Ketahui Cara Sehat Mencegah Gigi Menguning

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Sehat Mencegah Gigi Menguning. Gigi menjadi salahsatu hal penting dalam penampilan seseorang. Dengan memiliki gigi yang sehat, putih dan bersih maka Anda akan semakin percaya diri untuk tersenyum. Namun, semakin bertambahnya umur, kesehatan gigi pun menjadi semakin berkurang, sehingga gigi menjadi tampak kuning dan kusam.

Cara Mencegah Gigi Menguning

Gambar Ilustrasi

Biasanya kerusakan gigi terjadi pada bagian dentin yang terbuka, enamel gigi yang rusak, lapisan gigi yang menjadi kurang padat dan juga gigi mudah mengalami pewarnaan akibat dari makanan. Jika terus dibiarkan maka gigi akan menjadi berwarna kuning gelap, bahkan akan timbul bercak cokelat pada gigi.

Cara Sehat Mencegah Gigi Kuning

Tentu saja banyak makanan bisa menjadi faktor penyebab warna gigi menjadi kusam, diantaranya teh, kopu, merkoko, minuman asam, minuman bersoda, jenis obat tertentu hingga makanan-makanan yang memiliki warna yang cukup kuat. Apabila kesehatan gigi tak terjada maka gigi akan menjadi semakin mudah bernoda. Terlebih saat usia semakin bertambah tua.

Maka dari itu, selain Anda harus runtin mengunjungi dokter gigi, Anda juga bisa menghilangkan warna kuning pada gigi ini dengan melakukan beberapa cara yang cukup mudah, selain mudah cara ini terbialang cukup murah, simak selengkapnya dibawah ini :

1. Membuat sendiri pemutih gigi
Anda bisa menggunakan campuran satu sendok teh baking soda dengan sedikit air, kemudian bisa disikatkan pada gigi. Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam sebulan. Baking soda dipercaya bisa membersihkan noda, namun tidak merusak gigi. Menurut Jennifer jablow, cosmetic and general denstis di New York.

Lainnya :

2. Gunakan Whitening Food
Meskipun bisa memanfaatkan baking soda, namun ada cara yang lebih sehat yakni dengan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu secara rutin. Beberapa makanan bisa memberishkan gigi sehingga gigi menjadi lebih cerah sempurna.

Apabila Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang menjadi penyebab menguningnya gigi, misalnya teh, atau makanan-makanan yang memiliki warna yang tajam semisal soto kuning, Anda bisa menyiapkan apel ataupun wortel segar mentah setelahnya. Mengkonsumsi dua buah tersebut hampir sama halnya dengan menyikat gigi. Kandungan serat dan juga daging yang padat terutama pada apel bisa membuat gigi menjadi lebih cerah, sehingga apel bisa menjadi pembersih gigi alami jika Anda tak sempat menggosok gigi.

3. Gunakan Sedotan untuk Minuman Berwarna
Agar gigi tetap putih setelah Anda membersihkannya, maka ketika mium kopi, teh ataupun soda bisa dikurangi faktor resikonya dengan menggunakan sedotan minuman. Hal ini cukup efektif karena bisa menjaga warna gigi tetap putih dan membuat gigi sehat lebih lama. Hal ini diungkapkan oleh John C. Moon, Cosmetic and general dentis di half Moon Bay, CA.

4. Cegah Naiknya Asam Lambung
Kenaikan asam lambung tidak hanya bisa menimbulkan efek yang kurang begitu nyaman pada tubuh. Naiknya asam lambung menuju mulut juga bisa menjadi salahsatu faktor yang dapat merusak gigi. Kandungan asam yang berasal dari saluran pencernaan bisa membuat enamel gigi seperti halnya soda ataupun minuman yang berenergi.

Maka dari itu, bagi Anda yang asam lambung segera atur pola makan Anda menjadi lebih teratur dan lebih sehat. Selain itu, diperlukan juga saran dari dokter ahli. Mintalah saran terbaik agar asam lambung bisa dicegah. Sehingga tubuh tetap sehat dan gigi Anda juga tetap sehat.

Terkait : Cara Memutihkan Gigi

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan gigi sehingga gigi tidak kuning dan tetap kuat, sehat juga bersih. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :