Khasiat Kunyit untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

ADVERTISEMENT

Khasiat Kunyit untuk Kecantikan Wajah dan Kulit – Sejak beratus tahun yang lalu kunyit sudah banyak digunakan oleh orang Asia sebagai bahan rempah yang digunakan sebagai rempah untuk masakan dan juga sebagai bahan pengobatan secara herbal (tradisional). Kunyit telah banyak digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit seperti penyakit alergi, bisul, muntaber dan penyakit-penyakit lainnya.  Menurut ccrc.farmasi.ugm.ac.id kunyit mengandung berbagai kandungan zat-zat diantaranya zat warna kurkuminoid adalah sebuah senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari dihidrokurkumin, curcumin, desmetokskurkumin dan bisdesmetokssikurkumin. Selain itu kunyit mengandung minyak atsiri 2-5%, arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin, dammar, dan juga mineral (Sudarsono et.al, 1996) lain.

Khasiat Kunyit untuk Kecantikan

Selain itu menurut merdeka.com kunyit banyak mengandung bahan antiseptik yang dapat melakukan pencegahan pada peradangan jerawat dan juga luka, mengobato gatal dan juga ruam-ruam, dapat memulihkan keruksakan yang terjadi akibat terbakar oleh paparan sinar matahari dan juga dapat mencerahkan wajah sehingga kunyit bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan.

Khasiat Kunyit untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Khasiat Kunyit untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Menurut Style Craze dan juga Tips For Natural beauty ada beberapa tips atau khasiat kunyit untuk kecantikan sehingga Anda bisa mencoba kunyit sebagai bahan herbal untuk merawat kecantikan. Berikut khasiat-khasiat nya :

Khasiat Kunyit untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

1.) Mengobati Jerawat
Kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya mudah yaitu dengan membuat masker wajah yang berbahan kunyit. Cara membuatnya yaitu dengan menggunakan campuran antara tiga sendok makan air hasil perasan kunit dan satu sendok makan bubuk kunyit, kemudian dicampur dengan sedikit madu dan juga yoghurt lalu aduk hingga kental dan menjadi pasta. Gunakanlah selama 15 menit dan jangan terlalu lama karena didalam kunyit terdapat zat pewarna yang dapat melekat dengan kuat dan agak sulit untuk dihilangkan. Setelah 15 menit kemudian wajah dicuci dengan air bersih hingga bersih.

2.) Mengatasi kulit berminyak
Selain khasiat kunyit untuk mengobati jerawat ternyat kunyit juga bisa dugunakan untuk mengontrol produksi minyak berlebih dan juga sebum pada pori-pori kulit. Cara untuk membuatnya bisa dengan membuar masker kulit yang terbuat dari campuran dua sendok makan bubuk kunyit dicampur dengan tiga sendok makan air hasil perasan jeruk lemot atau Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis yang sudah matang. Gunakanlah masker tersebut pada bagian wajah, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

3.) Menyamarkan kerutan jan juga mencegah penuaan dini
Proses penuaan dan juga kerutan ternyata bisa diperlambat dengan menggunakan kandungan nutrisi yang berada dalam kunyit. Anda bisa membuat masker yang dibuat dari campuran dua sendok makan bubuk kunyit, satu sendok makan jus tomat, 1 sendok makan sus, dan satu sendik makan tepung beras. Setelah dibuuat masker kemudian masker yang tadi telah dibuat dugunakan untuk wajah dan leher, setelah itu biarkan selama 20 menit dan terakhir bersihkan muka dan leher dengan menggunakan air dingin.

Lainnya :

4.) Mengatasi Pigmentasi
Kandungan efek anti-inflamasi dan juga antiseptik yang ada dalam kunyit bisa dimanfaatkan khasiatnya untuk mengatasi pigmentasi pada kulit dan juga dapat menjadikan dingin pada kulit yang terbakar akibat terkena paparan sinar dari matahari. Anda bisa menggunakannya dengan membuat campuran bubuk kunyit dan juga jus timun segar, untuk mengati masalah pigmentasi ini. Campuran tadi digunakan selama 20-30 menit dan bila dilakukan secara rutin maka warna kulit akan kembali pada kondisi semula.

5.) Mengurangi Bulu
Ternyata khasiat kunyit lainnya bisa digunakan untuk memperlambat pertumbuhan bulu yang berada dala tubuh sehingga bulu tidak bertumbuh dengan cepat dan berjalan dengan lambat, Anda bisa menggunakan lulur yang dibuat dari campuran bubuk unyit dengan tepung chickpea (kacang arab/kacang garbanzo/gram). kemudian lulur tersebut bisa digunakan dalam waktu dua kali selama 1 bulan.

6.) Mengatasi Ketombe dan juga Rambut Rontok
Kunyit juga memiliki khasiat dapat menyehatkan kulit kepala sehingga dapat mencegah terjadinya kerontokan pada bagian-bagian rambut dan juga mengelupaskan kulit pada kepala. Jika Anda memiliki kulit kepala yang gatal dan juga berketombe atau mengalami kerontokan bisa menggunakaan parutan kunyit kemudian dioleskan pada kulit kepala.

7.) Menghaluskan kulit tumit dan juga siku
Kunyit bisa digunakan untuk melembutkan kulit yang berada pada bagian tumit dan juga siku. Anda bisa membuat campuran kunyit bubuk dengan minyak kelapa, lalu campuran tersebut dioleskan pada bagian tumit dan juga siku yang berkulit kasar, kemudian Anda bisa menambahkan pijatan ringan pada daerah yang telah dioleskan tadi agar larutan kunyit dan juga minysk kelapa menjadi meresap. Diamkan selama kurang lbeih 10 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

8.) Mengangkat Sel Kulit Mati
Khasiat kunyit untuk kecantikan selanjutnya yauty dapat dimanfaat kuntuk mengangkat sel kulit mati. Ini karena kandungan yang ada didalam kunyit dapat melepaskan sel kulit mati dengan lembut tanpa membuat kulit mengalami iritasi. Anda bisa menggunakan scrub tubuh yang dibuat dari bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang arab/kacang/garbanzo/gram). Scrub yang telah dibuat ini dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan bercahaya.

9.) Sebagai Pewarna Rambut Alami
Anda bisa menggunakan kuyit untuk mendapatkan warna rambut dengan pirang gelap. Dengan menggunakan kunyit warna rambut bisa menjadikan warna pirang gelap yang alami ini dikarenakan dari kunyit yang memiliki warna kuning tajam. Anda bisa menggunakan ceperempat cangkir kunyit yang telah diparut lalu dituangkan dengan air hangat kemudian diperas agar Anda bisa menghasilkan larutan kunyit yang pekat. Kemudian larutan kunyit tadi dimasukan kedalam botol spray, Anda kemudian bisa menyemprotkannya secara merata pada bagian bagian rambut. Setelah itu diremas secara perlahan dan biarkan rambut menjadi kering. Jika sudah kering kemudian Anda bisa membilasnya hingga bersih. Ulangi proses seperti ini setiap dua hari sekali agar mendapatkan warna pirang gelap yang Ada inginkan.

baca juga : Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Khasiat Kunyit untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Selain daripada khasiat kunyit untuk kecantikan kulit muka diatas, masih banyak lagi kahsiat kunyit yang lain, seperti digunakan untuk pengobatan, pencegahan penyakit dan masih banyak khasiat lainnya yang bermanfaat dari tanaman kunyit ini. Tentu saja meskipun menggunakan obat-obat trasisional atau herbal Anda harus tetap menjaga makanan yang sehat dan tetap menjaga gaya hidup sehat lainnya. Karena akan percuma saja jika tengah dilakukan suatu pengobatan pada penyakit atau gangguan lain pada tubuh namun Anda tetap mengabaikan gaya hidup yang sehat. Salam sehat terimakasih telah membaca artikel khasiat kunyit untuk kecantikan

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :