Jaga Kesehatan Anda dengan 3 Aturan Waktu Makan ini

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Menjaga Kesehatan dengan Aturan Waktu Makan, Agar dapat bertahan hidup manusia harus bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, salahsatu kebutuhan pokok tersebut adalah makan. Tetapi, tak hanya sekedar makan saja tentunya, agar tubuh tetap dalam keadaan yang sehat dan bugar ada beberapa aturan makan yang harus dilakukan. Aturan makan tersebut digunakan agar tubuh dapat mencerna makanan dengan baik dan proses perubahan dari makanan menjadi energi didalam tubuh bisa berlangsung dengan baik pula.

Seperti yang diketahui bahwa sumber energi dalam tubuh manusia, didapatkan dari sumber makanan. Maka dari itu makan menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap harinya. Jika makan secara tidak teratur dan tidak tepat waktu bisa memicu munculnya berbagai penyakit, misalnya Penyakit Maag, Obesitas sampai Penyakit Jantung. Selain itu apabila tubuh kekurangan asupan makanan, tubuh akan terasa lemas dan kurang fit sehingga aktivitas Anda tentu akan terganggu.

Menjaga Kesehatan dengan Mengatur Waktu Makan

Menjaga Kesehatan dengan Mengatur Waktu Makan

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan aturan makan yang bisa Anda gunakan, seperti yang dilansir dari Time :

1.) Sarapan Pagi
Salahsatu yang wajib dilakukan setiap harinya adalah sarapan. Sarapan sebaiknya tidak Anda lewatkan setiap harinya. Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa ketika melewatkan sarapan bisa memicu munculnya obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika sarapan yaitu makanan yang mengandung protein dan juga serat. Protein dan Serat memiliki sifat mampu membuat tubuh terasa lebih kenyang selain itu memberikan energi pada tubuh hingga siang hari.

2.) Makan Siang
Waktu makan siang juga harus diperhatikan dengan baik, karena jika terlambat makan siang dan sering melakukannya terlalu sore resiko seseorang terkena penyakit maag meningkat. Jadi makan siang tepat waktu juga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Di beberapa negara di Eropa makan siang berbeda dengan sarapan atau makan malam karena porsi yang dikonsumsi lebih besar dibandingkan yg lain. Ini dikarenakan tubuh masih harus melakukan aktivitas hingga sore dan bisa mendapatkan energi yang cukup.

3.) Makan Malam
Malam hari menjadi waktu yang dimanfaatkan sebagian besar orang untuk istirahat, sehingga untuk makan malam sebaiknya porsi makan tidak terlalu banyak. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengemil sebelum tidur sebaiknya dihindari. Setelah makan malam jangan langsung berbaring di tempat tidur, sebaiknya beri jarak sekitar dua hingga tiga jam. Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika makan malam yaitu makanan ringan dan juga mudah dicerna tubuh, sebaiknya tidak memilih makanan yang mengandung serat dan juga protein karena makanan yang mengandung serat dan protein lebih lama dicerna oleh tubuh.

Nah, dengan menjaga aturan makan setiap harinya diharapkan tubuh menjadi lebih terjaga kesehatannya. Dengan asupakan makanan yang cukup dan memenuhi gizi seimbang dan makan secukupnya (tidak berlebihan) Anda bisa mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas setiap harinya. Ngemil juga bukanlah masalah, jika camilan yang digunakan merupakan makanan sehat seprti buah-buahan atau makanan lainnya yang dapat menyehatkan tubuh.

Baca juga : Manfaat Minum Air Puith untuk Kesehatan

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya. Menjaga kesehatan dengan melakukan makan teratur adalah salahsatu penerapan gaya hidup sehat, berbagai faktor lain tentu masih dibutuhkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, misalnya berolahraga secara teratur. Maka dari itu makan teratur saja belumlah cukup, mari lakukan kebiasaan-kebiasaan lainnya agar tubuh dapat tetap sehat. Salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :