Inilah Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh, Kiwi merupakan buah yang terkenal di Asia, khususnya Cina yang di sana diberi nama Yang Tao. Buah ini memiliki ciri khas warna dagingnya yang hijau, dengan kulit semi-transparan dan bintik-bintik pada beberapa bagiannya. Buah dengan biji berwarna hitam ini setidaknya memiliki 60 spesies. Rasa yang lezat dan banyaknya manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh menjadikannya banyak dilirik dan dijadikan berbagai jenis bahan makanan.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kiwi

Gambar/Ilustrasi kiwi

Dari sisi khasiat atau manfaat, kiwi hadir dengan banyak vitamin bermanfaat. Di antaranya ada vitamin A, C, E, dan K. buah ini juga hadir dengan berbagai jenis mineral, seperti fosfor, kalsium, dan magnesium. Dengan banyaknya gizi di dalam buah hijau ini, tidak salah bila ada banyak penelitian mengenai manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh. Sebagian di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar berikut.

1. Kesehatan jantung
Kiwi hadir dengan beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan jantung. Sebut saja ada vitamin E, C, kalium, dan polifenol. Dalam sebuah studi disebutkan bila buah kiwi dapat membantu tubuh dalam mengurangi risiko trigliserida dalam darah.

Penelitian lainnya menyebutkan bahwa konsumsi kiwi beberapa buah setiap harinya dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah. Buah ini juga memiliki efek fibronolytic yang dapat mencegah tromboemboli pada pembuluh darah, serta beberapa jenis gangguan jantung, semisal aterosklerosis.

2. Kesehatan mata
Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata, maka kiwi adalah makanan yang layak didapatkan setiap hari. Kiwi dipercaya memberi efek baik pada mata. Zaexanthin dan fitokimia lutein dipercaya merupakan komponen penting yang ada pada mata manusia. Dua senyawa tersebut ada pada kiwi bersamaan dengan vitamin A yang menurut penelitian dapat membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula terkait dengan usia. Kiwi juga dapat mengatasi gangguan penglihatan lainnya.

3. Kesehatan Pencernaan
Manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh selanjutnya berkenaan dengan sistem pencernaan. Kiwi hadir dengan serat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, termasuk usus. Masalah sembelit dapat diatasi dengan buah ini, bahkan juga dapat merangsang sistem usus.

Dalam sebuah studi disebutkan bila kiwi mengandung sejumlah enzim proteolitik actinidin yang dipercaya dapat meningkatkan proses pencernaan protein, sekaligus memfasilitasi organ agar lalu lintas berjalan lancar, semisal menghaluskan tinja.

Kiwi juga mengandung polisakarida yang dapat mencegah adhesi enterropatogen dan juga merangsang bakteri probiotik pada usus besar. Konsumsi ekstrak kiwi juga dipercaya bisa mendorong pertumbuhan asam laktat, sekaligus mencegah perkembangan bakter E. coli dan mempertahankan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

4. Baik untuk ibu hamil
Buah kiwi diteliti kaya akan senyawa folat alami. Hal tersebut membuatnya sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang hamil, karena folat dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang belum lahir. Folat juga dibutuhkan oleh bayi dalam proses pertumbuhan kognitif, juga otak secara keseluruhan.

Di sisi lain, kiwi juga mengandung vitamin C, E, K, dan juga flavonoid yang berkontribusi penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin serta ibu hamil secara keseluruhan.

5. Perawatan kulit
Bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang sehat nan halus, maka buah kiwi layak untuk dikonsumsi setiap hari. Kiwi dipercaya bisa membantu kulit secara signifikan dalam proses sintesis kolagen. Seperti disebutkan sebelumnya, kiwi juga kaya akan vitamin C, yang kita tahu dibutuhkan oleh kulit, bahkan juga dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan lecet pada kulit.

Selain itu, vitamin E pada kiwi juga dipercaya dapat mengurangi garis-garis halus serta keriput. Masalah radiasi ultra-violet juga bisa diatasi dengan buah ini. Jadi, bila Anda mencari buah yang dapat melawan penuaan dini, maka kiwi adalah jawabannya.

6. Meningkatkan penyerapan zat besi
Khasiat buah kiwi bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi. Kandungan vitamin C dan fitokimia lainnya, semisal lutein dan zeaxanthin pada buah kiwi membuatnya dapat membantu meningkatkan status zat besi, sekaligus mencegah gangguan akibat kekurangan zat besi.

7. Sifat antioksidan
Kiwi mengandung vitamin C, komponen fenolik, dan karotenoid yang dapat mempromosikan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Senyawa-senyawa tersebut hadir sebagai antioksidan kuat nan berkualitas yang dapat membantu melawan berbagai macam serangan penyakit. Antioksidan yang digabungkan dengan phytochemical pada kiwi bahkan dapat melindungi DNA pada sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang umumnya disebabkan oleh radikal bebas. Hal itu membuat buah lezat ini dapat mengatasi penyakit-penyakit berbahaya, khususnya yang berkaitan dengan peradangan.

8. Meningkatkan kualitas tidur
Kandungan serotonin pada kiwi dipercaya bisa membantu meningkatkan kualitas dari tidur kita. Dalam sebuah studi disebutkan bila kiwi dapat meningkatkan efisiensi tidur, termasuk juga waktu tidur total. Dengan mengonsumsi buah ini, tubuh dapat meningkatkan onset tidur, juga memperlama waktu bangun, sehingga gangguan tidur berkurang.

Buah hijau ini juga mengandung berbagai macam senyawa flavonoid, semisal rutin, naringenin, catechin, epicatechin, dan selainnya yang dapat membantu memodulasi reseptor tidur, sehingga sangat cocok sebagai agen obat penenang alami. Selain dagingnya, kulit dari kiwi juga memiliki manfaat yang sama.

9. Kanker
Dalam pengobatan tradisional masyarakat Cina, buah kiwi dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis kanker, termasuk kanker perut, payudara, hati, dan paru-paru. Ekstrak dari buah ini dipercaya bisa menghambat proliferasi sel kanker, serta melindungi kerusakan DNA endogen.

Kiwi bekerja dalam proses melawan kanker dengan cara menjadi sitotoksik untuk sel-sel kanker ganas tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang sehat. Kiwi juga mengandung vitamin, antioksidan, dan karotenoid yang berkontribusi dalam pencegahan dan penyembuhan kanker. Belum lagi catechin yang bisa mengurangi toksisitas agen anti-kanker, dengan cara merangsang proliferasi sumsum tulang.

10. Diabetes
Kiwi memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga cocok dijadikan makanan lezat bagi para penderita diabetes. Di sisi lain, dalam sebuah studi disebutkan bila penderita diabetes memerlukan konsumsi buah untuk membantu proses regulasi adipogenesis, termasuk dalam proses pencegahan.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat lainnya yang bisa kita rasakan dari konsumsi kiwi adalah kontribusinya dalam meningkatkan regulasi sistem imun bawaan dan adaptif. Sistem imun atau kekebalan tubuh sendiri diperlukan untuk menjaga kesehatan fungsi organ tubuh.

Konsumsi buah kiwi dipercaya juga dapat membantu memerangi infeksi musiman, serta penyakit lainnya yang terkait dengan anti-mikroba dan anti-jamur. Selain itu, kiwi juga mengandung senyawa yang penting dalan proses bakteriostatik terkait dengan patogen, semisal Staphylococcus aureus dan S. pyogenes. Buah kiwi juga dapat membantu mengurangi gejala dari infeksi saluran pernapasan, akibat flu dan udara dingin.

Baca juga : Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Kesimpulan, Setelah membaca berbagai macam manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh di atas, kita bisa lebih yakin dan semangat untuk mengonsumsi buah ini. Namun begitu, dalam beberapa penelitian diingatkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena dipercaya bisa meningkatkan risiko batu ginjal pada beberapa individu.


Lihat Juga :
Updated :