Kenali Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan, Banyak yang mungkin meremehkan masalah sakit kepala. Namun, apabila sakit kepala yang Anda alami terus-menerus Anda rasakan tentu akan menggangu setiap aktivitas yang Anda jalani setiap harinya.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengobati sakit kepala ini seperti dengan memperbanyak istirahat, mengkonsumsi makanan bergizi dan berbagai macam cara lainnya. Namun tentu saja Anda juga harus mengenali pemicu dari sakit kepala ini.

Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Gambar Ilustrasi

Jika Anda mengetahui penyebab dari sakit kepala maka sakit kepala yang Anda alami tidak akan berkepanjangan, tentu saja Anda akan lebih mudah ketika melakukan pencegahan dikemudian hari. Dibawah ini beberapa faktor pemicu seseorang mengalami sakit kepala, simak uraian lengkapnya!

1. Kurang Tidur
Biasanya penyebab seseorang merasakan sakit kepala yaitu kurangnya tidur. Maka dari itu Anda diwajibkan untuk beristirahat dengan baik dan cukup agar pikiran dan badan dapat beristirahat dengan baik.

2. Makanan
Anda mungkin pernah mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu sehingga Anda merasakan sakit kepala. Misalnya saja pada orang yang memiliki sensitifitas dengan tyramine, setelah mengkonsumsi pisang bisa menyebabkan sakit kepala. Namun, hal ini hanya terjadi pada sebagian kecil orang saja. Karena walau bagaimanapun pisang tetap memiliki nutrisi yang bagus bagi tubuh salahsatunya mengandung kalium yang tinggi.

3.  Pilek dan Flu
Penyebab sakit kepala berkepanjangan selanjutnya yaitu disebabkan oleh penyakit pilek dan flu. Umumnya pilek dan flu akan mudah menyerang seseorang jika seseorang kehujanan.

4. Stres
Banyak pikiran dan tidak mempu berpikir dengan tenang juga merupakan salahsatu penyebab sakit kepala. Tekanan seperti ini akan membuat otak dan juga saraf pada otak Anda menegang dan bisa mengakibatkan sakit kepala. Maka dari itu, Anda sebisa mungkin harus menghindari stress pada pikiran Anda.

5. Tempat Gelap
Jika Anda memiliki hobi membaca dan menonton televisi sebaiknya hindari membaca dan menonton televisi ditempat yang gelap. Karena ini merupakan salahsatu yang dapat menyebabkan sakit kepala. Selalu gunakan tempat yang memiliki pencahayaan baik baik itu ketika Anda membaca buku ataupun menonton acara kesukaan Anda.

6. Perubahan Hormonal
Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh juga bisa menjadi pemicu munculnya sakit kepala. Dan pada umumnya menyerang tubuh wanita. Perubahan hormon dalam tubuh dapat membuat susunan tubuh menjadi kurang stabil. Pada wanita perubahan hormon pada wanita biasanya terjadi pada hormon esterogen dan progresteron.

7. Konsumsi Obat
Mengkonsumsi obat tertentu juga merupakan salahsatu penyebab sakit kepala karena obat mengandung analgesik yang menurut para ahli menyebutkan pengaruh dari kandungan analgesik ini bisa membuat seseorang merasakan sakit kepala.

8. Minuman Berkafein
Meskipun mengkonsumsi minuman yang memiliki kafein bisa membuat aktivitas Anda menjadi lebih bersemangat namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jika dikonsumsi berlebihkan bisa berakibat tubuh mengalami kelelahan dan akhirnya sakit kepala.

9. Cedera
Seseorang yang memiliki riwayat cedera pada bagian kepala juga bisa merupakan salahsatu penyebab sakit kepala secara terus-menerus. Selain itu cedera yang menimpa leher juga bisa menyebabkan kepala pusing dan sakit kepala.

Diatas merupakan beberapa penyebab sakit kepala, dengan mengetahui penyebab nya maka, sebisa mungkin Anda harus menghindari penyebab-penyebab tersebut sehingga Anda tidak mengalami sakit kepala terus menerus secara berkepanjangan.

Untuk mengatasi sakit kepala, Anda bisa memenuhi waktu tidur dengan cukup sekitar 8 jam setiap harinya. Karena kurang tidur juga merupakan faktor yang umumnya menjadi penyebab sakit kepala yang dialami banyak orang.

Baca juga : Gejala Penyakit Kanker Otak

Semoga artikel tentang penyebab sakit kepala berkepanjangan ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kesehatan Anda. Anda bisa mencegah dan mengatasi sakit kepala dan berbagai masalah kesehatan lainnya dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat, dari mulai olahraga teratur, mememnuhi gizi harian Anda dan menjaga lingkungan Anda agar tetap bersih dan sehat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :