Kenali Tanda-Tanda Bayi Terkena Penyakit Jantung

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Kenali Tanda-Tanda Bayi Terkena Penyakit Jantung – Selama ini, banyak yang mengira bahwa penyakit jantung banyak di derita oleh orang yang sudah berusia dewasa dan lanjut, namun ternyata penyakit jantung tidak menutup kemungkinan dapat menimpa pada bayi atau anak-anak. Meskipun begitu, tentu saja penyebab penyakit jantung pada bayi atau anak-anak berbeda dengan orang yang sudah dewasa.

Tanda Bayi Terkena Penyakit Jantung

Seperti yang dikutip oleh HarianSehat.Com dari detikHealth menjelaskan bahwa dari sebagian besar penyakit jantung yang diderita oleh anak-anak merupakan penyakit jantung dengan kelainan bawaan dan ada juga yang disebabkan oleh infeksi. Tingkat keparahannya pun bervariasi dari tingkat yang ringan hingga tingkat yang parah. Dan dari sekian kasus yang banyak ditemui yang menjadi penyebabnya adalah kelainan atau kebocoran pada bagian bilik jantung.

Tanda Penyakit Jantung Pada Bayi

Gambar Ilustrasi

Seperti yang diungkapkan oleh DR. Dr. Mulyadi M. Djer. SpA(K) yang merupakan spesialis anak dari RSCM/FKUI mengungkapkan bawa yang menjadi penyebab paling banyak disebabkan oleh bocor pada bilik, sekitar 30 persen dan 5 persen pembuluh darahnya terbalik dari total penyakit jantung.

Menurut Dr Mulyadi pemicu kelainan penyakit jantung pada anak ini terdiri dari berbagai faktor resiko, misalnya ibu hamil yang mengkonsumsi obat diluar resep yang telah diberikan dokter, ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok, terkena penyakit, terkena radiasi hingga faktor karena adanya masalah pada genetik (keturunan).

Berkat kecanggihan teknologi, jika terdapat kelainan jantung yang parah pada bayi dapat segera terdeteksi dengan menggunakan USG, namun untuk yang mengalami penyakit jantung pada tingkat yang ringan pada umumnya tak terdeteksi sampai saat sesudah dilahirkan. Ada juga yang baru diketahui bahwa bayi terkena penyakit jantung setelah berumur dua-tiga minggu, tentu saja bayi perlu penanganan dengan segera sehingga perlu diketahui bagaimana tanda-tanda yang muncul agar dapat dilakukan pertolongan dengan cepat.

Dr. Mulyadi menerangkan ada beberapa ciri penyakit jantung pada bayi yang biasa muncul seperti bibirnya berwarna biru, lindah berwarna biru dan juga sesak pada pernapasan. Namun pada tingkat yang agak parah ketika lahirpun sudah kelihatan, berbeda dengan pada tingkat yang ringan tidak begitu kelihatan bahkan ada juga yang baru terdeteksi setelah berumur dewasa.

Nah, untuk menghindari dari resiko terhadap penyakit kelainan jantung pada bayi ini tentu saja ibu hamil harus sangat memperhatikan kondisi tubuhnya, terutama ketika usia kehamilan mencapai 12 minggu organ jantung pada seorang bayi sudah terbentuk. Sehingga Ibu hamil harus berhati-hati dalam menjaga kesehatannya agar bayi lahir dengan sehat.

Semoga bermanfaat terimakasih telah membaca artikel Tanda-Tanda Bayi Terkena Penyakit Jantung, Anda bisa membaca artikel seputar jantung lainnya disini. Selain itu HarianSehat.Com menyediakan berbagai informasi menarik seputar kesehatan harian Anda.


Lihat Juga :
Updated :