Ciri-Ciri Gejala Orang Sakit Asam Lambung (GERD)

ADVERTISEMENT

Gejala Penyakit Asam Lambung – Salahsatu penyakit pada bagian pencernaan adalah reflux asam lambung yang meningkat atau disebut dengan GERD, sehingga asam lambung menjadi tinggi. karena itu dianjurkan agar menjaga asam lambung tersebut dalam keadaan yang seimbang. Ketika seseorang terkena sakit asam lambung maka orang tersebut akan mengalami ciri-ciri atau gejala yang ditimbulkan seperti perasaan perih yang hebat dalam lambung yang salahsatu diantaranya menyebabkan rasa mual dan juga muntah kering.

Daftar Isi :

1. Gejala
2. Penyebab
3. Pencegahan

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari masuk ke lambung melalui saluran sempit yang lebih dikenal dengan nama kerongkongan. Pada bagian tubuh, yakni lambung, memiliki dinding yang bernama dinding lambung yang dapat memproduksi cairan yang disebut dengan asam lambung. Asam lambung bisa menjadi naik atau bisa menjadi turun karena dipengaruhi oleh kadar lemak yang ada pada protein makanan yang Anda konsumsi. Semakin tinggi kadar lemak menyebabkan pH semakin asam. Pada lambung, derajat keasaman maksimal dari toleransi asam lambung adalah dengan kadar pH 1,5-3,5 (asam) yang terdiri dari HCl asam hidroklorida, KCl kalium klorida dan NaCl natrium klorida, jika lebih rendah justru akan menyebabkan asam lambung tidak mampu untuk memproduksi enzim protein yang akan dicerna.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gambar Ilustrasi Artikel : Gejala Penyakit Asam Lambung

Asam lambung pada tubuh berfungsi untuk mematikan bakteri penyakit yang dibawa masuk oleh makanan yang dikonsumsi. Kemudian tugas asam lambung adalah menstabilkan zat gula yang berasal dari penguraian sebelumnya serta dapat membantu merangsang produksi enzim pencerna protein. Karena fungsi tersebutlah yang mengharuskan semua makanan yang masuk ke tubuh harus bersentuhan dengan asam lambung.

Dikutip dari femina.co.id tentang cara menjinakan Asam Lambung, ternyata berbeda dengan Penyakit Maag meskipun ternyata memiliki penyebab yang sama penyakit asam lambung atau biasanya asam lambung ini disebut dengan GERD atau Gastro Esophagel reflux disease yang memunculkan rasa terbakar pada bagian dada, hal ini dikarenakan cairan lambung yang naik sampai ke mulut dan tidak hanya kekerongkongan. Sedikit berbeda dengan maag dimana penyakit maag merupakan timbulnya peradangan lambung atau iritasi dan hanya bereaksi pada organ lambung dan juga saluran cerna yang ada bagian atas perut.

Apa Sajakah Gejala Penyakit Asam Lambung GERD?

Jika organ lambung seseorang mengalami infeksi hingga menyebabkan asam lambung, berikut gejala-gejala yang sering muncul ketika seseorang terkena penyakit asam lambung.

1. Perut terasa nyeri seperti terbakar. Perasaaan terbakar ini tak hanya sampai pada perut pada umumnya penderita bisa merasakan terbakar ini pada bagian dada juga.
2. Perut terasa kembung, mual bahkan disertai muntah. Gejala ini diakibatkan karena penderita merasakan nyeri pada bagian lambung yang mengakibatkan perasaan mual bahkan muntah.
3. Sering sendawa juga merupakan salahsatu ciri dari meningkatnya asam lambung.
4. Mulut terasa pahit, jika kadar asam lambung dalam keadaan yang tidak normal maka bisa menyebabkan mulut terasa pahit, ini terjadi karena zat asam menyebar pada bagian tenggorokan bagian belakang yang menimbulkan mulut terasa pahit bahkan ada juga yang sampai tersedak.
5. Penderita mengalami kesulitan untuk menelan makanan.
6. Meningkatnya jumlah produksi air liur, ini merupakan salahsatu gejala refluks asam yang terjadi karena tubuh sedang mencuci iritaan yang berasal dari dalam perut.

Lainnya :

Apa Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Asam Lambung (GERD)?

Pada dasarnya penyakit asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung pada saluran pencernaan manusia, khususnya lambung. Lalu apa yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit asam lambung? Berikut uraian dari kami.

Penyebab Penyakit Asam Lambung
1. Asupan makanan yang dikonsumsi kurang baik.
2. Pola makan yang kurang teratur.
3. Stress juga dapat memicu penyakit asam lambung kambuh.
4. Ulu hati terasa nyeri dikarenakan produksi asam lambung yang meningkat.

Kebanyakan orang memilih meminun obat yang tergolong obat antisida (menghambat sekresi asam lambung) jika asam lambung naik. Obat itu sebenarnya hanyalah obat yang berfungsi untuk meredakan maag atau asam lambung untuk sementara waktu. Sewaktu-waktu penyakit ini bisa kambuh bahkan menjadi lebih parah.

Bagaimana Mencegah Penyakit Asam Lambung (GERD)?

Berikut tips untuk mencegah sakit asam lambung supaya tidak kambuh.

1. Menerapkan pola makan yang teratur. Pola makan teratur merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga gaya hidup sehat karena dengan menerapkan pola makan teratur maka pencernaan akan bekerja dengan baik dan maksimal.
2. Membiasakan mulut untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali sehingga makanan sudah benar-benar lembut ketika masuk ke lambung, hal ini sangat penting jika lambung tidak terbiasa dengan makanan-makanan yang memiliki tekstur yang keras maka diusahakan untuk mengunyah makanan agar lebih lembut.
3. Menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu penyakit maag. Mencegah lebih baik daripada mengobati maka dari itu dalam mengkonsumsi makanan pun haruslah hati-hati karena ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan jika asam lambung ini meningkat, maka dari itu menjaga asupan makanan yang memiliki gizi seimbang sangat dianjurkan namun tetap harus bisa memilah dan memilih.
4. Mengkonsumsi susu kedelai baik untuk lambung. Susu juga merupakan makanan yang baik untuk menetralisir asam lambung yang tinggi karena kandungan kalsium yang tinggi yang berguna sebagai antasida.
5. Hindari stress. Stress menjadi salahsatu pemicu naiknya asam lambung oleh karena itu stress harus dihindari karena bagaimanapun juga stress tidak hanya mengganggu pikiran namun juga fungsi tubuh yang lainnya.
6. Hindari rokok. Rokok sebenarnya tidak hanya merusak paru-paru tetapi juga dapat merusak organ-organ tubuh lainnya salahsatunya lambung, maka dari itu untuk menghindari penyakit dalam organ tubuh menjadi lebih parah hindari merokok.

Baca juga : Olahraga Sebaiknya dilakukan Waktu Pagi Hari, ini Alasannya

Demikianlah artikel tentang Ciri-Ciri Gejala Awal Orang Terkena Penyakit Asam Lambung. Sebelum penyakit dalam tubuh bertambah parah karena gaya hidup sehat yang tidak dijaga ada baiknya segera memberikan perhatian pada tubuh Anda dengan melakukan gaya hidup sehat seperti dengan berolahraga secara teratur dan juga menjaga asupan gizi seimbang. Semoga bermanfaat dan untuk mengetahui lebih lengkap tentang penyakit peningkatan asam lambung ini bisa langsung mengkonsultasikannya dengan dokter ahli.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :