Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Lemah Jantung

ADVERTISEMENT

Gejala Penyakit Lemah Jantung – Sebagai salahsatu organ penting bagi tubuh tentu saja jantung memiliki fungsi yang teramat diperlukan oleh tubuh. Jantung adalah organ pada manusia yang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. Fungsi dari jantung adalah untuk memompa darah untuk disebarkan keseluruh tubuh. Mengingat fungsi pentingnya tersebut, mungkin saja ada masalah-malasah yang muncul pada organ penting misalnya Penyakit Jantung ini sehingga perlu dilakukan penanganan yang cepat dan tepat. Tanda-tanda tertentu dapat muncul jika ada masalah pada jantung. Termasuk diantaranya gejala yang muncul akibat dari penyakit lemah jantung.

Gejala penyakit jantung lemah

Gambar Ilustrasi Artikel : Ciri Penyakit Jantung Lemah

Sebelum mengatahui tentang gejala lemah jantung, perlu diketahui dulu apa sebenarnya definisi dari lemah jantung ini. Lemah jantung merupakan menurunnya kemampuan jantung untuk melakukan fungsinya secara maksimal atau dapat dikatakan menurunnya fungsi jantung sehingga jantung menjadi tidak normal. Organ jantung mempunyai otot, kemampuan otot jantung ini berkaitan erat dengan tekanan darah yang berada didalam tubuh. Ketika tekanan darah menjadi tinggi mengakibatkan kinerja otot menjadi besar. Otot jantung ini tentu saja berbeda dengan otot pada bagian tubuh lain karena ketika otot jantung semakin besar maka fungsinya untuk memompa darah akan menjadi semakin menurun. Perbedaan antara otot jantung dengan otot lainnya mengakibatkan lemah jantung menjadi agak sulit diatasi kecuali kekuatan jantung ini diotimalkan dengan menggunakan obat-obatan sehingga jantung bisa memiliki kekuatan yang cukup untuk memompa darah.

Gejala Penyakit Lemah Jantung

Maka dari itu mengatahui gejala yang muncul pada tubuh pun mejadi hal yang harus diperhatikan mungkin saja belum parah dan dapat disembuhkan. Dilansir dari Ucsfhealth.org dibawah ini merupakan ciri-ciri dari orang yang terkena lemah jantung :

1.) Sesak Pada Pernapasan
Sesak napas bisa saja merupakan salahsatu ciri dari gejala lemah jantung, karena pada saat jantung menjadi lemah kemudian darah kembali masuk kedalam pembuluh darah yang membawa oksigen dari paru-paru menuju jantung. Kemudian mengakibatkan terganggunya sistem pernapasan. Gejala ini muncul ketika sedang melakukan aktivitas seperti olahraga.

2.) Merasa Kelelahan
Ketika kebutuhan dalam tubuh tidak optimal bisa saja dikarenakan jantung melemah dan tindak dapat memompa darah dengan cukup. Kemudian berakibat dialihkannya darah ke bagian tubuh yang lebih penting seperti otak dan juga jantung sehingga beberapa organ kurang mendapatkan kebutuhan yang cukup dan berakibat pada tubuh yang terasa lemah dan lelah. Penderita akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas misalnya ketika berjalan, naik tangga atau ketika membawa beban yang cukup berat.

3.) Batuk Kronis
Gejala Sakit Lemah Jantung selanjutnya yaitu pada paru-paru terjadi penumpukan cairan yang mengakibatkan batuk yang cukup sulit untuk disembuhkan. Adakalanya paru-paru memproduksi dahak atau lendirr yang kemudian bercampur dengan darah.

4.) Detak Jantung Tidak teratur dan Cepat
Ketika jantung tidak mampu dalam memompa darah menuju seluruh bagian tubuh maka jantung bisa mempercepat denyut nadi yang bertujuan untuk mengimbangi. Kemudian penderita lemah jantung merasa bahwa detak jantungnya tidak teratur dan berdebar.

5.) Menurunnya Nafsu Makan
Menurunnya nafsu makan bisa jadi merupakan salahsatu gejala penyakit lemah jantung karena ketika organ-organ jantung dan juga organ pencernaan telah bekerja dengan maksimal namun tidak dapat menerima asupan darah sehat berakibat muculnya perasaan mual atau juga kenyang pada seseorang meskipun belum makan. Gejala ini dapat megakibatkan menurunnya berat badan dengan cepat.

6.) Gangguan Pikiran
Ketika zat tertentu atau kadarnya tidak terkontrol dalam darah, misalnya sodium kemudian jika aliran darah menuju otak dapat mengganggu memori dapat mengakibatkan disorientasi. Dan banyak orang tidak menyadari bahwa mereka menderita lemah jantung.

7.) Akumulasi cairan dan pembengkakan
Jika aliran darah menuju ginjal terganggu, kemudian ginjal menghasilkan hormon yang berlebih dan mengakibatkan akumulasi garam dan juga air. Pergelangan tangan dan kaki menjadi tempat paling sering terjadinya pembengkakan.

Diatas merupakan Gejala Penyakit Lemah Jantung, untuk memastikan apakah seseorang terkena penyakit jantung lemah atau bukan, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis jantung apabila muncul gejala-gejala yang aneh pada tubuh. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi sejak dini penyakit yang ada pada tubuh kita dan segera mendapat penanganan dari dokter. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaaan EKG, ekokardiografi dan juga rotgen dada. Divonis berbahaya atau tidaknya penyakit lemah jantung haruslah dilakukan pemerikasaan terlebih dahulu. Menurut Profesor Xiao Mingdi yakni Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular menuturkan bahwa penyakit lemah jantung bukanlah dikarenakan keturunan.

Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Lemah Jantung

Karena penyakit jantung lemah identik dengan tekanan darah tinggi, maka hindari kenaikan pada tekanan darah dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang dapat menjadi pemicu penyakit tekanan darah tinggi. Kurangi mengkonsumsi garam pada makanan serta hindari stres. Sekian artikel tentang Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Lemah Jantung, semoga bisa menambah informasi dan pengetahuan.


Lihat Juga :
Updated :