Makanan dan Minuman bagi Penderita Penyakit Demam Berdarah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Makanan dan Minuman bagi Penderita Penyakit Demam Berdarah, DBD atau ada juga yang menyebutnya dengan Dengue Fever merupakan salahsatu infeksi yang disebabkan oleh penyebaran virus oleh nyamuk Aedes Aegeypti yang mengakibatkan seseorang terkena infeksi oleh virus tersebut. Tanda-tanda umum yang terjadi pada seseorang yang terserang virus ini diantaranya demam tinggi, munculnya bercak merah pada kulit dan juga rasa nyeri yang muncul pada bagian persendian.

Penyebaran virus oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut biasanya muncul di negara-negara yang memiliki iklim tropis, misalnya Asia, Afrika, Pasifik dan juga Timur Tengah. DBD sangat jarang sekali ditemukan di negara Amerika. Melakukan langkah pencegahan seperti menggunakan lotion anti nyamuk dan juga melakukan penyemprotan insektisida merupakan langkah pencegahan yang dipercaya masih ampuh terhadap serangan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini.

Makanan dan Minuman untuk Penderita Penyakit Demam Berdarah

Makanan dan Minuman bagi Penderita Penyakit Demam Berdarah

Gambar Ilustrasi Buah-buahan

Penyebab seseorang terkena DBD yaitu karena virus yang dibawa oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti. Meskipun DBD tidak menular melalui kontak manusia dengan manusia, namun apabila nyamuk ini telah mengigit seseorang yang telah terinfeksi oleh virus tersebut kemudian menggigit kembali orang lain maka orang yang tadinya tidak terinfeksi virus dengue dapat terjangkit virus dengue tersebut.

Makanan dan Minuman untuk Orang terkena Penyakit Demam Berdarah

Namun makanan dibawah ini dipercaya ampuh dalam menangkal demam berdarah, seperti HarianSehat kutip dari situs Merdeka.com baca selangkapnya daftar makanan dan minuman untuk penderita DBD dibawah ini :

1.) Jeruk
Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk dipercaya mampu menambah antibodi dalam tubuh sehingga tubuh dapat melakukan pemulihan dengan lebih cepat. Selain daripada itu jeruk juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang termasuk pasien demam berdarah.

2.) Daun Pepaya
Menurut penelitian yang dilakukan oleh he Institute for Medical Research (IMR) menjelaskan bahawa daun pepaya dapat menjadi salahsatu penyembuh demam berdarah. Namun daun pepaya tersebut tentu saja tidak secara langsung dapat menyembuhkan penderita DBD, namun daun pepaya dapat menjadi salahsatu pendukung yang bertujuan sebagai salahsatu yang dapat mempercepat proses pemulihan DBD.

3.) Bubur
Salahsatu makanan yang dipercaya ampuh mengembalikan kondisi pasien demam berdarah sehat kembali yakni dengan mengkonsumsi bubur. Manfaat dari bubur ini banyak sekali, selain daripada itu bubur juga merupakan makanan lunak yang mampu dicerna dengan mudah oleh pencernaan orang yang sedang sakit.

4.) Teh Herbal
Selain itu teh herbal juga ampuh bagi pasien yan gmenderita demam berdarah, teh herbal bisa menjadi pilihan sebagai minuman yang bisa dikonsumsi untuk meredakan demam berdarah. Ini karena didalam teh herbal biasanya terdapat kandungan jahe dan juga kapulaga.

5.) Air Kelapa
Biasanya penderita demam berdarah akan mudah mengalami dehidrasi maka dari itu air kelapa dapat menjadi sumber pemasok cairan pada tubuh. Sehingga air kelapa akan mengisi ulang elektrolit dan juga mineral yang hilang ketika tubuh terkena dehidrasi.

6.) Jus Sayuran
Makanan lain yang baik untuk penderita DBD adalah jus sayuran. Jus sayuran ini bisa dibut dari campuran mentimun, wortel dan juga sayuran hijau dari jenis yang lainnya. Menurut situs Boldsky banyak ahli yang telah mengungkapkan bahwa kandungan banyak nutrisi pada jus yang terbuat dari jus sayuran sangat bermanfaat untuk mengembalikan kondisi pasien demam berdarah pada kondisi normal.

7.) Jus Buah
Ada banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C. Sehingga kandungan vitamin C pada juga buah tentu banyak. Sistem kekebalan tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin C selain itu pembentukan hormon adrenal juga membutuhkan vitamin C.

8.) Susu
Dalam susu terkadnung berbagai macam nutrisi diantaranya kandungan protein, mineral kompleks dan juga vitamin yang dapat membantu penderita demem berdarah untuk memerangi virus nya.

9.) Sup
Pada umumnya penderita Demam berdarah akan merasakan nyeri pada bagian persenidian, sehingga konsumsi sup dipercaya ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh virus ini.

10.) Jus Lemon
Jus lemon memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun pada tubuh yang diakibatkan oleh virus demam berdarah ini.

Beberapa Makanan dan Minuman bagi Penderita Penyakit Demam Berdarah diatas bisa dikonsumsi sebagai penangkal virus yang mengakibatkan DBD. Tentu saja jika mengkonsumsi makanan tersebut juga harus tetap memperhatikan berbagai faktor penyembuh lain seperti istirahat dengan cukup, melakukan perawatan secara intensif agar tubuh tetap bisa mempertahankan diri dari serangan virus.

Makanan dan Minuman bagi Penderita Penyakit Demam Berdarah

Selain itu, lingkungan menjadi faktor penting yang harus dijaga untuk mencegah terjadinya penularan virus dengue ini. Menutup, Menguras dan Menimbun merupakan beberapa pencegahan yang harus senantiasa dilakukan. Ini dikarenakan nyamuk Aedes Aegypti dapat dengan mudah berkembang biak. Perlu diketahui nyamuk Aedes Aegypti biasanya berkembang biak pada penampungan air bersih yang tidak berhubungan langsung dengan tanah, misalnya : bak mandi, minuman burung, air gentong, air tendon, talang air, ban bekas, kaleng dan media sejenis lainnya.

Baca juga : Gejala Penyakit DBD

Jadi pencegahan dengan 3M merupakan langkah pencegahan yang masih harus dilakukan karena vaksin untuk menangkal DBD belum ditemukan. Mari jaga lingkungan agar tetap menjadi teman baik manusia.


Lihat Juga :
Updated :