Berbagai Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Berbagai Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Perlu diketahui bersama, sistem kekebalan tubuh atau lebih dikenal dengan sistem imun, mengambil andil penting untuk keberlangsungan tubuh Anda. Mereka bekerja siang dan malam untuk membela tubuh dari serangan mikroorganisme penyebab penyakit, meskipun tidak jarang mengalami kegagalan. Ketika daya tahan tubuh gagal dalam menjalankan tugasnya, maka kemungkinan kuman akan berhasil menyerang dan menyebabkan Anda menjadi sakit.

Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sejak dahulu, para ahli medis membuat banyak formula yang tepat dan meneliti bagaimana sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan. Mereka beragumen tentang makanan, latihan fisik dan keadaan lingkungan. Namun yang paling mencolok terhadap banyak penelitian tersebut adalah konsumsi makanan. Pola hidup yang sesuai, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran dan kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin dan zinc dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat dan semakin baik.

Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gambar Ilustrasi

Ada beberapa jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Anda dapat menemukan kebanyakan vitamin bagus tersebut pada makanan maupun minuman yang sehat. Oleh sebab itu, jangan berfikir untuk mengkonsumsi junk food jika Anda ingin memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dan terhindar dari berbagai penyakit.

Daya tahan tubuh sangat penting bagi kesehatan setiap orang, pria maupun wanita baik dewasa maupun anak-anak apalagi masih bayi berusia satu hingga tiga tahun atau balita. Hal ini menjadikan setiap orang harus selektif dalam memilih jenis sulplemen atau vitamin yang bagus. Dibawah ini merupkan beberapa contoh vitamin yang mungkin cocok dan bisa menjadi pilihan Anda sebagai vitamin yang dapat di konsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

1.) Vitamin A
Vitamin A berperan baik dalam menanggulangi infeksi serta mempertahankan permukaan mukosa, yang mana berpengaruh pada subkategori tertentu pada sel T dan sel B serta sitokin. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa vitamin A adalah suplementasi yang dapat meningkatkan serta menekan kekebalan sel T dalam kelompok senior.

Di sisi lainnya, vitamin A dapat Kita temui pada beta-karoten, yang mana memiliki sifat berupa antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh oksidasi. Dengan perlindungan tersebut, tubuh akan tercegah dari penyakit degeneratif yang biasa terjadi pada saat proses penuaan. Selain itu, vitamin A juga mampu melindungi mata dari penyakit, menjaga kesehatan kulit, jaringan lunak serta selaput lendir. Anda bisa mendapatkan vitamin A sebagai peningkat daya tahan tubuh dari telur, keju, daging, minyak, hati dan sumber makanan lain dari hewan.

2.) Vitamin B2
Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa vitamin B2 mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diantaranya adalah efek konsumsi vitamin B2 yang mampu meningkatkan resistensi terhadap bakteri. Penelitian tersebut dilakukan dengan uji coba melalui bantuan hewan tikus. Meskipun begitu, respon peningkatan imun masih kurang jelas.

3.) Vitamin C
Jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah vitamin C. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa vitamin C dirancang dengan baik sebagai booster imun tubuh. Selain itu, vitamin C juga adalah antioksidan alami yang memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, menanggulangi penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, gangguan kesehatan prenatal, penyakit mata hingga masalah kulit keriput. Anda bisa menemukan vitamin C dibanyak jenis makanan, mulai dari brokoli, kubis, melon, kembang kol, kiwi, mangga, jeruk hingga ubi jalar.

4.) Vitamin D
Bertahun-tahun yang lalu para dokter menyimpulkan bahwa sinar matahari dapat menyembuhkan para penderita TBC dan saat ini penelitian tersebut berkembang bahwasanya yang memainkan peran dalam menurunkan risiko TBC tersebut adalah vitamin D yang berkembang ketika sinar matahari menyorot ke tubuh.

Vitamin D memiliki kemampuan untuk melawan banyak penyakit, itu mengapa salah satu jenis vitamin ini banyak sekali digunakan sebagai komposisi suplemen. Selain itu, kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga tidak lepas oleh ciri khas vitamin D sebagai pembantu penyerapan kalsium, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit degenerasi tulang.

5.) Vitamin E
Ternyata vitamin E juga dapat Anda jadikan salah satu jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut ditunjukkan oleh sebuah penelitian dimana subjeknya berusia 65 tahun. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin E dapat meningkatkan respon antibodi terhadap hepatitis B serta tetanus. Vitamin E juga diteliti memiliki hubungan dengan radikal bebas, bahkan vitamin ini diteliti dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker dan jantung.

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa Vitamin merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsinya secara rutin, seperti mengkonsumsi buah, sayur, daging dan kacang dengan takaran yang tepat sangatlah dibutuhkan. Terlebih jika Anda memang ingin mendapatkan daya tahan tubuh yang lebih besar lagi atau sekedar ingin membuat tubuh tetap sehat dan berenergi sepanjang hari.

Selain itu, olahraga juga sangat penting bagi kebugaran tubuh. Selain dengan mengkonsumsi berbagai vitamin dan nutrisi lainnya Anda tentu perlu berolahraga rutin agar memiliki tubuh yang lebih sehat.


Lihat Juga :
Updated :