Kebiasaan yang Membuat Gigi Cepat Rusak

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Kebiasaan yang Membuat Gigi Cepat Rusak, Kebiasaan seperti jarang menggosok gigi dan tidk pernah melakukan pemeriksaan gigi kepada dokte merupakan salahsatu faktor yang memperbesar resiko rusaknya gigi. Namun, itu hanya sebagian saja, masih ada beberapa kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan gigi dan tanpa disadari bahkan merusak gigi secara perlahan sehingga membuat gigi menjadi keropos bahkan rapuh.

Kebiasaan yang Membuat Gigi Cepat Rusak

Gambar Ilustrasi

Menurut dokter gigi Bill Khon dari Delta Dental Plans Association menjelaskan beberapa hal yang sering dilakukan ketika merawat gigi, namun malah justru bisa beresiko merusaknya.

1.) Menyikat Gigi Dua Arah
Banyak orang yang memiliki kebiasaan menyikat gigi dengan arah horizontal, yaitu dengan mengosoknya kearah kanan dan kiri. Namun ternyata, cara seperti ini secara perlahan bisa mengikis e-mail gigi disebabkan karena gerakanya yang statis, sehingga bagian gigi yang disikat hanya didaerah tersebut saja. Menurut saran dari Bill, menyikat gigi bisa dilakukan dengan gerakan memutar, dan ketika menyikat gigi harus memperhatikan juga kebersihan daerah antara didi dan gusi. Jadi, ketika menyikat gigi, perhatkan bagian belakang dan juga sela-sela gigi, jangan hanya berfokus pada bagian depan saja.

2.) Menyikat Gigi Kurang Lama
Banyak orang yang memiliki pendapat bahwa sudah menyikat gigi saja maka gigi sudah bersih dan bebas dari berbagai ancaman masalah gigi seperti gigi berlubang bahkan kerpos. Padahal nyatanya, menyikat gigi dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga benar-benar bersih. Menurut drg. Hilly Gayatri yang merupakan sokter spesialis kosmetik gigi berpendapat bahwa setidaknya menyikat gigi hingga benar-benar bersih perlu dilakukan sekitar 15 menit, termasuk didalamnya flossing, menyikat gigi dan juga berkumur. (Baca : Cara Menyikat Gigi yang Benar )

Hal pertama untuk membersihkan gigi yakni flossing, yang bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi kemudian berkumur, setelah itu baru kemduain menyikat gigi.

Pada saat menyikat gigi, disarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan sikat yang memiliki kepala kecil dan memiliki bentuk bulat, hal ini bisa membantu dalam memberishkan bagian-bagian gigi secara menyeluruh. Menyikat gigi bisa dilakukan dengan gerakan memutar disertai dengan tekanan yang cukup ringan. Jadi, ketika menyikat gigi tidak perlu menekan terlalu keras, karena jika terlalu keras tekanan yang diberikan maka enamel gigi beresiko mengalami penipisan. Sikatlah gigi hingga terasa bersih dan licin, jika dilakukan dengan benar, menyikat gigi akan membuat aroma mulut segar lebih lama dan terasa bersih.

3.) Menggunakan Gigi Sebagai Alat
Seperti diketahui banyak orang yang menggunakan giginya untuk beberapa keperluan, misalnya menyobek bungkus camilan dengan menggunakan gigi taring. Padahal, bisa menggunakan gunting atau alat lainnya untuk membukanya. Bahkan ada yang lebih berbahaya lagi yaitu membuka tutup botol dengan menggunakan gigi, tentu saja hal ini sangat membahayakan kesehatan gigi dan mulut. Gigi, seharusnya tidak digunakan untuk melakukan kerja-kerja yang berbahaya, karena hal ini bisa menimbulkan masalah pada gigi. Seperti yang diketahui bahwa kekuatan gigi akan semakin menurun seiring bertambahnya usia bahkan gigi menjadi rapuh. Apabila hal-hal tidak wajar dilakukan oleh gigi maka resiko mengalami kerusakan gusi dan gigi akan bertambah besar.

4.) Mengunyah Es Batu
Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan menggigit atau mengunyah es batu, meskipun terlihat biasa saja namun sebenarnya hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan gigi karena tentu saja gigi tidak memiliki ketahanan yang cukup kuat untuk mengoyak-ngoyak es batu. Ditambah lagi suu es yang dingin tidak bagik untuk kesehatan gigi dan mulut. Apabila hal ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin enamel gigi akan mengalami kerusakan dan retakan kecil. Dan kerusakan kecil terbseut lama kelamaan akan menjadi retakan yang melebar dan bisa membuat gigi menjadi lebih sensitif.

5.) Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis
Penyebaran bakteri pada mulut bisa terjadi akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. (Baca : Bahaya Konsumsi Gula Berlebih) Apalagi jika seseorang malas untuk menyikat gigi sebelum tidur. Jika Anda merupakan penggemar makanan manis, tentu saja harus hati-hati dan rutin menjaga kesehatan gigi dan muut Anda. Segera bersihkan gigi Anda setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis segera menyikat gigi atau berkumur dengan menggunakan air putih. Namun, lebih disarankan lagi untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuam manis sejak dini.

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami

Diatas merupakan kebiasaan yang membuat gigi menjadi cepat rusak. Berhati-hatilah dala mengkonsumsi makanan dan minuman manis, selain itu rutinlah melakukan perawatan terhadap gigi Anda sehingga gigi tetap sehat, putih dan bersih. Untuk memutihkan gigi Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara memutihkan gigi secara alami.

Kebiasaan diatas hanya sebagian, saja dan mungkin masih banyak kebiasaan lainnya yang tanpa kita sadari merusak kesehatan gigi. Sekian informasi tentang kebiasaan yang menjadikan gigi cepat rusak diatas. Semoga bisa bermanfaat, jaga selalu kesehatan Anda dan Salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :