Inilah Tips dan Cara Menyikat Gigi yang Benar

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Bagaimana Cara Menyikat Gigi yang Benar? Agar tubuh tetap sehat diperlukan perawatan yang tepat dan juga rutin. Beberapa akitivitas untuk menjaga kesehatan yang biasanya dilakukan adalah mandi, keramas hingga menyikat gigi. Perawatan tubuh ini jangan sampai terlewatkan karena merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan badan Anda agar tidak terkena serangan dari berbagai jenis penyakit.

Namun, saat ini banyak orang yang masih kurang peduli dengan kesehatan tubuhnya, diantara mereka banyak yang kurang memperhatikan kebersihan bagian mulut dan giginya. Mereka hanya membersihkan gigi tidak benar benar dilakukan dengan cara yang tepat dan hanya sekedarnya saja. Padahal menyikat gigi merupakan hal yang sangat penting agar rongga mulut khususnya gigi tetap bersih dan sehat sehingga terhindar dari masalah kesehatan gigi seperti sakit gigi atau gigi berlubang.

Bagaimana Cara Menyikat Gigi yang Benar?

Tips dan Cara Menyikat Gigi yang Benar

Gambar ilustrasi

Sejak dahulu pada ahli telah memperkenalkan beberapa macam cara untuk membersihkan gigi seperti pada tahun 1944 dengan metode Bass dan pada tahun 1928 dengan metode charters, dibawah ini diuraikan selengkapnya :

1.) Metode Bass
Metode bass merupakan metode yang menganjurkan orang yang menyikat gigi agar menempatkan bagian kepala sikatnya hingga 45 derajat yang mengarah ke akar gigi yakni diantara pertemuan gigi dan gusi, hal ini berfungsi untuk membersihkan plak yang terbentuk.

2.) Metode Charters
Metode charters merupakan metode yang lebih mementingkan pembersihan pada plak yang berada pada sela-sela gigi.

Meskipun begitu dari sekian banyak metode menyikat gigi hampir semuanya sama. Karena kunci sebenarnya menyikat gigi yang terpenting adalah gerakan menyikat gigi dengan pengulangan yang dilakukan pada bagian-bagian permukaan gigi. Nah, dibawah ini merupakan beberapa cara yang benar dan beberapa hal yang harus Anda hindari ketika menyikat gigi.

Saran Cara Menyikat Gigi :

Lainnya :

1. Gigi sebaiknya disikat setelah Anda melakukan sarapan dipagi hari dan sebelum Anda tidur pada malam hari.

2. Apabila setelah makan Anda berniat untuk menyikat gigi maka sebaiknya menunggu sekitar setengah hingga satu jam kemudian baru Anda menyikat gigi.

3. Anda bisa menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.

4. Sebaiknya menyikat gigi minimal 2 menit dan lakukan dengan teliti agar bagian gigi tak terlewatkan untuk dibersihkan dan jangan terburu-buru.

5. Pintarlah untuk memiliki sikat gigi yang cocok dengan bentuk struktur gigi Anda.

6. Bila perlu Anda bisa menggunakan pembersih gigi tambahan. Misalnya dental floss, sikat lidah, obat kumur atau lainnnya.

Tidak disarankan :

1. Tidak disarankan menyikat gigi hanya ketika sedang mandi pagi dan sore.

2. Tidak disarankan menyikat gigi langsung setelah Anda makan.

3. Tidak disarankan menggunakan pasta gigi yang tidak dalam pengawasan badan pengawas obat dan makanan RI.

4. Tidak disarankan menyikat gigi dengan cepat dan terburu-buru hanya 1 menit.

5. Tidak disarankan terlalu sering (diatas batas wajar) menggosok gigi karena alasan untuk menghindari bau mulut.

Diatas merupakan beberapa tips dan cara menyikat gigi yang benar. Dengan adanya tips-tips diatas diharapkan banyak orang bisa mulai peduli dengan kesehatan giginya. Menyikat gigi dengan rutin dan dilakukan dengan cara yang benar maka gigi akan tetap terjaga kesehatannya terhindari dari masalah plak pada gigi ataupun gigi berlubang. Selain itu, gigi menjadi lebih kuat.

Penggunaan dental floss untuk membersihkan gigi, obat kumur atau sikat lidah merupakan beberapa penunjang perawatan kebersihan gigi Anda. Selain itu, untuk mencegah gigi berlubang hindari mengkonsumsi makanan manis ketika Anda akan tidur dan jangan lupa untuk menyikat gigi Anda minimal 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.

Baca juga : Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi secara Alami

Terimakasih telah membaca artikel berjudul “Inilah Tips dan Cara Menyikat Gigi yang Benar” semoga bisa memberikan informasi dan pengetahuan baru seputar perawatan gigi dan mulut Anda. Jangan lupa untuk selalu membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :