9 Makanan Alami untuk Kesehatan Mata Anda

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComMakanan Alami untuk Kesehatan Mata Anda, mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki banyak nutrisi sangat dianjurkan agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup sehingga seluruh organ yang ada didalam tubuh termasuk salsahsatunya organ penglihatan (baca:mata) dapat bekerja dengan baik dan selalu dalam keadaan sehat. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak nutrisi didalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam mengahadapi berbagai serangan penyakit.

Mata merupakan salahsatu organ manusia yang sangat penting karena perannya menangkap cahaya disekitar sehingga tubuh dapat melihat dan bereaksi terhadap benda-benda yang ada disekitar. Sehingga kesehatan mata harus senantiasa dijaga agar bisa melakukan fungsinya dengan baik. Cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan melakukan beberapa kebiasaan seperti membaca sesuai jarak aman, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat dan alami seperti buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A, misalnya wortel. Namun, wortel hanyalah salahsatu makanan sehat yang baik untuk mata, karena masih banyak makanan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

9 Makanan Alami untuk Kesehatan Mata Anda

Macam Makanan Sehat untuk Mata

Gambar Ilustrasi

Makanan alami seperti buah dan sayuran memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh termasuk bermanfaat untuk mata. Maka dari itu, memilih makanan yang akan dikonsumsi tubuh haruslah sangat diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan mata juga. Dibawah ini merupakan 6 makanan sehat yang bermanfaat untuk penglihatan mata seperti yang dilansir dari HuffingtonPost dan beberapa sumber lainnya, simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Sayuran Hijau
Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau memilikisenyawa yang bernama lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang bisa melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuh. Selain itu sayuran berwarna hijau diantarnya bayam, kael juga memiliki banyak kandungan vitamin A yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

2.) Tiram
Katarak dan gangguan penglihatan yang terjadi dimalam hari sering dihubungkan dengan kekurangan zinc. Sehingga agar masalah kesehatan pada organ mata tersebut dapat dicegah makka bisa dengan cara memenuhi kebutuhan zat besi. Salahsatu sumber zinc yang bermanfaat bagi kesehatan mata adalah tiram, selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi lobster, daging ataupun salmon dan daging sapi sebagai makanan yang mengandung zinc.

3.) Apricot
Apricote merupakan salahsatu buah yang memiliki kandungan beta carotene dan lycopene, dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata Anda. Beta carotene yang dikonsumsi oleh tubuh kemudian diubah menjadi vitamin A sehingga bisa berfungsi untuk mencegah kerusakan yang ada pasa sel dan juga jaringan pada bagian lensa mata.

4.) Ubi Jalar
Ubi jalar merupakan salahsatu sumber pangan yaang mengandung vitamin A dan vitamin C yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. padahal untuk mendapatkan ubi jalar sangatlah mudah. Diketahui bahwa ubi jalar dalam porsi semangkuk bisa memneuhi kebutuhan harian vitamin A. Nah, vitamin A ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

5.) Telur
Telur merupakan salahsatu makanan yang mengandung banyak zinc. Selain zinc, beberapa kandungan lainnya dalam telur yaitu asam lemak omega-3 dan juga lutein. Telur (baca: manfaat telur) bisa menjaga kesehatan mata meskipun tidak banyak memiliki kandungan beta carotene sebagaimana yang terdapat pada sayuran yang memiliki daun berwarna hijau.

6.) Selai Kacang
Resiko katarak juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi vitamin E. Selain itu vitamin E bisa menjaga kesehatan kulit dan juga kesehatan mata. Ada berbagai sumber vitamin E, selai kacang juga merupakan salahsatu sumber vitamin E, selain itu almond dan juga biji bunga matahari mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

7.) Salmon, Tuna dan Sarden
Salmon, Tuna dan Sarden memiliki kandungan asam omega-3. Jenis makanan ini memiiliki banyak manfaat salahsatunya yaitu dapat mengurangi gejala pedih yang disebabkan oleh mata kering, mata merah dan juga gatal yang terjad pada mata, namun untuk mendapatkan hasil yang baik sebaiknya dibantu jga dengan obat mata. Selain itu, makanan-makanan ini disebut juga dapat mengurangi resiko terjadinya katarak.

8.) Sayuran Berwarna Merah, Hijau dan Kuning
Kandungan anti-oksidan biasanya terkadnung dalam sayuran yang memiliki warna cerah. Bahkan beberapa jenis sayuran memiliki cukup banyak manfaat untuk melindungi tubuh dari kanker dan bisa membantu memperkuat kesehatan mata dan mengurangi dari resiko kerusakan yang bisa terjjadi akibat radikal bebas. Penyakit yang berhubungan dengan adanya radikal bebas biasanya terjadi pada usia lanjut sehingga ketika muda sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat. Beberapa sumber makanan seperti kangkung, jagung manis, brokoli, kacang polong, memiliki kandungan lutein yang memiliki antioksidan yang kuat. Maka dari itu menambah porsi sayuran pada menu makanan harian Anda tentu menjadi pilihan yang sangat baik.

9.) Daging Sapi, Ayam, Hati, Keju dan Susu
Kandungan vitamin A dan lutein tidak hanya bersumber dari nabati tapi juga bisa didapat dari sumber hewani seperti halnya daging sapi, ayam, hati, keju dan susu. Kombinasi antara vitamin A dan juga lutein ini bisa menjaga kesehatan mata. Namun, tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengkonsumsi sumber makanan seperti daging dan jenis susu, cukup konsumsi dalam julah yang normal saja.

Diatas merupakan 9 Makanan Alami untuk Kesehatan Mata, Anda bisa mencoba untuk sering mengkonsumsinya agar kesehatan mata Anda tetap terjaga. Penggunaan sumber makanan alami seperti diatas tentu lebih sehat jika dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan cepat saji yang belum diketahui manfaat dan nutrisi yang ada didalamnya, selain itu junkfood atau makanan cepat saji biasanya akan memberikan efek dikemudian hari maka dar itu mengkonsumsi makanan yang bersumber dari buah buahan dan juga sayuran lebih dianjurkan.

Namun, seringkali kebiasaan mengkonsumsi makanan kurang sehat seperti makanan cepat saji atau junkfood sulit diberhentikan ataupun dikurangi karena kemudahan untuk mendapatkannya. Namun, junkfood sebisa ungkin harus dikurangi dan dibatasi konsumsinya agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

Sekian artkel tentang 6 Makanan Alami untuk Kesehatan Mata, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengatahuan Anda tentang kesehatan. Tak lupa untuk selalu mengingatkan agar para pembaca semua terus membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat, Jaga kesehatan Anda, dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :