Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kista Ovarium

ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Gejala Awal Orang Terkena Penyakit Kista Ovarium – Bagi sebagian orang mungkin akan berfikir bahwa penyakit kista merupakan penyakit yang berkaitan dengan kesuburan atau kandungan saja, tetapi perlu diketahui bahwa penyakit kista tidak hanya muncul pada organ kandungan saja.

Salahsatu dokter yaitu dr Irfan Mulyana Mustafa, SpOG dari Rumah Sakit Unit Daerah Leweiliang Bogor menuturkan bahwa penyakit kista adalah sebuah istilah untuk penyakit tumor yang berada didalam tubuh, memiliki bentuk menyerupai kapsul dan didalamnya terdapat cairan. Beliau mengibaratkan bahwa penyakit kista diumpamakan sebagai balon yang didalamnya di isi air.

Gejala Penyakiit Kista

Ilustrasi Gambar Artikel Ciri-ciri Penyakit Kista Ovarium

Banyak yang mengira bahwa kista hanya muncul pada dinding rahim saja dan masyarakat lebih mengenal bahwa kista hanya berhubungan dengan kandungan saja. Padahal pada dasarnya penyakit kista muncul akibat terbentuknya benjolan yang asalnya dari sel kelenjar. Penyakit kista juga bisa muncul pada daerah tubuh lain pada badan misalnya pada dinding va-gi-na atau karena adanya kelenjar bartolini bisa juga muncul pada bibir ke-maluan.

Gejala Penyakit Kista Ovarium

Selain itu menurut dr Sita Ayu Arumi, SpOG daru Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta mengatakan bahwa kista merupakan sebuah kelainan tumor yang didalamnya berisi cairan. Sehingga jika kista ovarium berarti merupakan tumor dari organ ovarium yang didalamnya berisi cairan.

Penyakit Kista Ovarium merupakan penyakit yang muncul pada perempuan, namun tentu saja tidak ada perempuan yang menginginkan terjangkit oleh kista ovarium ini. Bagaimana gejala penyakit kista ovarium ini?

Menurut News Today dibawah ini merupakan gejala kista ovarium, diantaranya :

1.) Perut merasa tertekan,
2.) Nyeri panggul ketika bercinta,
3.) Nyeri panggul pada saat sebelum menstruasi dan sesudanya,
4.) Menstruasi tidak lancar – haid juga akan memberikan efek sakit pada perempuan bisa berlangsung lama ataupun sebentar dan terjadinya pendarahan sedikit ataupun pendarahan hebat.
5.) Perut dan dada mengalami bengkak, terasa kembung dan juga berat.
6.) Kandung kemih merasa tertekan yang mengakibatkan seseorang harus sering buaang air besar atau kecil.

Sedangkan Menurut magforwoman, jika kista ovarium telah membesar maka akan menunjukan gejala-gejala tertentu, diantaranya :

1.) Penderita kista ovarium sering buang air kecil, yang menjadi penyebabnya yaitu pada saat kista membesar maka kandung kemih akan tertekan yang mengakibatkan kapasitasnya berkurang.

2.) Penderita kista ovarium pada perempuan merasakan nyeri panggul ketika mens-truasi dan setelahnya. Selain itu nyeri juga bisa dirasakan jika sedang berhubungan in-tim dan juga muncul perasaan mual akibat perut terasa begah.

3.) Selain itu kadang-kadang kista dapat diketahui setelah perempuan merasakan sakit pada bagian perutnya ketika digerakan. Ini diakibatkan oleh adanya robekan pada kista, pendarahan kedalam kista itu sendiri atau ketegangan. Dan biasanya ketika perut dirasa sakit kemudian penderita melakukan pemeriksaan USG dan baru diketahui pada saat pemeriksaan tersebut.

Ada juga polip dan mioma, apa perbedaannya dengan kista? Menurut dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG Kista adalah benjolan berisi cairan, mioma itu tumor yang padat sedangkan polip adalah tumor bertangkai.

Jika Gejala Penyakit Kista Ovarium atau ciri-ciri awal diatas dirasakan, segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi secara langsung dan juga agar bisa secepatnya diperiksa dan didiagnosa penyebab dari gejala yang timbul.

Dengan segera dilakukannya pemeriksaan maka penanganan dini akan segera dilakukan oleh pihak kesehatan dan jika ternyata penyakit kista ovarium ini yang menyerang, maka dokter akan melakukan langkah selanjutnya untuk penyembuhan. Meskipun tergolong penyakit jinak tapi diperlukan penanganan yang serius agar penyakit ini tidak menjadi penyakit yang tergolong ganas.


Lihat Juga :
Updated :