Kenali Berbagai Pemicu Resiko Penyakit Jantung

ADVERTISEMENT

Kenali Berbagai Pemicu Resiko Penyakit Jantung – Di Era informasi digital ini, berbagai informasi tentang berbagai hal dapat dengan mudah untuk diketahui melalui internet termasuk salahsatunya informasi tentang kesehatan. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi yang ada namun Anda juga harus berhati-hati dalam mencerna sebuah informasi yang ada di internet karena mungkin tidak sepenuhnya benar. Salahsatunya yaitu informasi tentang penyakit jantung. Banyak orang beranggapan bahwa penyakit jantung hanya dipicu oleh kolesterol namun ternyata masih banyak lagi faktor yang menjadi pemicu munculnya penyakit jantung.

Pemicu Resiko Penyakit Jantung

Pemicu Resiko Penyakit Jantung

Gambar Ilustrasi

Penyakit Jantung merupakan salahsatu penyakit yang diketahui telah membunuh banyak orang di dunia, yang menjadi pemicu penyakit jantung yaitu adanya plak pada bagian pembuluh darah arteri. Adanya plak pada dinding arteri tersebut disebabkan oleh banyak faktor, dan tidak hanya dari lemak dan kolesterol. Diantara penyabab pengumpulan plak tersebut dikarenakan adanya berbagai faktor pemicu seperti dari penyakit infeksi, diabetes, merokok, dan juga darah tinggi.

Berbagai Macam Pemicu Resiko Penyakit Jantung

Menurut salahsatu dokter dari Medical irector dari Northwestern Wellness Center yaitu Dokter Larry Kaskel, MD menyebutkan beberapa resiko penyakit jantung yang sebenarnya. Pemicu penyakit jantung tidak hanya lemak jenuh dan juga kolesterol saja namun dibawah ini merupakan beberapa pemicunya, seperti yang dirangum dari berbagai sumber berikut ini.

1.) Stress
Salahsatu pemcu penyakit jantung adalah stress. Jika seseorang mengalami stress dalam keadaan yang parah maka dapat mempengaruhi ondisi fisiknya, dan dapat memicu penyakit jantuung. Pada saat tubuh mengalami stress hormon koristol dan juga adrenalin yang ada didalam tubuh akan dilepaskan. Apabila 2 hormon ini berada diatas batas normal maka akan memicu terjadinya peradangan, kemudian peradangan tersebut memicu terjadinya penyakit jantung pada seseorang.

2.) Gula
Selain stress, gula yang dikonsumsi terlalu banyak juga akan berakibat buruk pada kesehatan. Berbagai macam penyakit akan muncul bila Anda mengkonsumsi gula secara berlebihan, diantaranya gula dapat menimbulkan obesitas, merusak pembuluh darah arteri, memicu peningkatan tekanan darah bahkan pada penderita diabetes yang parah gula bisa menyebabkan kebutaan. Tidak hanya berbahaya dalam bentuk aslinya yaitu sebagai gula biasa, namun dalam bentuk makanan yang mengandung karbohidrat yang kemudian diolah menjadi gula didalam tubuh.

3.) Lemak Trans
Lemak Trans juga diduga lebih berbahaya dibandingkan lemak jenuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu apabila lemak trans dikonsumsi harian 1-3% saja sudah bisa menimbulkan resiko serangan jantung bagi orang dewasa, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak. Sebagai produk sintesis tentu saja lemak trans berbahaya bagi jantung selain itu lemak trans dipercaya masih berhubungan dengan munculnya kanker. Jadi Anda wajib mengetahui seberapa lemak trans terkandung dalam sebuah produk pangan.

Lainnya :

4.) Kurang Protein dan Lemak Sehat
Pemicu Resiko Penyakit jantung selanjutnya adalah kurangnya lemak dalam tubuh. Apakah kurang lemak dapat memicu terjadinya serangan jantung? Apakah sama halnya ketika kekurangan protein? Ya, tubuh memerlukan gizi seimbang agar seluruh oragn tubuh bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Tentu saja dengan melakukan kebiasaan sehat dari mulai konsumsi gizi seimbang, mengurangi makanan cepat saji, dan berolahraga teratur dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

5.) Kurang Tidur dan Tidur Berlebihan
Apabila Anda memiliki kebiasaan kurang tidur ataupun terlalu banyak tidur, sebaiknya Anda mulai menghindari kebiasaan tersebut. Karena apabila tubuh kurang tidur dari 5 jami ataupun tidur telalu lama lebih dari 9 jam akan mengakibatkan rusaknya sistem tekanan darah dan juga meningkatkan stress. Seperti yang diketahui bahwa stress atau depresi merupakan salahsatu dari pemicu terjadinya penyakit jantung.

6.) Olahraga Terlalu Berat
Meskipun olahraga merupakan salahsatu kebiasan sehat namun jika dilakukan dengan cara yang berlebihan dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Jika olahraga secara berlebihan jantung akan merasakan kelelahan sehingga tidak dianjurkan olahraga diluar batas dari kemampuan tubuh Anda. Lebih baik berolahraga dengan batas normal namun dilakukan dengan rutin.

7.) Makan Berlebihan
Seperti yang telah banyak diketahui bahwa obisitas merupakan pemicu dari munculnya berbagai penyakit termasuk pemicu munculnya penyakit jantung. Obesitas ini diakibatkan konsumsi makanan terelalu berlebih dan tanpa di imbangi dengan olahraga yang teratur. Anda harus mulai mengontrol porsi makan Anda dan sebisa mungkin menghindari gula dan makanan yang mengandung kalori berlebih.

8.) Merokok
Resiko Penyakit jantung dapat meningat apabila seseorang memiliki kebiasaan merokok, meskipun mungkin hanya menghisap sebatang rokok perhari, resiko penyakit jantung dapat meningkat menjadi dua kali lipat. Selain itu masih banyak juga efek negatid lainnya dari rokok sepertip pemicu munculnya kanker dan bahaya lainnya bagi tubuh. Jadi lebih baik Anda mulai membiasakan diri untuk mulai meninggalkan rokok.

Tentu saja Anda wajib mewaspadai beberapa Pemicu Resiko Penyakit Jantung diatas. Dengan tetap waspada dan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya, resiko penyakit jantung dapat dikurangi, bahkan bukan hanya penyakit jantung saja, namun berbagai penyakit lainnya yang mungkin bisa menyerang tubuh kapan saja bisa dihindari apabila Anda memiliki kebiasan hidup sehat.

Berbagai Pemicu Resiko Penyakit Jantung

Dari berbagai pemicu penyakit jantung diatas semuanya dianggap berbahaya, jadi Anda bisa mulai meninggalkan berbagai pemicu berbahaya tersebut dari mulai sekarang. Anda bisa mulai membiasakan diri mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang lebih bermanfaat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan cepat saji. Selain itu hindari stress dan juga rokok karena akan berakibat buruk pada tubuh Anda.

Selain itu untuk meningkatkan pengatahuan Anda tentang penyakit jantung, Anda juga bisa membaca artikel lainnya yang masih berkaitann yaitu Gejala Awal Penyakit Jantung. Jaga kesehatan Anda, salam Sehat..

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :