproduksi adenosin trifosfat. Dengan banyaknya senyawa baik bagi tubuh, daging sapi adalah makanan sempurna bagi Anda yang ingin meningkatkan massa otot.

5.) Ayam
Dalam satu porsi ayam, sekitar 4oz, mengandung setidaknya 27 gram protein. Selain itu, ayam juga mengandung senyawa asam amino yang baik untuk otot. Lebih dari itu, beberapa bagian daging ayam memiliki lemak yang rendah, sehingga cocok untuk pembentukan otot.

6.) Ikan
Kita pasti sudah tahu bahwa ikan adalah sumber nutrisi yang sangat-sangat baik, khususnya ikan laut. Ada banyak sekali kandungan baik yang terdapat pada ikan, diantaranya yang paling terkenal adalah protein, lemak baik, omega-3 asam lemak dan vitamin.

7.) Telur
Satu butir telur mengandung setidaknya 7 hingga 8 gram protein. Anda bisa memasaknya dengan bentuk apapun atau bahkan tidak perlu dimasak (tidak direkomendasikan). Selain itu, telur juga bisa dijadikan lauk pauk untuk sarapan. Selain dapat meningkatkan massa otot, sarapan dengan telur juga dapat menjaga tubuh tetap berenergi.

8.) Beras merah
Banyak program diet pembentuk otot yang memasukkan beras merah sebagai salah satu makanannya. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, pasalnya beras merah mengandung banyak sekali nutrisi baik untuk otot. Diantaranya yang paling berpengaruh adalah karbohidrat kompleks yang diteliti bukan hanya mampu menjadi pasokan energi, namun juga sebagai sumber pembangun otot-otot.

9.) Bayam
Bayam adalah makanan sehat pembentuk otot yang terakhir pada pembahasan kali ini. Kita pasti dahulu pernah menonton film Popeye The Sailorman dimana tokoh utamanya selalu mengkonsumsi bayam agar otot-ototnya terbentuk. Sebenarnya film kartun tersebut tidak berbohong terhadap khasiat yang terdapat pada bayam. Mengapa? Karena bayam diteliti mengandung banyak sekali senyawa pembentuk massa otot, termasuk vitamin dan kalsium.

Diatas merupakan kumpulan daftar makanan pembentuk otot. Membentuk otot tubuh pada umumnya bukanlah masalah yang mudah karena agar otot bisa terbentuk dengan baik dibutuhkan asupan makanan yang sehat dan olahraga yang cukup. Meskipun sekarang ini banyak makanan yang berbentuk formula yang bertujuan untuk merangsang pembentukan otot namun masih banyak makanan-makanan alami yang tidak kalah dalam membentu dalam pembentukan otot tubuh. Daftar makanan diatas adalah contohnya, masih banyak lagi makanan-makanan alami lainnya yang bisa merangsang pembentukan otot tubuh seperti buah-buahan, roti gandum dan jenis makanan lainnya.

Pembentukan otot perlu dilakukan dengan latihan yang rutin agar memberikan hasil yang optimal. Namun tetap bijak dalam latihan seperti olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh jangan sampai terlalu mencederai tubuh Anda. Selain itu menjaga pola makan dan konsumsi makanan-makanan sehat menjadi aspek yang penting pula sebagai faktor pendorong pembentukan otot karena akan percuma jika badan berotot namun kurang sehat. Maka dari itu membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang bergizi seimbang menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga : Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Untuk mendapatkan seputar informasi kesehatan dan gaya hidup sehat lainnya, Anda bisa membaca berbagai informasi kesehatan di situs HarianSehat. Jaga selalu kesehatan Anda dan salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :