Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kanker Serviks

ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kanker Serviks – Pengetahuan tentang suatu penyakit baik itu peyebab dan gejala yang ditimbulkan dari sebuah penyakit itu sendiri juga sangatlah penting untuk diketahui dan diwaspadai oleh setiap orang. Termasuk juga salahsatu penyakit yang hanya menyerang wanita yaitu kanker serviks atau kanker mulut rahim. Kanker serviks seringkali tak mempunyai gejala atau tanda yang jelas ketika menyerang, sehingga menjadikan penyakit kanker serviks berbahaya sehingga telat untuk dilakukan pengobatan lebih awal. Bahkan tak sedikit yang menganggap gejala penyakit kanker serviks ini sebagai gejala menstruasi biasa.

Gejala Awal Penyakit Kanker Serviks

Gambar Ilustrasi Artikel : Ciri Penyakit Kanker Serviks

Apa itu Penyakit Kanker Serviks?

Kanker serviks atau kanker rahim, berdasarkan namanya pastinya Anda tahu kalau kanker serviks merupakan penyakit yang menyerang kaum wanita. Butuh waktu yang lama, 10 hingga 20 tahun untuk menjadi penyakit kanker. Pada awalnya hanya sebuah infeksi biasa yang ada pada organ reproduksi wanita sehingga sulit untuk terdeteksi apakah itu benar-benar penyakit kanker serviks atau penyakit biasa.

Banyak kasus kanker serviks yang agak terlambat diketahui, kebanyakan ditemukan ketika telah sampai pada tahap yang sedang selain itu penyakit ini menunjukan gejala yang berbeda pada wanita satu dengan wanita lainnya. Sehingga wanita perlu waspada terhadap penyakit kanker serviks ini terutama pada ciri-ciri awal atau gejala awal yang ditimbulkan.

Gejala Penyakit Kanker Serviks

Menurut Magforwoman.com penyakit kanker serviks pada wanita hampir 90 persennya dipicu oleh Human Papilloma Virus atau HPV khususnya HPV 16 dan HPV 18. Karena kanker serviks ini agak sulit ketika didagnosa maka mengenali gejala-gejala yang timbul bisa dijadikan sebagai tindakan pencegahan.

Apa Sajakah Gejala Awal Penyakit Kanker Serviks?

Seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini merupakan ciri-ciri kanker serviks :

1.) Keputihan
Gejala selanjutnya adalah keputihan yang muncul secara tidak wajar karena adanya peningkatan keputihan. Ciri dari keputihan ini yakni memiliki aroma yang kurang sedap, berbentuk kental dan mengandung jamur. Jika mengalami hal seperti ini segera kunjungi dokter kandungan dan segera jelaskan keputihan yang muncul secara tidak wajar tersebut.

2.) Bagian Pelvis Terasa Sakit
Gejala kanker serviks selanjutnya adalah perasaan sakit pada bagian pelvis, bisa jadi merupakan salahsatu tanda penyakit kanker serviks. Pada saat menstruasi ada kemungkinan tidak merasakan sakit pada bagian pelvis. Jika perasaan sakit ini menyerang bisa dalam waktu berjam-jam dan gejala yang timbul dari muali yang ringan sampai pada rasa sakit yang tajam.

3.) Pendarahan saat pemeriksaan pelvis
Anda harus berhati-hati jika terjadi pendarahan ketika dalam pemeriksaan pelvis atau disela-sela ketika menstruasi atau saat melakukan hubungan dengan suami Anda. Bisa jadi hal ini merupakan gejala adanya sakit kanker seviks.

4.) Saat Buang Air Kecil Terasa Sakit
Pada tahap sedang mersakan sakit saat buang air kecil bisa saja merupakan salahsatu gejala munculnya kanker serviks ini. Jika kanker sudah menjadlah dari serviks menuju saluran kemih biasanya gejala ini mulai terasa.

5.) Tidak normalnya pendarahan
Pada setiap wanita yang mengidap penyakit kanker serviks akan muncul pendarahan yang tidak normal pada organ intim, pendarahan yang timbul pun memiliki variasi dari pendarahan biasa hingga parah dalam sebulan.

Diatas merupakan artikel beberapa Gejala Penyakit Kanker Serviks, jika Anda mengalami banyak gejala atau tanda diatas dan timbul seringkali, Anda sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan ke dokter. Seringkali banyak wanita yang mengabaikan gejala-gejala diatas, karena dianggap biasa saja namun ada baiknya lebih mewaspadai gejala-gejala yang timbul pada tubuh, dengan memperhatikan gejala yang timbul tersbut diharapkan akan memperkecil kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan.


Lihat Juga :
Updated :