Inilah Mitos dan Fakta Tentang Gigi Berlubang

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Inilah Mitos dan Fakta Tentang Gigi Berlubang, Masalah kesehatan tak lepas dari mitos dan juga fakta. Mistos dan fakta tentu saja dapat dibedakan apalagi masalah kesehatan. Banyak orang yang meelan mentah-mentah informasi yang belum jelas asal-usul informasi tersebut dan lama-kelamaan mitos-pun menjadi fakta yang dipercaya oleh masayarakat. Meskipun begitu, mitos tetaplah mitos dan fakta tetaplah fakta, keduanya tetap berbeda.

Mitos yang berkembang di masyarakat khususnya tentang kesehatan menjadi informasi yang bercampur dengan fakta, dan salahsatu mitos kesehatan yang berkembang dimasyarakat yaitu seputar gigi dan mulut. Ini disebabkan karena masih sedikitnya pemahaman seputar kesehatan di masyarakat kita.

Ketahui Mitos dan Fakta Tentang Gigi Berlubang

Mitos dan Fakta Tentang Gigi Berlubang

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini beberapa mitos seputar gigi dan mulut disertai penjelasannya, simak selengkapnya dibawah ini!

1. Ibu Hamil tidak boeh melakukan perawatan gigi
Meskipun dalam keadaan hamil, Wanita harus tetap melakukan perawatan terhadap giginya dengan memeriksakan rongga mulut dan keadaan giginya pada dokter gigi. Karena bagiaimanapun juga kesehatan gigi akan berpengaruh pada kehamilan. Diantara masalah kesehatan yang terjadi adalah penyakit periodontal yang bisa saja terjadi pada ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Penyakit periodontal akan memicu resiko terjadinya kelahiran pada bayi dengan tingkat berat badan yang rendah.

2. Tambalan gigi harus sering diganti
Menambal gigi merupakan salahsatu cara merawat gigi. Biasanya penambalan pada gigi yang sifatnya permanen dimaksudkan agar tambalan dapat melekat lebih lama pada gigi, meskipun begitu kadang-kadang tambalan gigi bisa lepas secara tiba-tiba dan tidak tahan lama menempel pada rongga mulut.

Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa faktor yang bisa menjadi kemungkinan lepasnya tambalan pada gigi, diantaranya :
Penambalan gigi yang dilakukan kurang tepat
Penggunaan gigi kurang diperhatikan, misalnya saja mengkonsumsi makanan yang terlalu keras, gigi kurang dijaga kesbersihannya dan masalah lainnya yang muncul pada rongga gigi bisa menjadi faktor lepasnya tambalan gigi.

Lainnya :

Itulah sebabnya memerikasakan gigi secara rutin ke dokter dalam jangka waktu tertentu menjadi hal yang cukup penting untuk kesehatan gigi Anda. Apalagi jika Anda memiliki masalah gigi seperti gigi berlubang.

3. Bisa dideteksi lebih dini
Gigi berlubang merupakan masalah gigi yang bisa dideteksi lebih dini. Bagaimana caranya? Biasanya deteksi menggunakan alat yang bernama caries indicator. Namun, masih banyak yang belum menyadari akan pentingnya pemeriksaan ini, keculi orang-orang yang rutin melakukan kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

4. Gigi berlubang terjadi diantara gigi
Sebenarnya masalah gigi berlubang bisa muncul dipermukaan gigi manapun. Lubang gigi juga dapat muncul pada permukaan gigi yang saling berdekatan dengan gigi sebelahnya, hal ini dikarenakan pada area tersebut seringkali terjadi penimbunan plak dan juga akibat dari sisa makanan yang tersangkut dan menjadikan area tersebut sebagai sarang berkembangnya bakteri yang dapat merusak gigi. Apalagi pada seseorang yang memiliki gigi yang tidak beraturan resikonya semakin tinggi.

Maka dari itu Anda bisa memilih pasta gigi yang memiliki kandungan Microgranules yang bisa berfungsi membersihkan bagian-bagian gigi hingga sela-sela gigi dan juga Zinc Citrate yang dapat melindungi mulut & gigi Anda dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Diatas merupakan Mitos dan Fakta Tentang Gigi Berlubang, dengan adanya informasi tersebut maka diharapkan Anda bisa mulai menjaga kesehatan gigi Anda minimal melakukan kontrol 6 bulan sekali agar jika gigi Anda bermasalah bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Selain itu, penggunaan dental floss, obat kumur dan perawatan pendukung kesehatan gigi lainnya bisa Anda terapkan untuk menjaga gigi Anda agar bisa tetap sehat dan kuat. Manfaat melakukan flossing yaitu untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss, selengkapnya bisa Anda baca disini. Sedangkan berkumur dengan menggunakan obat kumur bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin saja terlewatkan ketika menyikat gigi.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami

Semoga artikel yang membahas tentang “Mitos dan Fakta Seputar Gigi Berlubang” ini bisa memberikan informasi berhararga bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan tubuh Anda termasuk gigi dan mulut agar tetap sehat. Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :