Mengenal Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Maag

ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Gejala Awal Orang Terkena Penyakit Maag – Diantara banyaknya orang-orang di dunia tentu ada saja yang mengalami penyakit maag, dari penyakit maag biasa, maag kronis bahkan maag akut. Tak hanya orang dewasa, penyakit maag bisa menyerang anak-anak dan juga orang tua. Dengan banyaknya kasus orang terkena penyakit maag yang muncul tentu saja memberikan kewaspadaan lebih kepada setiap orang tentang mudahnya penyakit maag ini menyerang pencernaan tubuh seseorang. Gejala Sakit Maag Kronis atau Akut dapat timbul dari kebiasaan hidup yang kurang sehat seperti tidak teraturnya pola makan seperti makan berlebihan atau telat makan.

Dalam bahasa ilmiah maag disebut juga dengan Gasitris yaitu suatu penyakit yang menimpa lambung dan memberikan efek kurang berfungsinya lambung secara maksimal dalam melakukan tuganya mencerna makanan. Jika penyakit maag menimpa seseorang maka penderita sakit maag akan merasakan sakit pada bagian perut, perih dan juga perasaan mulas, sakit ini dikarenakan pada area sekitar lambung mengalami peradangan dan terjadinya luka.

Gejala Penyakit Maag

Gambar Ilustrasi Artikel : Ciri-Ciri Penyakit Maag

Sebagian besar penderita penyakit maag baik maag kronis ataupun maag akut saat ini disebabkan oleh adanya faktor psikis seperti stress, merasakan cemas berlebihan atau pola makan yang kurang sehat dan tidak teratur, mengkonsumsi makanan pedas atau bahkan merokok. Jika penyakit maag menyerang tubuh maka penderita harus memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala Penyakit Maag

Untuk menghindari dari terserangnya penyakit maag ini bisa dengan mengetahui pemicu dari penyakit maag seperti dengan menjaga pola makan sehat dan menghindari stress. Bagi yang kurang mengetahui tentang gejala penyakit maag yang timbul dibawah ini HarianSehat.Com akan memberikan beberapa ciri-ciri atau gejala yang biasanya muncul pada seseorang yang mengalami maag.

1.) Perut kembung, gejala penyakit maag yang biasanya sering muncul pada seseorang adalah mengalami perut kembung. Perut kembung ini diakibatkan oleh lambung yang didalamnya terdapat banyak gas.

2.) Mual dan Muntah, gejala yang selanjutnya sering terjadi pada penderita maag adalah mual dan juga muntah. Jika seseorang mengalami hal seperti ini bisa jadi ini merupakan salahsatu ciri penyakit maag.

3.) Perut Merasakan Sering Lapar, jika seseorang tidak menjaga pola makan secara teratur biasanya orang tersebut akan mudah merasakan lapar, ciri ini juga merupakan salahsatu dari gejala penyakit maag.

4.) Sering bersendawa, akibat gas yang dihasilkan lambung, seseorang menjadi sering bersendawa. Seringnya sendawa ada kemungkinan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit maag.

5.) Perasaan sakit pada bagian perut dan juga dada, dari banyaknya ciri-ciri sakit maag yang biasanya muncul yang paling sering terjadi adalah penderita merasakan rasa sakit atau perih pada bagian perut dan juga pada bagian dada, meskipun ciri sakit dada banyak yang menghubungkannya dengan penyakit jantung, untuk lebih memastikan apakah gejala ini merupakan penyakit maag atau bukan, segera konsultasikan dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap gejala yang terjadi.

Lalu bagaimana cara mengobati penyakit maag? Dalam kenyataanya semua penyakit dapat disembuhkan karena semua penyakit ada obatnya, maka dari itu selain melakukan usaha pengobatan, Anda juga harus melakukan langkah-langkah pencegahan agar penyakit maag tidak bertambah parah seperti dengan menjaga pola makan yang teratur setiap harinya. Namun tidak hanya pola makan saja tetapi juga faktor lainnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga melakukan hal-hal lainnya seperti mencuci tangan sebelum makan dan olahraga.

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Maag

Dengan adanya artikel tentang gejala penyakit maag ini semoga dapat memberikan informasi dini kepada Anda yang mungkin saja menderita penyakit maag. Pada orang-orang tertentu berpuasa dapat meredakan sakit maag, ini dikarenakan pola makan menjadi lebih teratur yaitu makan sahur, berbuka puasa dan juga mengurangi camilan.

Baca juga : Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Namun untuk orang-orang tertentu sebelum memutuskan untuk berpuasa lebih baik mengkonsultasikannya dulu dengan dokter, karena pada beberapa pasien yang menderita penyakit maag ada yang harus dilakukan pengobatan terlebih dahulu sehingga untuk memutuskan boleh berpuasa atau tidak bisa berkonsultasi dengan dokter ahlinya. Semoga bermanfaat, sekian artikel tentang Gejala Penyakit Maag


Lihat Juga :
Updated :