Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Seperti yang telah diketahui bahwa banyak sumber makanan alami memiliki warna hijau, salahsatunya yaitu seledri. Seledri merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari mulai bagian daun, batang hingga bagian umbinya. Seledri telah dikenal sudah ribuan tahun yang lalu yakni sebagai pengobatan dan juga penyedap masakan.

Biasanya seledri digunakan sebagai salahsatu pelengkap masakan seperti sup, bubur ayam dan masakan lainnya karena aromanya yang khas, daun seledri juga dikenal memiliki khasiat untuk obat. Seperti laporan dari WebMD bahwa seledri juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan seperti nyeri sendi atau rematik, gout, stres, penurunan berat badan yang disebabkan kurang gizi, sakit kepala, histeria, hilangnya nafsu makan, kelelahan.

Kandungan Gizi pada Seledri

Manfaat Daun Seledri

Gambar Ilustrasi Seledri

Seperti yang dikutip dari wikipedia, seledri memiliki aroma yang cukup khas yang berasal dari sejumlah bagian mudah menguap dari minyak atsiri yang terkandung didalamnya, dan paling tinggi kandungannya pada buahnya yang dikeringkan. Kandungan utama pada seledri adalah butilftalida dan butilidftalida sebagai pembawa aroma utama. Ada juga sejumlah flavonoid seperti graveobiosid A (1-2%)dan B (0,1 – 0,7%), serta senyawa golongan dari fenol. Kandungan lainnya apiin, isokuersitrin, furanokumarin, serta isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama dalah asam petroselin (40-60%). Daun dan tangkai daun mengandung steroid seperti stigmasterol dan sitosterol. Suatu enzim endonuklease yang disebut Cel1 juga diekstrak dari seledri dan dipakai dalam suatu teknik biologi molekular yang disebut Tilling.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Dibawah ini hariansehat berikan beberapa manfaat sehat lain mengkonsumsidaun seledri bagi tubuh seperti yang dilansir dari magforwoman.com :

1. Seledri memiliki banyak kandungan vitamin A, selain vitamin A seledri juga mengandung zat besi seperti, zat besi, kalium dan mineral.

2. Sebagian besar sayuran yang dimasak akan kehilangan vitamin-vitamin yang ada didalamnya, namun untuk seledri berbeda. Vitamin yang terkandung didalam seledri akan tetap utuh sekitar 80% meskipun telah melalu proses pengolahan (dimasak).

3. Kandungan nutrisi yang ada dalam seledri juga bermanfaat untuk para atlet, hal ini karena kandungan nutrisi yang ada pada seledri bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang pada tubuh.

4. Seledri juga diolah dengan cara dijus. Jus seledri memiliki manfaat untuk mendinginkan tubuh, jadi jika Anda merasa panas ketika siang hari, Anda bisa mencoba mengkonsumsi jus seledri.

5. Mengkonsumsi seledri juga bisa bermanfaat mengurangi nafsu mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa manis dan beberapa jenis makanan lain yang bisa membuat berat badan menjadi bertambah.

6. Seledri juga bermanfaat sebagai penurun tekanan darah dan juga dapat menjaga kesehatan ginjal sehingga ginjal bisa tetap berfungsi dengan baik.

7. Manfaat seledri selanjutnya yaitu dapat mencegah pembentukan batu pada kantung empeduselain itu seledri juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

8. Seledri juga bermanfaat sebagai pencegah kanker perut.

9. Manfaat lain dari seledri yaitu dapat menenangkan bagian-bagian sistem saraf tubuh dan juga bisa mengontrol tekanan darah tinggi.

10. Bagian akar seledri juga memiliki manfaat, yaitu untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang.

Baca juga : Khasiat Minyak Zaitun

Selain manfaat diatas manfaat seledri lainnya yaitu bisa membuat tubuh lebih rileks dan membuat seseorang tidur lebih nyenyak, memperlancar pencernaan dan buang air besar, mengontrol mensturasi, mengontrol gas pada usus(perut kembung) dan memurnikan darah.

Manfaat lainnya dari seledri :

Kandungan bahan kimia alami yang terdapat pada seledri juga bisa membuat kantuk, bisa mengurangi gejala arhritis, menurunkan gula darah, menurnkan pembekuan darah dan juga menurunkan retensi cairan tubuh.

Selain daripada itu, seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa gel yang memiliki kandugngan 5% hingga 25% pada ekstrak seledri pada kulit bisa mengusir nyamuk sekitar 4,5 jam.

Meskipun mamiliki bentuk yang kecil, seledri ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga tak ada salahnya untuk memasukan seledri kedalam menu sehat harian Anda.

Namun, konsumsi seledri juga tetap harus hati-hati karena seledri berpotensi menimbulkan alergi pada sejumlah orang yang peka. Penderita radang ka’al tidak dianjurkan mengonsumsinya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda, dan Salam Sehat!

Info :

    kandungan seledri

Lihat Juga :
Updated :