Hindari 5 Kesalahan ini Ketika Menggosok Gigi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Hindari 5 Kesalahan ini Ketika Menggosok Gigi, Menjaga kesehatan mulut dengan membiasakan menggosok gigi merupakan kebiasaan sehat yang harus dilakukan setiap harinya untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat. Dalam sehari menggosok gigi dianjurkan setidaknya dua kali. Meskipun banyak orang yang melakukan kebiasaan menggosok gigi 2 kali sehari namun masih banyak ditemukan orang yang mengalami kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, plak pada gigi dan masalah gigi lainnya. Jadi apa penyebabnya?

Ternyata hanya menggosok gigi saja tidak cukup, menggosok gigi harus dilakukan dengan cara yang benar, sehingga gigi menjadi lebih bersih. Apabila menggosok gigi dengan cara yang salah maka gigi tidak akan bersih dengan maksimal. Sehingga masalah kesehatan pada gigi Anda tetap saja terjadi meskipun Anda rajin menggosok gigi setiap harinya.

Hindari 5 Kesalahan ini Ketika Menggosok Gigi

Hindari 5 Kesalahan ini Ketika Menggosok Gigi

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini seperti yang dilansir dari Health Me Up, beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika mereka menggosok gigi, simak uraian lengkapnaya!

1.) Salah Menggunakan Sikat Gigi
Seringkali orang mengabaikan pentingnya memilih sikat gigi, padahal memilih sikat gigi merupakan salahsatu perihal yang penting jika Anda ingin membersihkan gigi dengan maksimal. Anda bisa memilih sikat gigi yang nyaman sehingga mulut tidak akan terluka oleh sikat gigi yang Anda gunakan. Menurut British Dental Health Foundation penggunaan sikat gigi yang memiliki ukuran kecil hingga sedang lebih disarankan. Selain itu perhatikan peganggan pada sikat gigi yang Anda gunakan, usahakan untuk memilih sikat gigi dengan peganggan yang nyaman. Faktor lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sikat gigi diantaranya memastikan bahwa sikat gigi tidak terlalu keras karena bisa menyebabkan gusi berdarah bahkan merusak gigi. Anda bisa memilih sikat gigi yang memiliki bentuk bulat dan ujung yang lembut.

2.) Kebiasaan Salah dalam Menggosok Gigi
Rekomendasi dari dokter dalam hal membersihkan gigi yaitu membersihkan gigi hingga sehari dua kali. Selain menggosok gigi, agar kebersihan mulut tetap terjaga, disarankan untuk membersihkan gigi dengan cara berkumur setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis. Hindari menggosok gigi terlalu sering karena akan berakibat terjadinya iritasi pada bagian gusi mulut Anda. Cobalah untuk menggosok gigi dengan baikt selama 2-3 menit setiap harinya agar kebersihan gigi dapat terjaga.

3.) Bagian Dalam Gigi Tak Dibersihkan
Seringkali orang tidak mempedulikan bagian dalam gigi apabila ia sedang menggosok gigi. Padahal plak pada gigi dapat muncul tak hanya pada bagian luar gigi, tetapi bagian dalam gigi juga, sehingga apabila tidak sering dibersihkan dapat menimbulkan kerusakan pada gigi Anda. Nah, agar plak tersebut tidak terbentuk pada bagian dalam gigi Anda, tentu Anda dianjurkan untuk lebih sering menggosok gigi bagian dalam juga.

4.) Kebersihan Sikat Gigi Tak Terjaga
Kebersihan sikat gigi yang disimpan di kamar mandi Anda harus diperhatikan. Karena kondisi yang lembap pada sikat gigi bisa sangat mudah terkena berbagai bakteri dan kuman. Agar tidak terkena bakteri maka sebaiknya Anda menjauhkan tempat penyimpanan sikat gigi Anda dari kondisi yang lembap. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan penutup san sikat gigi yang Anda gunakan. Selain itu apabila akan digunakan dan setelah digunakan, selalu ingat untuk membersihkannya terlebih dahulu.

5.) Tidak Mengganti Sikat Gigi
Anda mungkin sudah merasa nyaman dengan penggunaan sikat gigi yang setiap hari Anda gunakan. Namun dalam waktu dan konsidi tertentu, Anda harus mengganti sikat gigi yang telah lama Anda gunakan. Menurut American Dental Association setiap tiga atau empat bulan sekali seseorang harus mengganti sikat gigi yang biasa digunakannya, hal ini disebabkan karena bulu-bulu pada sikat gigi menjadi tidak beraturan dan rusak, sehingga Anda harus segera menggantinya.

Diatas merupakan uraian tentang beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika menggosok gigi, yang berakibat pada kurang maksimalnya ketika seseorang menggosok gigi. Sebaiknya Anda memperhatikan beberapa masalah yang biasanya dilakukan oleh banyak orang tersebut. Apabila Anda menggosok gigi dengan cara yang benar maka kerusakan gigi seperti menempelnya plak, gigi menjadi kuning dan permasalahan gigi lainnya dapat diminimalisir sehingga gigi akan terawat dengan baik, putih dan sehat.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami

Jika diperlukan Anda bisa menggunakan obat kumur. Beberapa obat kumur bisa digunakan untuk membunuh kuman yang ada pada mulut, pastikan untuk memilih obat kumur yang tepat dan Anda percaya.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Hindari 5 Kesalahan ini Ketika Menggosok Gigi, semoga bermanfaat. Jaga kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :