Inilah Beragam Mitos Penyebab Penyakit Usus Buntu

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Ada beragam mitos penyebab penyakit radang usus buntu, salahsatunya adalah ketika Anda menyantap jambu atau cabai seringkali ada orang yang mengatakan Jangan makan jambu bersama bijinya, bisa menyebabkan usus buntu! Namun apakah benar ketika menyantap buah yang mengandung biji-bijian seperti jambu ataupun cabai dapat menyebabkan usus buntu? Apakah menelan biji jambu dapat menimbulkan peradangan pada bagian usus buntu? Pertanyaan ini tak pelak menjadi sesuatu yang dikhawatirkan oleh seseorang yang suka menyantap buah jambu ataupun penggemar pedas. Selain itu masih ada penyebab lain yang diyakini dapat menyebabkan peradangan pada usus buntu, seperti langsung berbaring setelah makan, seringkali mengkonsumsi mie instan, berlari setelah selesai makan, sering mengkonsumsi makanan pedas sampai menahan buang air besar.

Beragam Mitos Penyebab Penyakit Radang Usus Buntu

Seperti yang telah diketahui radang usus buntu merupakan salahsatu penyakit yang mungkin tidak mematikan dan dapat disembuhkan apabila dalam ketegori yang masih awal usus buntu bahkan dapat disembuhkan dengan menggunakan antibiotik dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Jika usus buntu sudah dalam tingkat yang parah bahkan akut pilihan untuk menyembuhkannya yaitu dengan operasi untuk mengangkat usus buntu. Namun tentu saja Anda tak boleh meremehkan penyakit sekecil apapun, karena dalam tingkat yang masih tingkat awal dan belum parah sebuah penyakit dapat dengan mudah untuk disembuhkan kembali.

Perbedaan Usus Buntu Normal dan Radang usus buntu

Gambar Ilustrasi Artikel : Inilah Beragam Mitos Penyebab Penyakit Usus Buntu

Namun ternyata ada berbagai mitos dan fakta sebenarnya dan juga hal yang diyakini banyak orang menjadi penyebab terjadinya radang usus buntu. Dibawah ini HarianSehat.Com akan mengulas beberapa mitos dan fakta seputar penyebab peradangan pada usus buntu :

1.) Menelan Biji Jambu dan Biji Cabai
Banyak orang yang khawatir tentang konsumsi biji pada jambu dan cabai. Mereka meyakini bahwa jika biji jambu dan juga biji cabai tidak mampu dicerna dengan baik oleh pencernaan dan khawatir jika biji yang masuk ke pencernaan tersebut akan masuk pada organ usus buntu (sekum) dan dapat menyebabkan peradangan. Namun, pada kenyataannya biji jambu dan juga biji cabai yang masuk kedalam pencernaan tidak ada kaitannya dengan munculnya peradangan pada usus buntu.

Itu sebenarnya hanyalah mitos, namun apakah biji jambu atau cabai bisa tersangkut di pencernaan? Bisa saja, akan tetapi biji tersebut biasanya akan keluar kembali berbarengan dengan kotoran atau feses.

2.) Berlari Setelah Makan
Banyak orang yang percaya bahwa lari setelah makan dapat menyebabkan peradangan pada usus buntu, pada kenyataanya memang berlari setelah makan akan menyebabkan rasa sakit pada bagian perut, sehingga banyak orang yang menyimpulkan bahwa berlari setelah makan dapat menjadi penyebab radang usus buntu. Anggapan tersebut kurang tepat, ini dikarenakan perasaan sakit yang mucul diakibatkan oleh sirkulasi darah yang menuju bagian usus dialihkan pada otot. Inilah yang menjadi salahsatu alasan mengapa sebelum melakukan olahraga tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berat.

Lainnya :

3.) Sering Mengkonsumsi Mie Instan
Ada juga orang yang beranggapan bahwa bumbu yang terdapat pada mie instan dapat menjadi pemicu munculnya peradangan pada usus buntu, namun sebenarnya tidak ada hubungannya antara radang yang muncul pada bagian sekum. Penyabab usus buntu seringkaldi dipicu karena terjadinya pembengkakan pada jaringan limfoid, kinking yang berada pada usus buntu dan juga kotoran yang membatu pada bagian usus buntu. Sehingga untuk meminimalisir resiko terkena radang usus buntu disarankan untuk sering mengkonsumsi sayuran.

4.) Tiduran Setalah Makan
Seringkali setelah makan dan perut terasa kenyang seseorang ingin sekali merebakan badan. Sehingga mungkin ada orang yang akan menegur ketika melakukan kebiasaan ini karena dianggap bisa menimbulkan penyakit pada usus buntu. Namun, hal sebenarnya yang akan terjadi jika seseorang merebahkan diri setelah makan yaitu naiknya asam lambung (baca : gejala asam lambung) dan tidak menimbulkan peradangan pada usus buntu.

5.) Mengkonsumsi Makanan Pedas
Anggapan bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat mengakibatkan usus buntu sebenarnya hanyalah mitos, karena secara langsung tidak ada kaitannya antara mengkonsumsi makanan pedas dengan munculnya peradangan pada bagian usus buntu. Ini dikarenakan yang menjadi penyebab munculnya usus buntu adalah terjadinya radang atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

6. ) Menahan BAB
Banyak juga orang yang beranggapan bahwa menahan BAB merupakan hal yang berkaitan dengan terjadinya peradangan pada usus buntu, namun ternyata pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar karena antara BAB dengan peradangan pada usus buntu tidak ada kaitannya secara langsung. Meskipun begitu, penyebab radang usus buntu diakbiatkan oleh feses atau kotoran yang membatu dalam sekum. Sehingga untuk menjaga agar tetap sehat maka sangat dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi sayuran sehingga feses (kotoran) yang ada dalam pencernaan dapat keluar dengan lancar dan tak membatu dalam usus buntu.

Beberapa Mitos Penyebab Usus Buntu diatas semoga bisa menjadi referensi seputar informasi kesehatan Anda. Meskipun mitos, namun ada beberapa kebiasaan yang sangat tidak disarankan seperti merebahkan badan setelah makan, sering mengkonsumsi mie instan, menahan BAB dan kebiasaan tak sehat lainnya karena meskipun bukan menjadi penyabab usus buntu namun menjadi pemicu penyakit lainnya. Maka dari itu penting untuk Anda mengetahui tentang informasi seputar gaya hidup sehat yang tentu saja akan bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Mitos Penyebab Penyakit Radang Usus Buntu

Selain mitos seputar usus buntu Anda bisa mengetahui lebih banyak seputar informasi tentang usus buntu diantaranya Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu. Sehingga dengan mengatahui usus buntu lebih awal seseorang diharapkan bisa melakukan penyembuhan lebih cepat dengan langsung memeriksa-kan diri kedokter dan mengkonsultasikan masalahnya secara langsung.

Selain mitos tentang penyebab radang usus buntu Anda juga dapat membaca artikel lainnya seputar kesehatan setiap harinya di situs Harian Sehat. Mari mulai peduli dengan kesehatan!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :