Inilah Makanan Pelindung Kesehatan Jantung Anda

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Sepanjang waktu tentu saja Anda pernah mengkonsumsi berbagai makanan baik itu buah-buahan, sayuran, daging bahkan makanan cepat saji. Namun, bagi Orang yang menerapkan gaya hidup sehat, mereka lebih banyak mengkonsumsi makanan yang jelas-jelas memiliki manfaat yang baik bagitu tubuh seperti buah-buahan dan sayuran. Dan sebisamungkin membatasi konsumsi makanan cepat saji. Ini dikarenakan banyak efek negatif dalam jangka panjang jika terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji.  Dengan memanfaatkan makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran Anda bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Makanan Penyehat Jantung

Inilah Makanan Pelindung Kesehatan Jantung Anda

Makanan Pelindung Kesehatan Jantung

Bahkan makanan tertentu dapat melindungi organ-organ tertentu dalam tubuh jika dikonsumsi. Bagi penderita penyakit jantung makanan seperti kentang goreng, burger dan juga jenis makanan tinggi lemak lainnya harus dihindari karena makanan tersebut bisa memicu penyakit jantung jika dikonsumsi secara tidak terkontrol.

Namun, berbeda halnya beberapa makanan dibawah ini yang memiliki manfaat sebagai pelindung kesehatan jantung Anda. Seperti yang telah hariansehat.com kutip dari situs Merdeka.

1.) Hazelnut
Di dunia, kacang terdiri dari banyak sekali jenisnya dan tentu saja kacang-kacang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Hazelnut merupakan salahsatu kacang yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan dalam hazelnut adalah oleic acid dan juga lemak omega-9 yang memiliki manfaat sebagai penurun tekanan darah, mencegah stroke hingga melindungi Anda dari serangan penyakit jantung. Bahkan salahsatu penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Critical Nutrition mengungkapkan dengan mengkonsumsi sekitar 30 gram hazelnut setiap harinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, dan dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat disamping itu dapat mencegah terjadinya timbunan plak pada arteri.

2.) Bawang Putih
Selain kacang Hazelnut, bawang putih juga menjadi salahsatu makanan yang dapat melindungi kesehatan jantung, salahsatu peran penting dibawah ini juga diungkapkan oleh Weill Medical Collage of Cornell University di New York. Ada berbagai penelitian lain yang telah banyak mengungkapkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah selain itu juga dapat membersihkan sumbatan pada bagian pembuluh darah arteri.

Diantara manfaatnya (baca : manfaat bawang putih) yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat dan juga dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh. Selain itu juga ada penelitian yang mengungkapkan bahwa kolesterol turun sekitar 12% dengan mengkonsumsi bawang putih dalam waktu empat minggu. Khasiat bawang putih ini yaitu dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dan juga dapat membersihkan darah yang bisa saja menyebabkan stroke pada seseorang.

3.) Flaxseed
Bunga Flax atau dengan nama latin Linium Usistatissinum menghasilkan biji-bijian yang dinamakan dengan Flaxseed. Diketahui bahwa asam lemak omega-3 terdapat pada biji-bijian ini dan memiliki manfaat sebagai pencegah penyakit jantung. Canadian Journal of Cardiology telah menerbitkan sebuah penelitian dan mengungkapkan bahwa flaxseed yang dihaluskan dengan cara digerus kemudian dicampur dengan makanan lain maka dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jantung.

4.) Kacang Merah
Tidak hanya kacang hazelnut yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Sama halnya dengan hazelnut, kacang merah juga memiliki kandungan nutrisi yang mampu menyehatkan jantung. Kandungan omega-3 tinggi yang terkandung dalam kacang merah dapat mengurangi kadar kolesterol buruk dalam tubuh, dapat membantu dalam membersihkan arteri, mengontrol detak jantung tubuh dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Ada penelitian baru yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang merah dalam jumlah tertentu dapat menurunkan resiko dari penyakit jantung sebesar 22%. Anda bisa mengolah kacang merah dengan campuran rempah seperti kunyit, jahe dan juga basil yang bertujuan agar kandungan gas berlebih dapat dikurangi.

Makanan Pelindung Kesehatan Jantung

Diatas merupakan beberapa makanan yang dipercaya dapat melindungi kesehatan jantung Anda. Tentu saja masih banyak makanan lainnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung Anda. Daftar makanan diatas hanya sebagian kecil saja dari makanan yang dapat memberikan efek pelindung jantung, dengan mengkonsumsi makanan diatas bisa saja menurunkan resiko penyakit jantung seperti stroke atau serangan jantung.

Baca juga : Gejala Awal Penyakit Jantung

Jika Anda tetap menjaga dan menerapkan gaya hidup sehat bukan tidak mungkin resiko terkenya penyakit jantung akan lebih rendah, bahkan bukan penyakit jantung saja yang bisa dihindari apabila menerapkan gaya hidup sehat, berbagai penyakit lainnya juga dapat dihindari.

Terimakasih telah membaca artikel tentang Makanan Pelindung Kesehatan Jantung, semoga bermanfaat. Jaga kesehatan Anda dan salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :